Penulis: Atsa

Kalau punya stok bakso ikan di dapur, biasa diolah jadi apa? Umumnya pasti jadi bakso kuah, atau digoreng begitu saja. Tapi kalau bosan dengan olahan yang itu-itu saja, berikut ini 6 ide olahan bakso yang bisa Anda coba. Membuatnya mudah dan setiap resep punya cita rasa yang berbeda. Bisa Anda praktikan bergiliran setiap hari supaya nggak mudah bosan.

1. Sop Bakso Ikan

Sop adalah salah satu menu makanan yang menyegarkan disantap di berbagai kondisi. Perpaduan gurih dan segarnya kuah serta sayuran dapat membuat tubuh terasa lebih nyaman. Nah, bakso ikan bisa dijadikan bahan campuran sop, lho.

Potong – potong bakso ikan sesuai selera. Rebus dengan kaldu yang sudah dibumbui dengan tumisan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai. Tambahkan potongan sayuran. Beri garam, pala bubuk dan merica bubuk. Masak sampai matang.

Baca Juga: Cara Membuat Sop Bakso Mudah dan Lezat

2. Sop Bakso Ikan Tofu

Sop bakso juga bisa Anda keeasikan lagi dengan potongan tofu. Cara membuatnya masih sama dengan resep sop bakso ikan. Dalam menu ini, Anda hanya perlu menambahkan potongan tofu atau tahu sutra. Supaya tidak pecah saat diolah, goreng dahulu tofu hingga kulit permukaannya kering. Baru masukan dalam masakan sop bakso.

3. Bakso Ikan Saus Asam Manis

olahan bakso ikan

Resep lainnya yang pasti disukai semua usia, khususnya anak-anak, yaitu bakso ikan saus asam manis. Siapkan bakso ikan dan potong – potong sesuai selera. Tambahkan juga potongan sosis jika suka, supaya semakin mantap. Iris – iris bawang putih, bawang bombai, cabai merah besar dan cabai keriting.. Kemudian tumis sampai harum dan tambahkan sedikit air. 

Masukan potongan bakso dan sosis. Tambahkan gula, garam dan merica, aduk rata. Masukkan saus tomat dan saus cabai. Terus diaduk – aduk, kemudian tambahkan llarutan maizena. Masak sampai kekentalannya pas, lalu angkat dan sajikan hangat.

4. Seblak Bakso Ikan

Seblak basah bandung

Siapa suka jajan seblak? Pasti Anda sudah tahu bahwa ada beragam topping yang bisa ditambahkan dalam seblak, salah satunya bakso ikan. Untuk membuatnya sama seperti resep seblak pada umumnya. Hanya perlu menambahkan potongan bakso ikan saja.

Haluskan bawang putih, kencur dan cabai merah keriting. Panaskan minyak dalam wajan, lalu masukkan telur kocok. Diamkan sesaat sampai agak set lalu aduk-aduk seperti membuat telur orak arik. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan bumbu halus dan tumis bumbu sampai wangi.

Tambahkan irisan daun bawang, cabe rawit, ayam suwir, bakso ikan, dan sosis. Aduk sampai semua tercampur rata. Tuang air dan aduk rata. Masukkan kerupuk. Aduk rata sampai kerupuk menjadi empuk. Setelah semua matang, angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Seblak

5. Bakso Ikan Bakar

bakso ikan

Resep yang paling mudah dan pasti disukai semua orang yaitu bakso ikan bakar. Hanya perlu menusuk bakso ikan, olesi dengan bumbu barbeque instan, lalu bakar sampai matang. Selain itu, bisa juga bikin bumbu sendiri untuk bakarannya.

Haluskan bawang putih dalam wadah, lalu tambahkan kecap, lada dan garam. Rendam bakso ikan selama minimal 30 menit. Tusuk bakso yang sudah direndam dengan tusuk sate. Bakar di teflon yang sudah dilapisi margarin, sambil di oles-oles bumbunya bolak balik sampai kecoklatan angkat sajikan.

6. Nasi Goreng Bakso Ikan

resep nasi goreng oriental yang lezat

Kreasi terakhir yang pasti juga lezat, olah bakso ikan menjadi nasi goreng bakso ikan. Hanya perlu memasak seperti nasi goreng seperti biasa, dan tambahkan irisan bakso ikan sebagai isiannya. Begitu mudah dan cocok untuk makan besar bersama keluarga.

Potong terlebih dahulu bakso ikan jadi 2-3 bagian, sisihkan. Cincang bawang putih dan bawang bombai. Tumis bumbu sampai wangi, masukan bakso ikan. Jika Anda ingin menambahkan sayuran seperti wortel, masukan juga untuk ditumis terlebih dahulu agar matangnya pas. Jangan lupa untuk potong – potong dice terlebih dahulu. Sisihkan ke pinggir wajan.

Tuang telur ke tengah wajan dan orak arik sebentar. Campur tumisan bumbu dan bakso ikan bersama orek telur. Aduk hingga merata, lalu masukkan nasi putih. Kembali aduk merata hingga nasi tercampur rata bersama bahan lainnya. Terakhir, masukkan irisan daun bawang. Masak kembali dan koreksi rasanya. Jika rasa sudah pas, nasi goreng bakso ikan siap disajikan

Baca Juga: Nasi Goreng Oriental

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi