Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Hampir setiap hari semua orang memasakan olahan ayam. Apalagi untuk orang yang sibuk seperti saya, stok ayam goreng selalu hadir di rumah. Tapi kadang bosan juga kalau selalu diolah dengan cara yang selalu sama.

Biar nggak jenuh, saya coba masak ayam dengan berbagai cara yang berbeda. Ternyata ayam bisa jadi masakan yang beragam dan lezat, lho. Bikinnya pun praktis, simpel dan tanpa ribet!

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Ayam Sudah Tidak Layak Konsumsi

1. Ayam Pop

Ayam pop adalah olahan ayam khas Minang. Olahan ayam ini punya ciri khas dagingnya yang berwarna putih dan sangat lembut. Ternyata, rahasia tekstur lembut ayam pop adalah penggunaan air kelapa!

Ayam diungkep dengan air kelapa dan bumbu halus selama 30 menit. Setelah didiamkan, ayam digoreng sekilas sebelum warnanya berubah kecoklatan. Maka terciptalah ayam pop yang gurih dengan kelembutan sempurna.

Coba Resep: Resep Ayam Pop Lembut, Praktis dan Istimewa

2. Ayam Goreng Kremes

ayam kremes gurih

Sepertinya ayam goreng adalah masakan yang wajib dikuasi para ibu. Sebab, hampir setiap orang suka masakan yang satu ini. Nah, menyantap ayam goreng tentu lebih nikmat ditemani kremesan. Rasa gurihnya semakin berlipat dan bikin ingin nambah terus!

Kremesan tersebut bisa dibuat dari sisa air ungkepan ayam. Caranya, saring air ungkepan tersebut. Campur dengan tapioka, tepung beras, dan tapioka. Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal. Terakhir, goreng kremesan dalam minyak banyak.

Coba Resep: Resep Ayam Goreng Kremes Gurih Istimewa

3. Gulai Ayam

gulai ayam nikmat

Gulai ayam adalah masakan yang familiar bagi orang Indonesia. Uniknya, ada perbedaan antara gulai ayam di Sumatera dengan di Jawa. Jika diamati, kuah gulai di Sumatera cenderung lebih kental dibandingkan kuah gulai di Jawa. Soalnya, orang Sumatera sangat suka masak pakai santan kental.

Selain bumbu halus, ayam gulai dimasak dengan berbagai rempah. Misalnya, daun kunyit, daun jeruk, daun salam, dan asam kandis. Makanya, tidak heran jika aroma gulai ayam sangat wangi. Belum lagi tambahan santan kental yang gurih buat ayam gulai kian terasa. Asal santannya tidak pecah, ya!

Coba Resep: Resep Gulai Ayam Kuah Kental Istimewa

4. Ayam Betutu

ayam betutu

Bicara soal masakan ayam, maka hidangan khas Bali ini tidak boleh terlewat. Cita rasa pedas-gurih pastinya jadi primadona semua orang. Biasanya ayam betutu terbuat dari ayam kampung utuh. Jangan takut alot, justru daging malah jadi empuk dan lezat.

Ciri khas ayam betutu adalah daun singkong berbumbu yang dimasukan dalam perut ayam. Bumbu tersebut adalah campuran bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, lengkuas, kencur, kunyit, terasi, ketumbar, dan kemiri. Selain singkong, seluruh daging ayam juga dilumuri bumbu. Kemudian ayam dibungkus daun pisang, dikukus, dan dibakar. Aroma daun pisang dan bumbunya sangat harum, lho!

Coba Resep: Resep Ayam Betutu Asli Bali Pedas Gurih

5. Ayam Bakar Taliwang

ayam taliwang pedas

Bukan hanya Bali, Lombok juga punya olahan ayam yang khas, yaitu Ayam Taliwang. Saat mencium aromanya, anda bisa langsung menduga bahwa masakan ini menggunakan kencur dan cabai. Ayam bakar taliwang  lebih terasa segar jika disantap bersama es kelapa dan beberuk terung.

Bikin ayam bakar taliwang sangatlah gampang! Bumbu yang digunakan pun tidak banyak. Hanya bawang merah, bawang putih, kencur, tomat, terasi, cabai rawit dan cabai merah. Ayam yang sudah diungkep dengan bumbu tersebut, langsung dibakar sembari diolesi bumbu. Ayam bakar pedas-gurih ini pun siap memanjakan lidah anda.

Coba Resep: Resep Ayam Taliwang Pedas Asli Lombok

6. Ayam Kukus

Ayam kukus simpel

Ayam kukus bisa jadi salah satu masakan lezat nan super sehat. Walau minim minyak, masakan ini sama sekali tidak hambar. Malah nikmat dan bikin ketagihan.

Rahasianya adalah campuran jahe, kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen yang dibalurkan pada ayam saat dikukus. Setelah dikukus, ayam diberi saus yang terbuat dari air kaldu dan margarin. Sehat sekaligus lezat!

Coba Resep: Resep Ayam Kukus Bumbu Lezat

7. Ayam Goreng Tepung

ayam goreng kfc gurih

Rasanya anak kecil maupun dewasa sangat suka ayam goreng tepung. Bagaimana tidak? Rasa gurih di setiap gigitannya yang renyah sangat sulit dilupakan. Apalagi disantap dengan saus keju, mayonaise dan nasi hangat. Paduan yang sangat nikmat pokoknya!

Rasa gurih dan wangi ayam yang menggoda tidak lepas dari penggunaan berbagai rempah dan bumbu. Sebut saja jahe, mustard, oregano, basil, thyme, bawang putih hingga kaldu ayam bubuk. Sedangkan kerenyahannya didapat dari ketepatan adonan tepung. Supaya lebih lengkap, coba resep ayam goreng tepung dibawah ini, ya!

Coba Resep: Resep Ayam Goreng Tepung Praktis yang Renyah dan Gurih

8. Ayam Bakar Kecap

Ayam bakar kecap manis

Ayam bakar kecap bisa ditemui dimana saja. Namun, masakan ini identik dengan hidangan ala sunda. Rasa manisnya benar-benar legit sekaligus gurih. Hanya mencium wanginya saja, anda pasti ngiler!

Ternyata, agar hasilnya lembut, ayam dimasak dulu dengan berbagai bumbu sebelum dibakar. Bumbu tersebut adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, asam jawa, kecap, gula merah, dan air kelapa. Setelah menyusut, barulah ayam dibakar sambil diolesi sisa kuah. Makanya, tidak heran kelezatan ayam bakar kecap meresap hingga ke daging paling dalam.

Coba Resep: Resep Ayam Bakar Kecap Legit Manis Praktis

9. Ayam Tuturuga

ayam tuturuga gurih

Manado punya masakan ayam khas sendiri, nih. Namanya ayam tuturuga. Sekilas terlihat seperti opor ayam, tapi rasanya sangat berbeda. Selain karena kuahnya yang kental, ayam tuturuga juga identik dengan aroma yang menyengat.

Bumbu halus ayam tuturuga sama dengan bumbu opor. Seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. Tambahannya hanyalah cabai merah besar. Ayam tuturuga pun dimasak dengan santan hingga kuah menyusut dan kental. Nah, wanginya yang menyengat didapat dari serai, jahe, daun pandan, daun jeruk, dan daun kemangi. Coba masak dengan resep di bawah ini, yuk!

Coba Resep: Resep Ayam Tuturuga Sedap Harum Istimewa

Sekarang, anda tidak perlu pusing saat mengolah ayam. Nyatanya, nusantara punya banyak hidangan ayam yang lezat dan nikmat. Jadi, mau mulai masak yang mana?

9 Resep Ayam khas Rumahan Populer yang Super Praktis & Lezat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.6 (92%) 5 votes