Penulis: Niahappy

Daun katuk bisa diolah menjadi beragam hidangan mudah untuk sehari-hari hingga hidangan spesial. Walaupun hanya sayur, tetapi jika Anda mengolahnya dengan baik maka rasanya menjadi nikmat. Berikut hidangan olahan daun katuk yang bisa Anda buat!

Sayur Katuk Kuah Santan

Daun katuk kuah santan gurih

Daun katuk berdaun kecil dengan rasa yang hampir menyerupai bayam. Bahkan resep-resep yang digunakan untuk memasak bayam sering digunakan untuk mengolah daun katuk. Daunnya kecil dan cukup mudah ditemukan di pasar, bahkan sering juga tumbuh di halaman rumah, lho. Kaya akan nutrisi penting dan menyehatkan, berikut cara membuat sayur katuk dengan kuah santan yang gurih lezat.

Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, jinten, dan lada, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga keluar wanginya. Masukan daun salam, sereh, dan laos. Masak hingga harum dan matang. Masukan air mendidih agar bumbu lebih matang.

Masukan jagung, wortel, gula, dan garam. Masak hingga mendidih lalu tambahkan daun katuk juga santan. Masak hingga daun katuk empuk. Angkat sajikan.

Baca Juga : Resep Sayur Katuk Santan

Urap Daun Katuk

Ada banyak jenis urap yang berasal dari Indonesia. Jenis sayuran yang dipakai juga beragam. Sayuran hijau yang biasa digunakan biasanya kangkung, kacang panjang, tauge, dan kol. Namun, daun katuk ternyata juga bisa lho, diolah menjadi urap.

Haluskan bawang putih, cabai merah keriting, kencur, terasi, daun jeruk, garam, gula, dan bawang merah. Sisihkan. Dalam wadah, campur kelapa parut dengan bumbu halus. Aduk rata. Kukus bumbu urap selama 30 menit hingga matang. Angkat.

Lanjutkan mengukus atau merebus sayuran daun katuk, kacang panjang, dan tauge sampai matang. Angkat dan tiriskan. Dalam wadah, campur sayuran dan bumbu urap hingga rata. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Urap Bali

Sayur Bening Daun Katuk

Sebagai bahan masakan, daun katuk memang tidak seterkenal bayam atau kangkung. Namun, sayuran yang satu ini juga cocok dimasak menjadi sayur bening. Sayur bening terasa segar ketika disantap. Apalagi, ada perpaduan rasa gurih dan manis.

Didihkan air dalam panci. Masukan bawang merah dan temu kunci. Rebus sampai wangi. Masukan jagung, masak hingga jagung empuk. Tambahkan tomat, garam, dan gula pasir. Biarkan mendidih. Masukan daun katuk lalu masak sampai matang. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Bening Daun Katuk

Tumis Daun Katuk

Daun katuk mirip seperti daun kelor, tetapi daun katuk lebih kecil. Daun katuk enak diolah tumis pedas, tak jarang juga menjadi campuran untuk urap.

Pertama cuci bersih daun katuk. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat merah, terasi, dan garam sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan gula dan cabai merah. Aduk rata. Masukan daun katuk. Aduk rata. Tuang sedikit air panas. Aduk rata dan masak sebentar saja. Angkat.

Omelet Daun Katuk

Ingin sarapan yang lebih sehat? Omelet daun katuk jawabannya! Daun katuk cukup dicuci dan diiris tipis secukupnya. Tambahkan juga isian lainnya, seperti jamur, keju, potongan wortel, dan sebagainya agar omelet lebih berwarna dan bertekstur. Selain untuk saran, omelet daun katuk juga bisa dijadikan bekal makan siang, lho!

Bolu Daun Katuk

Wah, kira-kira bagaimana rasanya kalau daun katuk dijadikan bolu? Ternyata, rasanya bisa lembut dan gurih-manis dalam satu gigitan. Pilihlah bayam segar agar tidak berbau langu dan buat jadi puree yang bertekstur halus.

Pertama, kukus daun katuk kemudian blender hingga alus. Mixer margarin dan gula pasir hingga putih kaku, lalu masukan telur satu persatu. Masukan campuran tepung terigu dan baking powder ke dalam kocokan telur lalu mixer dengan kecepatan rendah. Campurkan susu dengan bayam yang sudah dihaluskan dan aduk rata, keudian tuangkan ke dalam adonan, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, panggang dengan suhu 160 derajat selama 40 menit. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Bolu Kukus Pandan

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi