Penulis: Windy | Editor : Atsa

Saya adalah orang yang tidak bisa berhenti ngemil kalau sedang menonton tv. Baik itu cemilan manis maupun asin, pasti akan saya makan dengan lahap. Saking sukanya, kalau toples habis baru saya berhenti.

Diantara semua cemilan, saya paling suka kacang. Selain renyah, kacang juga bisa diolah menjadi cemilan manis maupun asin. Sebut saja kacang telur, kacang disko, hingga kue kacang. Semuanya lezat!

1. Kacang Bawang

Kacang bawang gurih

Camilan kacang paling sering ditemui adalah kacang bawang. Cemilan ini bercita rasa khas bawang putih yang lezat dan wangi. Selain enak, bikinnya pun sama sekali tidak sulit.

Didihan santan, bawang putih halus, gula, dan garam. Kemudian rendam kacang ke dalam campuran. Tunggu hingga santan meresap dan tiriskan. Setelah itu, goreng kacang dan bawang putih dengan wajan yang berbeda. Saat sudah matang, baru dicampurkan dan disimpan dalam wadah kedap udara

Coba Resep: Kacang Bawang Gurih Renyah Empuk Praktis

2. Kacang Telur

Kacang telur gurih

Sesuai dengan namanya, kacang ini dibalut dengan adonan telur. Warnanya coklat dan cenderung gelap. Cita rasanya gurih, manis dan renyah. Benar-benar khas, lho!

Pertama, sangrai kacang tanah hingga ¾ matang. Lalu, masukkan dalam wadah. Masukkan juga telur, bawang putih, gula halus, dan garam. Aduk hingga merata.

Sementara itu, buat campuran tepung terigu dan tepung tapioka dalam wadah. Kemudian, masukkan kacang dan aduk hingga kacang tertutup rata. Terakhir, goreng dengan api sedang-kecil. Kacang telur kini siap disantap!

Coba Resep: Kacang Telur Gurih Manis Renyah Praktis Murah

3. Kacang Disko

Kacang disko bukan berarti kerlap-kerlip, ya. Kacang ini merupakan kacang tanah goreng berbalut adonan tepung. Bentuknya yang keriting dan tekstur yang krispi, bikin kacang ini dijuluki kacang disko.

Pertama, mixer putih telur dan garam hingga berbusa. Kemudian, tambahkan gula hingga adonan mengembang. Lalu, masukkan kacang, bawang putih halus, tepung terigu dan tapioka dan campur hingga rata. Setelah itu, goreng kacang secukupnya sambil diaduk agar kacang tidak menggumpal. Siap untuk berdisko dengan kacang ini?

Coba Resep: Kacang Disco Keriting Garing Renyah Ekonomis

4. Rempeyek Kacang Tanah

Selain teman setia saat makan pecel, rempeyek kacang tanah juga bisa dijadikan cemilan.  Tekstur peyek enak, renyah, dan sedap dengan irisan halus daun jeruk.

Tepung beras, tepung maizena, telur, daun jeruk, air, dan bumbu halus dimasukkan ke dalam wadah dan aduk merata. Kemudian, ambil satu sendok sayur adonan, beri kacang secukupnya lalu tuang ke pinggir wajan. Siram sisi adonan dengan minyak, biarkan hingga matang. Ingat, jangan sampai gosong!

Coba Resep: Rempeyek Kacang Tanah Kriuk Renyah Enak Ekonomis

5. Kue Kacang

Manis, renyah, dan harum! Itulah daya tarik kue yang satu ini. Bentuknya pun bisa didesain sesuka hati. Tentunya, semakin kreatif akan semakin menarik pula. Tapi, membuat kue kacang memang terkenal susah-gampang.

Campur tepung terigu, gula halus, garam, vanili, dan pasta kacang. Aduk hingga adonan rata serta terlihat lembek. Lalu, tutup adonan dengan plastic wrap atau kain dan diamkan 2 jam. Setelah itu, bentuk adonan sesuai selera. Sebaiknya tetap pipih, ya! Olesi bagian atas dengan kuning telur dan taburi kacang kasar. Panggang selama 20-25 menit dengan suhu 170°C.

Coba Resep: Kue Kacang Gurih dan Super Creamy

Semuanya enak dan bikin ketagihan. Sekarang, cemilan kacang mana dulu yang mau dibuat, nih? Kalau saya sih mau bikin kue kacang, buat isian toples di kamar.