Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Siapa yang tidak suka dengan gorengan? Walaupun bikinnya gampang, tapi tetap saja gorengan di pinggir jalan terlihat lebih menggoda. Padahal belum tentu bersih dan aman bagi kesehatan.

Makanya daripada beli gorengan yang belum jelas bahan-bahannya, mending bikin sendiri. Anda juga bisa berkreasi dengan selera sendiri atau menambahkan bahan yang bergizi. Cek resepnya di bawah ini!

1. Lumpia Sayur Goreng

Lumpia sayur lezat

Kulit lumpia memang senjata andalan kalau bikin gorengan. Cukup diberi isian lalu digulung, bisa jadi gorengan yang super lezat. Seperti lumpia isi sayur dan bihun ini.

Pertama bahan isian seperti wortel, buncis, daun bawang, dan bihun ditumis dulu dengan bumbu. Tujuannya supaya rasa isian tidak hambar. Baru kemudian digulung dan digoreng. Nah, supaya rekat beri sedikit air pada ujung kulit lumpia. Selesai, deh!

Coba Resep:  Resep Lumpia Sayur Goreng Renyah Ekonomis

2. Martabak Tahu

Selain dibikin lumpia goreng, kulit lumpia juga bisa diisi tahu. Terbayang kan, kulit lumpia yang renyah dengan isian tahu lembut dan gurih. Jadi ingin langsung lari ke dapur buat cek persediaan bahan, nih!

Tahu kuning harus dihaluskan dulu, lalu dicampur bumbu. Kalau suka, boleh ditambah kornet dan telur. Kemudian, tahu dibungkus kulit lumpia dan dibentuk persegi. Terakhir, tinggal goreng di minyak panas.

Coba Resep: Resep Martabak Tahu Praktis & Lezat

3. Misro

misro bandung lezat

Gorengan tidak harus selalu asin dan gurih. Buktinya misro bisa jadi cemilan manis yang lezat juga. Usut punya usut, nama misro adalah singkatan dari bahasa Sunda “amis di jero” atau berarti “manis didalam”. Memang cocok, ya!

Cemilan ini terbuat dari singkong parut yang diberi isian gula merah iris. Supaya ada rasa gurih dan teksturnya kokoh, ditambahkan juga kelapa parut. Lalu, adonan digoreng hingga kecoklatan. Biasanya, misro disantap dengan minuman khas Jawa Barat, yaitu bandrek.

Coba Resep: Resep Misro Sunda yang Manis Legit Simpel

4. Misoa Goreng

misoa goreng

Nama misoa memang tidak seterkenal bihun atau soun. Namun, mie halus dari tepung terigu ini tidak kalah lezat, lho. Apalagi kalau dimasak jadi misoa goreng. Pasti ketagihan!

Biar lebih bergizi, misoa ditumis bersama ayam giling dan wortel terlebih dulu. Setelah itu, dikukus selama 15 menit. Hasil kukusan itu lah yang kemudian dipotong dan digoreng. Cukup mudah, kan?

Coba Resep: Misoa Goreng Garing & Simpel

5. Bakwan

bakwan sayur

Bakwan sepertinya adalah raja diantara gorengan yang lainnya. Kalau beli gorengan, pasti harus ada bakwannya. Seakan bakwan adalah definisi dari gorengan itu sendiri.

Uniknya, bakwan bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Adonan terigu, sayur, dan tepung beras tersebut bisa diberi tambahan udang, tahu, maupun jagung. Kemudian digoreng dalam minyak panas dan berlimpah. Duh, terbayang makan bakwan plus cabai rawit!

Coba Resep: Bakwan Udang Gurih Sederhana

6. Tempe Mendoan

tempe mendoan

Tempe mendoan memang jarang dijual di tukang gorengan. Biasanya, olahan tempe yang satu ini punya gerobak tersendiri. Ciri khas tempe mendoan asli adalah tempenya yang tipis lebar dan buatan rumahan.

Sebenarnya adonan tempe mendoan hanya tepung terigu, tepung beras, daun bawang dan bumbu halus. Adonan tersebut dilumuri ke seluruh permukaan tempe lalu digoreng. Tingkat kematangannya bisa pilih sesuai selera anda. Tinggal santap selagi hangat bersama sambal kecap.

Coba resep: Tempe Mendoan Asli Purwokerto

7. Nanas Goreng

nanas goreng unik

Kalau umumnya buah yang digoreng adalah pisang, kini ada juga nanas goreng. Tidak kalah enak, kok. Malah teksturnya yang padat dan rasa asam-manisnya sungguh buat terpesona. Kalau punya nanas di rumah, tidak ada salahnya coba bikin gorengan nanas ini.

Cukup larutkan tepung beras, tepung terigu, dan kanji dengan air dingin. Lalu celupkan nanas ke dalamnya. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Sajikan dengan hiasan coklat atau keju. Mantap betul!

Coba Resep: Resep Nanas Goreng

8. Combro

Combro sunda asli

Sama seperti misro, combro pun berasal dari Jawa Barat. Makanan ini punya rasa pedas, asin, dan gurih. Kalau diterjemahkan, combro punya arti “oncom di dalam”. Wah, olahan oncom tidak ada habisnya, ya.

Cara bikinnya cukup sederhana. Awalnya singkong parut dan kelapa muda diaduk jadi satu. Kemudian diisi dengan oncom, cabai iris, serta tumisan bumbu. Bentuk adonan bulat-bulat, lalu goreng hingga kecoklatan.

Coba Resep: Resep Combro ala Sunda Pedas Gurih Sederhana

9. Cireng Bumbu Rujak

rujak cireng lezat

Supaya lebih spesial, cocol cireng dengan bumbu rujak. Rasanya asam, manis, dan pedas bersatu di lidah. Apalagi tekstur cireng yang kenyal, bikin lidah pun bergoyang.

Bumbu rujaknya adalah ulekan cabai rawit, gula merah, dan terasi yang diberi kucuran air asam jawa. Sedangkan cirengnya dibuat dari adonan tepung sagu, kaldu, dan bumbu. Murah, praktis, dan sedap.

Coba Resep: Resep Cireng Bumbu Rujak

10. Pisang Goreng Pontianak

pisang goreng pontianak

Pisang goreng versi kremesan bermula dari Pontianak. Uniknya, bentuk pisang goreng ini seperti kipas dan sangat besar. Sensasi renyah dengan manisnya pisang bikin mulut tidak bisa berhenti makan.

Kalau ada waktu, coba saja bikin sendiri. Bahannya hanya pisang kepok yang diiris seperti kipas. Pisang tersebut dicelupkan ke adonan tepung terigu dan tepung besar. Untuk kremesannya, campurkan tepung sagu, tepung beras, kuning telur, dan baking powder. Tinggal goreng, pisang goreng kremes pun siap disantap.

Coba Resep: Resep Pisang Goreng Kremes khas Pontianak

Berbagai gorengan di atas bisa jadi inspirasi cemilan saat kumpul keluarga, lho. Atau mungkin jadi suguhan saat arisan. Sekarang, coba cek isi kulkas, yuk. Siapa tahu ada bahan yang bisa dibikin gorengan.

10 Resep Gorengan Rumahan Renyah Nikmat yang Praktis Dibuat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.1 (82%) 10 votes