Penulis: Graminda

Setiap belanja bulanan, wajib bagi saya untuk membeli sosis. Selain rasanya yang enak, sosis juga mudah diolah sebagai cemilan maupun teman makan nasi. Sehingga tidak butuh banyak waktu

Ada banyak menu olahan sosis yang lezat. Mulai dari yang mainstream hingga yang baru-baru ini viral seperti berikut ini.

Baca Juga: 10 Jenis Olahan Daging Dalam Kemasan Di Indonesia

1. Hotang (Hotdog Kentang)

hotang jajanan kekinian

Olahan yang satu ini viral beberapa bulan yang lalu. Bagi yang belum tahu, hotang adalah sosis yang dibalut adonan tepung, lalu dibalut lagi dengan potongan dadu kentang goreng. Sangat cocok bagi anda yang ingin makan cemilan namun tidak terlalu mengenyangkan.

Bahan-bahan untuk membuatnya hanya sosis, tepung terigu, tepung maizena, dan kentang goreng. Setelah seluruh sosis terbalut kentang, goreng hotang dalam minyak yang banyak dan gunakan teknik memasak deep-frying hingga berwarna keemasan.

Supaya rasa lebih sempurna, jangan lupa ditambahkan saus tomat dan mayonaise di atasnya.

Coba Resep: Resep Hotang

2. Roti Sosis

(Image: rotinyaindonesia.com)

Roti sosis cocok untuk sarapan buah hati anda sebelum ke sekolah. Bentuknya cantik, enak, dan mengenyangkan. Bahannya pun hanya sosis goreng, roti tawar, selada, telur, dan tepung panir.

Roti tawar dipipihkan, lalu gulung bersama sosis goreng dan selada. Baluri gulungan tersebut dengan telur lalu gulingkan di tepung panir. Goreng dalam wajan panas sekitar 2-3 menit hingga kecoklatan.

Tambahkan juga sayuran seperti tomat maupun timun agar semakin lezat.

3. Corndog

corndog lezat

Jika suka makanan bergaya western, maka anda pasti mengenal jajanan yang satu ini. Rasanya asin dengan tambahan manis dari jagung pipil. Corndog tidak sulit dibuat dan hanya perlu waktu 15 menit.

Campur tepung terigu, jagung pipil halus, telur, susu tawar, garam, gula, dan baking powder dalam wadah. Aduk hingga mengental. Celupkan sosis yang sudah matang dalam adonan, putar sampai permukaan sosis tertutup adonan tebal. Terakhir, goreng dengan minyak panas.

Jangan terlalu cepat membolak balik ya! Tunggu hingga berwarna kecoklatan sebelum diangkat.

Coba Resep: Resep Corndog

4. Rolade sosis tahu

(Image: Majalah Saji)

Anda ingin menyantap sosis sekaligus sayuran? Coba saja rolade sosis tahu ini. Dua protein dan sayuran dalam satu hidangan. Anda cukup menyiapkan sosis matang, tahu yang sudah dihancurkan, telur, potongan dadu wortel, daun pisang, garam, dan merica.

Campurkan tahu dengan wortel, telur garam, dan merica. Setelah diaduk rata, pipihkan diatas daun pisang. Letakkan sosis matang di tengah adonan lalu gulung. Rebus gulungan sekitar 1-2 menit. Setelah matang, iris gulungan rolade dengan perlahan agar tidak hancur. Terakhir, goreng sebentar 1-2 menit dalam minyak panas. Yummy!

5. Bola Sosis Keju

(Image: blueband.co.id)

Sosis dan keju memang perpaduan sempurna yang tidak ada duanya. Bayangkan saja, rasa asin, gurih serta creamy bercampur jadi satu di lidah anda.

Cukup campur potongan sosis, tepung terigu, merica, garam, telur, lelehan mentega dan keju parut. Aduk adonan dan dibentuk bulat-bulat. Goreng adonan dalam minyak panas hingga seluruh permukaannya terendam. Tunggu sekitar 2-3 menit hingga kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.

Sosis di kulkas pun bisa menjadi berbagai masakan lezat. Apalagi bila ditambah saus cocolan buatan anda sendiri. Selamat mencoba!

5 Resep Sosis yang Lezat, Praktis, dan Mudah Dibuat
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.5 (70%) 2 votes