Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Rasa kerang yang gurih dengan semburat rasa manis, ditambah teksturnya yang kenyal, dengan aroma yang khas selalu bikin penikmatnya ketagihan, termasuk saya. Bagi saya, sajian kerang adalah menu wajib kalau ke restoran seafood. Saking sukanya, saat nemu kerang segar di supermarket langganan pasti langsung saya beli untuk diolah di rumah.

Jadi kalau ingin makan kerang, tidak perlu selalu beli di rumah makan seafood, Kerang juga tetap enak kalau diolah sendiri. Dengan pengolahan yang tepat, tidak akan berbau amis ataupun alot. Tambahkan sedikit bumbu sakti, olahan kerang homemade pun disulap jadi sajian restoran bintang lima!

Baca Juga: 6 Tips Simpel  Supaya Kerang Tidak Amis Maupun Alot

1. Tumis Kerang Saus Tiram Pedas

Saus tiram dan kerang adalah paduan paling sempurna. Saus yang sering ada dalam masakan oriental ini berberbahan dasar tiram, sehingga menghasilkan rasa gurih dan asin. Supaya lebih sedap, tambahkan cabai agar ada sensasi pedas.

Ternyata sebelum ditumis, kerang direbus dulu, lho. Tujuannya untuk hilangkan bau amis dan cangkang kerang terbuka. Setelah itu, kerang ditumis bersama bumbu halus, cabai, saus tiram, dan bawang. Masak hingga bumbunya meresap, ya!

Coba Resep: Tumis Kerang Hijau Saus Tiram Pedas

2. Kerang Saus Padang

kerang saus padang lezat

Saus bercita rasa pedas-asam-manis ini layak disebut saus legendaris. Sebab, selalu hadir di restoran seafood di Indonesia. Tidak heran, kalau kerang saus padang punya banyak penggemar. Biar hemat, bikin sendiri juga gampang.

Caranya, kerang direbus dulu hingga matang. Kemudian ditumis bersama bawang, jahe, lengkuas, serai,  saus tomat, dan saus tiram. Aduk hingga matang dan wanginya tercium. Siap, deh!

Coba Resep: Kerang Dara Saus Padang

3. Sate Kerang

sate kerang enak

Sate kerang adalah pilihan bagi anda yang anti mainstream dan ingin coba hal baru. Rasa gurih dan aroma sedapnya bikin perut otomatis bunyi. Buat dibikin sate, kerang yang cocok adalah dara kerang hijau dan kerang dara.

Pertama, kerang ditumis bersama bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam. Setelah dingin, pisahkan daging kerang dari cangkang lalu tata di tusuk sate. Bakar kerang sebentar saja hingga kecoklatan. Wah, dibayangkan saja sungguh nikmat!

Coba Resep: Sate Kerang Lezat Istimewa

4. Kerang Rebus

kerang dara rebus simpel

Tidak melulu berbumbu, hanya direbus saja kerang sudah sangat lezat.  Asalkan, kerang yang dipilih benar-benar segar, ya. Cocolan saus dan sambal kacang makin lengkapi hidangan yang satu ini.

Namun, sebelum dicicip kerang perlu direbus dua kali. Perebusan pertama butuh waktu sekitar 5 menit hingga seluruh cangkang terbuka. Lalu yang kedua, kerang direbus bersama jahe, lengkuas, serai, dan daun salam. Santap selagi hangat!

Coba Resep: Kerang Dara Rebus Simpel & Praktis

5. Tumis Kerang Asam Manis

Kerang goreng istimewa

Satu lagi saus yang sering ada di menu restoran, yaitu saus asam manis. Cocok bagi anda yang tidak suka masakan pedas. Rasa asam manis dan wangi menteganya bikin bau amis kerang tersingkirkan. Yuk, bikin!

Seperti biasa, kerang direbus dulu agar cangkangnya terbuka. Setelah itu, tumis bersama mentega, cabai merah, saus tomat, saus tiram, saus sambal, kecap inggris, dan kecap manis. Taburi garnish berupa potongan daun bawang supaya makin sedap dan cantik.

Coba Resep: Kerang Dara Saus Asam Manis

Sangat simpel dan praktis, kan? Resep di atas bisa jadi ide kalau anda ingin masak kerang. Tinggal rebus, campur bumbu, dan langsung bisa disantap. Selamat mencoba!

5 Resep Kerang Populer Terlezat yang Praktis Dibuat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 3 votes