Penulis : Atsa

Gemar dengan hidangan dimsum khas Negeri Tirai Bambu? Pasti nggak asing lagi kan dengan salah satu jenis dim sum yaitu hakau.

Terlihat udang utuh di dalamnya, teksturnya sedikit kenyal dan lembut, serta rasanya yang sangat enak membuat hakau digemari oleh segala usia. Nah, karena terlihat udang utuh di dalamnya, hidangan ini jadi salah satu menu yang sering jadi pilihan dari beragam jenis dimsum.

Kalau anda berniat membuat hakau sendiri di rumah, pastikan kulit hakau bening dan transparan, ya. Supaya sukses membuatnya, berikut ini tips yang akan membuat kulit hakau bikinan anda bening transparan ala restoran Cina.

1. Gunakan tepung yang sesuai

Untuk membuat kulit hakau, ada beberapa tepung yang diperlukan. Sama-sama dimsum, kalau kulit gyoza dan siomay menggunakan tapioka dan terigu, kulit hakau memakai tepung tang mien dan tepung sagu sebagai bahan untuk membuat adonan kulitnya.

Tepung tang mien terbuat dari gluten terigu, sehingga memberikan tekstur yang lebih kenyal. Ketika telah diolah dan matang, tang mien menghasilkan warna putih transparan. Penggunaan tepung sagu pada adonan kulit hakau berfungsi supaya adonan menjadi kenyal dan lentur.

Nah, jadi kulit yang tampak berbeda-beda pada dimsum dikarenakan beda juga penggunaan tepungnya. Jangan sampai salah memakai tepung, ya.

Baca Juga : Resep Siomay Dimsum

2. Perhatikan kualitas bahan

Sebelum membuat kulit hakau, pastikan dahulu kualitas bahan yang akan digunakan masih baik. Untuk membuat kulit hakau yang bening dan transparan, supaya lebih aman, gunakan tepung yang masih baru dan tersegel utuh.

Kalau terpaksa menggunakan tepung yang tersisa di rumah, pastikan tepung bersih dari kotoran, tidak menggumpal, dan tidak berbau tengik. Untuk memastikan kebersihan tepung, anda juga bisa mengayaknya terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk selalu menyimpan sisa tepung di tempat yang tertutup rapat dan kering, supaya bisa dipakai lagi dalam kondisi baik.

Baca Juga : Beda Tepung Sagu vs Tepung Tapioka dan Kegunaannya

3. Pastikan takaran adonan sesuai

Pembuatan kulit hakau memiliki takaran yang harus sama seimbang antara tepung tang mien, tepung sagu, dan air. Dengan jumlah perbandingan antara tepung tang mien, sagu dan air yaitu 1:1:1.

Jadi, misal untuk 1 kg tepung tang mien, harus menggunakan juga 1 kg tepung sagu, dan 1 liter air. Perhatikan resep yang anda ikuti, kalau di resep takaran tepung berbeda, maka sesuaikan dengan perbandingan 1:1:1 supaya kulit hakau bening sesuai harapan anda.

4. Teknik pengolahan

Setelah ditimbang, campur tepung tang mien dengan tepung sagu. Kemudian, siram dengan air panas, aduk hingga rata. Membuat adonan kulit hakau memang harus menggunakan air yang panas agar bisa diuleni. Jika menggunakan air biasa, maka tepung akan menggumpal dan tidak bisa diuleni.

Saat masih hangat segera ulen adonan dengan tangan. Uleni adonan hingga benar-benar kalis, ya, supaya kulit hakau tidak mudah robek saat diberi isian. Lanjutkan dengan membentuk adonan untuk kulit hakau, dan selesai!

Bagaimana? Sudah paham kan cara membuat kulit hakau yang putih transparan seperti di restoran China? Kalau membuat sendiri jadi lebih hemat dan hasil lebih banyak. Bisa makan sepuasnya bersama keluarga.

ceker ayam dimsum oriental

Baca Juga : Resep Dim Sum Ceker Ayam