Penulis: Windy | Editor : Atsa

Sebagai pecinta seafood, saya sangat menyukai olahan udang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut bikin selalu ketagihan.

Setiap kali ke restoran seafood, udang diolah menjadi berbagai menu makanan. Mulai dari yang bercita rasa asam, pedas, manis, maupun gurih. Berikut menu olahan udang yang lezat dan mudah untuk dibuat.

1. Udang Cabe Garam

udang cabe garam istimewa

Sajian yang dipadukan dengan cabe garam ini cukup populer beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah udang cabe garam. Udang dibalut dengan tepung kemudian ditumis dengan cincangan cabe merah, cabe rawit bawang putih, daun bawang, dan tidak lupa ditaburi garam. Rasanya pedas dan gurih, lho.

Coba Resep: Resep Udang Cabe Garam

2. Udang Saus Inggris

udang saus inggris istimewa

Kalau anda hanya memiliki waktu 20 menit untuk mengolah udang, sajian ini adalah jawabannya.  Pertama, anda buat sausnya dulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay, lalu masukkan saus inggris, saus tiram, saus tomat, dan kecap manis. Setelah itu aduk saus dan tambahkan air. Kemudian masukkan udang, garam, dan merica. Mudah sekali ya membuatnya.

Coba Resep: Resep Udang Saus Inggris

3. Udang Goreng Mentega

udang goreng saus mentega

Membuat udang goreng mentega pun tidak kalah mudah. Udang yang sudah dibersihkan digoreng hingga kering. Lalu bawang bombay dan bawang putih ditumis menggunakan mentega. Setelah itu ditambahkan saus tiram, kecap inggris, kecap manis, garam, lada, dan air. Saat bumbu sudah mendidih, udang dimasukkan dan dimasak hingga meresap.

Coba Resep: Resep Udang Goreng Mentega

4. Udang Bakar Madu

Udang bakar madu istimewa

Makanan ini pasti paling anda cari kalau berkunjung ke restoran seafood. Rasanya yang gurih dan manis membuat ketagihan. Udang yang sudah bersih direndam dalam bumbu halus, saus tiram, kecap manis, dan madu selama 15 menit. Kemudian bakar deh udangnya. Enak sekali ya.

Coba Resep: Resep Udang Bakar Madu

5. Udang Telur Asin

Saus telur asin sampai sekarang masih digandrungi oleh para remaja, lho. Rasa saus yang khas dan gurih membuat tidak membosankan. Mudah sekali membuatnya, pertama goreng udang yang sudah dibalut tepung pelapis.

Lalu buat saus telur asinnya, tumis bawang putih hingga harum. Lalu masukkan kuning telur asin dan kecap asin. Setelah saus matang, masukkan udang dan sajikan.

Coba Resep: Resep Udang Telur Asin

6. Udang Goreng Tepung (Ebi Furai)

Ebi furai sangat mudah anda dapati kalau makan di restoran Jepang. Membuatnya sendiri pun tidak susah lho. Untuk membuatnya anda perlu udang dengan ukurang sedang atau besar.

Kupas kulit udang, sisakan bagian ekornya, dan cuci bersih. Kemudian, tekan bagian punggung udang sampai bisa diluruskan. Kalau sudah lurus, balur udang dengan tepung lalu celup ke telur dan lakukan dua kali.

Setelah itu gulingkan tepung panir kasar sebanyak tiga kali hingga udang terlihat tebal. Kemudian goreng hingga keemasan dan sajikan.

Coba Resep: Resep Udang Goreng Tepung (Ebi Furai)

7. Bola-bola Udang Roti

Bola udang roti enak

Sajian ini bisa anda jadikan cemilan lho. Udang yang sudah dicincang halus dibentuk bulat-bulat hingga membentuk bola kecil. Lalu gulingkan adonan ke dalam wadah isi roti tawar dan pastikan tertutup sempurna. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit dan goreng hingga kecoklatan.

Coba Resep: Resep Bola Bola Udang Roti

Jadi, sajian udang mana yang akan anda coba? Kalau saya akan mencoba bola-bola udang roti dulu karena mudah memasaknya dan lezat. Selamat mencoba!