Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Ikan tongkol termasuk jenis ikan yang sering saya konsumsi. Selain karena harganya ekonomis, kandungan gizi tongkol juga cukup tinggi. Hal lain yang bikin saya kesemsem adalah durinya cukup sedikit. Jadi, tidak perlu khawatir tersedak duri halus seperti di ikan lain.

Bagi yang belum kenal ikan tongkol, pasti sulit cari resep yang pas. Ujung-ujungnya dibalado atau digoreng saja. Padahal banyak kreasi masakan Nusantara yang lezat dan praktis dari ikan tongkol, lho. Apa saja?

1. Gulai Aceh Ikan Tongkol

gulai aceh ikan tongkol selera

Masakan Aceh terkenal dengan citarasa pedasnya, termasuk gulai ikan tongkol yang satu ini. Selain pedas, kuahnya juga terasa asam. Sebab, ada tambahan bahan khusus, yaitu asam sunti. Asam sunti yang unik ini merupakan fermentasi belimbing wuluh, lho.

Asam sunti dihaluskan bersama bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe dan ketumbar. Kemudian, ditumis bersama ikan tongkol, daun kari, serai, lengkuas, dan cabai hijau. Setelah agak matang, diberi sedikit air untuk kuah. Aroma dan rasanya dijamin menggugah selera!

Coba Resep: Resep Gulai Aceh Ikan Tongkol Segar Istimewa

2. Ikan Tongkol Bumbu Kuning

Ikan tongkol bumbu kuning lezat

Sedapnya bumbu kuning dipadu cabai rawit dan ikan tongkol memang menggoda. Aroma daun jeruk dan jeruk nipis semerbak bikin lapar. Apalagi kalau bumbunya meresap hingga ke dalam daging tongkol yang padat. Wah, jadi ngiler!

Sebelum dicampur bumbu, ikan tongkol digoreng dulu. Baru dicampur dengan tumisan bumbu halus, cabai merah, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Biar tambah gurih dan kental, masukkan juga santan. Beri asam jawa dan cabai rawit dan tunggu hingga kuah menyusut.

Coba Resep: Resep Ikan Tongkol Bumbu Kuning Lezat dan Praktis

3. Ikan Tongkol Bumbu Sarden

Ikan Tongkol Sarden Lezat

Suka makan sarden? Kalau suka, pasti sudah hafal dengan rasa bumbunya, ya. Nah, biar lebih sehat dan lezat, tidak ada salahnya bikin ikan tongkol bumbu sarden. Jangan lupa tongkolnya digoreng dulu, ya.

Bumbu yang dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, kemiri, dan ketumbar. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, dan serai. Lalu, tambahkan kecap, saus tomat, dan tomat. Aduk bersama tongkol dan beri sedikit air. Terakhir, tinggal tunggu airnya susut.

Coba Resep: Resep Ikan Tongkol Bumbu Sarden Simpel Sedap

4. Asam Padeh Ikan Tongkol

asam padeh tongkol segar

Masakan khas minang yang asam-pedas ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Kuahnya terasa ringan dan nikmat. Semakin lezat dengan rasa asam yang berasal dari asam kandis dan belimbing wuluh. Jadi tidak sabar ingin masak, ya.

Pertama, tumis bumbu halus bersama asam kandis, lengkuas, serai, daun kunyit, dan daun jeruk. Setelah harum, tambahkan air sebagai kuah. Masukkan ikan tongkol serta belimbing wuluh. Cukup pakai api yang kecil agar bumbu meresap sempurna. Asam padeh pun siap disajikan dengan nasi hangat. Lamak nian, yo!

Coba Resep: Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Asli Minang

5. Sate Ikan Tongkol

Sate ikan tongkol enak

Selain masakan nusantara di atas, anda juga bisa olah ikan tongkol jadi masakan yang unik. Contohnya adalah sate ikan tongkol ini. Daging tongkol yang padat dan berserat tidak mudah hancur, sangat cocok untuk dibakar.

Awalnya haluskan bawang putih, ketumbar, kaldu bubuk, dan garam. Lumuri potongan daging ikan tongkol dengan bumbu tersebut. Simpan di kulkas selama 10 menit. Kemudian, susun potongan ikan seperti sate. Olesi minyak goreng, lalu bakar hingga matang. Sajikan bersama bawang goreng dan sambal kecap.

Coba Resep: Resep Sate Ikan Tongkol Enak Praktis Unik

6. Tongkol Suwir Lombok Ijo

Tongkol suwir lombok ijo praktis

cabai hijau rasanya cocok bila dipadukan dengan apa saja, termasuk ikan tongkol. Uniknya, ikan tongkol disuwir terlebih dahulu sebelum dicampur cabai. Suwirannya jadikan masakan ini sangat pas buat anda yang tidak mau ribet.

Sebelum disuwir, tongkol dikukus dulu selama 10 menit. Setelah itu, baru lah suwiran tongkol dicampur dengan bumbu halus, serai, jahe, dan daun salam. Beri sedikit saus tiram dan air. Tmbahkan juga irisan cabai besar. Aduk hingga rata dan kering. Benar-benar simpel!

Coba Resep: Resep Tongkol Suwir Masak Lombok Ijo

7. Abon Ikan Tongkol

Ikan tongkol gurih

Abon tidak hanya bisa dibuat dari daging sapi atau ayam. Ikan tongkol pun bisa dibuat jadi abon, lho. Tentunya ikan semakin awet dan bisa jadi stok saat rasa malas masak menghampiri.

Ikan tongkol yang sudah dicuci direbus terlebih dulu baru disuwir. Air bekas rebusannya disaring dan dimasak bersama santan, daun jeruk serta bumbu halus. Saat sudah didih, masukkan suwiran tongkol. Aduk teruk hingga kering seperti abon. Supaya tidak gosong, gunakan api kecil.

Coba Resep: Resep Abon Tongkol Lezat dan Awet

(Image: Lazada)

Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang hobi masak.

Ternyata ikan tongkol bisa jadi beragam hidangan yang lezat, ya. Kalau gini, sepertinya tidak akan bosan masak ikan tongkol. Tips lainnya, jangan lupa cuci dan lumuri tongkol dengan air jeruk nipis agar amisnya hilang. Selamat mencoba!

7 Resep Ikan Tongkol Terlezat nan Praktis & Ekonomis
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 5 votes