Penulis: Niahappy

Bakso merupakan salah satu makanan nusantara yang menjadi hidangan favorit kapan pun dan di manapun. Harganya juga sangat terjangkau bagi berbagai kalangan. Bakso yang paling terkenal, biasanya berasal dari kota Malang dan Solo. Bakso yang biasa dijual identik dengan daging sapi dan kuah kaldu sapi.

Membuat bakso tidak terlalu sulit lho. Anda cukup menggiling daging dengan campuran tepung dan bumbu-bumbu lainnya. Bakso merupakan salah satu makanan nusantara yang menjadi hidangan favorit kapan pun dan di manapun. Nah berikut ini beberapa sajian bakso yang lezat dan yang pasti lebih aman dikonsumsi bagi keluarga tercinta.

1. Bakso Solo

bakso solo kenyal

Solo memang termahsyur dari kuliner baksonya. Supaya lebih hemat dan puas menikmatinya, yuk buat sendiri di rumah dengan resep mudah ini.

Pertama haluskan daging sapi giling bersama tepung tapioka, putih telur, bawang putih, garam, lada bubuk dan air es. Proses hingga adonan halus. Sisihkan.

Dalam panci, didihkan air. Kemudian gunakan api kecil. Ambil adonan bakso. Bulat-bulatkan, masukkan bakso dalam air mendidih. Lakukan hingga adonan habis. Rebus bakso hingga matang dan mengpaung. Angkat dan tiriskan.

Ambil air rebusan bakso dan campurkan dengan bahan kuah, bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, garam, dan lada bubuk. Koreksi rasanya lalu matikan api.

Siapkan mangkuk saji. Beri mie, caisim dan bakso. Siram dengan kuah bakso. Beri taburan bawang goreng dan seledri. Nah baksi solo siap disajikan, agar makin nikmat tambahkan sambal, saus pedas dan kecap.

Baca Juga: Resep Bakso Solo

2. Bakso Goreng

bakso goreng renyah

Selain bakso kuah, terdapat juga kreasi bakso yang digoreng. Selain rasanya yang gurih, hidangan ini juga memiliki tekstur krispi. Bakso goreng bisa dijadikan kudapan maupun lauk.

Pertama, siapkan wadah. Masukkan daging sapi giling, wortel, daun bawang, terigu, tepung sagu, garam, saus tiram, kecap asin, kaldu bubuk, merica, gula dan putih telur. Aduk hingga rata.

Panaskan banyak minyak di wajan. Bentuk adonan jadi bulat-bulat dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Bakso Goreng

3. Sup Bakso

Sop Bakso segar

Sop adalah salah satu masakan yang paling sering tersaji di meja makan rumah anda. Supaya tidak bosan, anda bisa mengkreasikan bahan isiannya seperti daging ayam fillet dan bakso sapi untuk sumber hewani, kemudian kentang, jagung pipil, dan makaroni untuk sayuran sumber karbohidrat, serta masih banyak lagi.

Dalam panci, rebus air hingga mendidih. Tumis bawang putih, bawang merah, jahe, lada dan pala yang sudah dihaluskan. Angkat dan masukkan bumbu ke dalam rebusan air. Aduk rata.

Masukkan buncis, kol, seledri, daun bawang, dan tomat. Aduk rata. Bumbui dengan kaldu, garam, dan gula. Aduk rata. Biarkan masak hingga semua sayuran layu. Koreksi rasanya. Beri taburan bawang merah goreng. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Sup Bakso

4. Bakso Bakar

Salah satu kuliner khas Malang yang sangat populer ialah bakso malang yang disajikan bersama aneka gorengan. Namun, tidak hanya itu, ternyata bakso bakar juga eksis lho bagi para wisatawan baik asing maupun lokal. Cara membuatnya juga sangat mudah!

Pertama siapkan bakso sapi yang sudah siap olah. Dalam wajan, tuang sedikit minyak. Goreng sebentar bawang putih, bawang merah dan cabe merah. Beri sedikit minyak wijen. Aduk dan angkat.

Selanjutnya ulek bumbu bersama kacang tanah hingga halus. Tambahkan kecap manis dan garam. Aduk rata. Tusuk sata dan celupkan ke dalam bumbu, diamkan selama 5 menit agar meresap. Bakar bakso sambil dioles sisa bumbu di kedua sisinya hingga matang. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Sop Buntut Bakar

5. Tahu Bakso

tahu bakso

Mau menyiapkan takjil apa untuk buka puasa hari ini? Tahu bakso juga enak, lho. Sesuai namanya, tahu bakso dibuat dari kombinasi tahu dan adonan bakso. Perpaduan ini membuat tahu menjadi lebih kenyal dan gurih karena adanya adonan bakso sebagai isiannya. Pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana dengan resep berikut:

Haluskan daging sapi giling bersama es batu, tepung kanji, bawang putih, merica bubuk, dan garam. Giling hingga benar-benar halus.

Gunakan sendok kecil untuk memasukkan adonan bakso ke dalam tahu, isikan hingga penuh. Lakukan hingga semua tahu diisi. Sisihkan. Didihkan air dalam panci beserta bumbu untuk rebusan. Rebus tahu di air mendidih selama 20 menit hingga tahu matang dan mengapung. Angkat dan tiriskan.

Tahu bakso juga bisa disajikan goreng (sesuai selera). Kocok satu butir telur, kemudian balur dan gulingkan tahu dalam telur. Goreng sebentar dalam minyak panas. Angkat dan sajikan!

Baca Juga: Resep Tahu Bakso

6. Mie Goreng Jawa

Mie adalah makanan yang sering dibuat karena proses membuatnya cepat, mengenyangkan dan enak. Mie goreng jawa bisa menjadi pilihan olahan mie yang bisa dicoba. Penambahan aneka sayuran, daging ayam, telur, bakso, dan udang untuk isiannya.

Tumis bawang putih, kemiri, merica dan ebi yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Masukkan telur, buat orak-arik kasar. Masukkan ayam, bakso, udang dan sayuran (kol, sawi, tomat, dan daun bawang) aduk rata.

Masukkan cairan kaldu. Tambahkan sedikit air. Masak hingga mendidih. Terakhir masukkan mie, beri bumbu garam, penyedap dan kecap. Aduk rata, masak hingga bumbu meresap dan matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Mie Goreng Jawa

7. Seblak

Seblak basah bandung

Sajian kota kembang dengan kerupuk aci basah (telah direndam air sebelumnya) yang ditumis bumbu seblak pedas bercitarasa khas kencur. Selain kerupuk, banyak bahan yang bisa dicampurkan dalam seblak seperti telur, ceker ayam, batagor, bakso, dan makaroni.

Panaskan minyak dalam wajan, lalu masukkan telur kocok dan diamkan sesaat sampai agak set/padat lalu aduk-aduk (seperti membuat telur orak arik). Sisihkan di pinggir wajan.

Masukkan bumbu halus dan tumis sampai wangi. Masukkan daun bawang, cabe rawit, bakso dan sosis. Aduk rata. Tuangkan air dan aduk rata. Masukkan kerupuk. Aduk rata sampai kerupuk jadi empuk. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Seblak Basah





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi