Penulis : Niahappy

Punya stok singkong di rumah dan bingung mau diolah bagaimana? umbi yang kaya akan karbohidrat kompleks ini bisa diolah menjadi banyak variasi menu yang lezat dan nggak membosankan. Nah, berikut kudapan kekinian olahan singkong yang bisa Anda coba!

1. Singkong Keju

Singkong keju mekar

Renyah, gurih, plus taburan keju di atasnya membuat kudapan ini tidak ada yang menolak untuk memakannya. Pembuatannya pun sederhana dan tak butuh banyak bahan. Pada dasarnya, singkong punya rasa gurih yang khas, Nah, apalagi jika digoreng crispy dengan tekstur lembut di dalam, lalu diberi taburan keju di atasnya. Saking populernya, singkong keju bisa ditemui dengan mudah di sudut kota mana pun.

Kupas singkong lalu bersihkan. Potong-potong agak besar. Kukus singkong selama 20 menit hingga empuk. Angkat. Dalam wadah, camput air dingin/es dengan bumbu halus. Aduk rata. Langsung masukkan singkong yang telah dikukus ke dalam wadah air dingin. Diamkan sampai singkong merekah selama 1 jam. Panaskan banyak minyak. Goreng singkong dengan api sedang hingga matang berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan dengan parutan keju di atasnya.

Baca Juga : Resep Singkong Keju

2. Singkong Thailand

Singkong Thailand terbuat dari potongan singkong yang direbus yang dilumuri dengan saus santan. Rasa singkong yang manis karena direbus bersama gula dipadukan dengan gurihnya saus santan yang kental. Walau camilan ini khas dari negeri seribu pagoda ini, Anda tidak harus pergi ke restoran Thailand karena Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kupas singkong lalu cuci sampai bersih, kemudian potong-potong. Didihkan 1,5 liter air lalu rebus singkong sampai setengah matang. Masukan gula lalu rebus sampai singkong empuk, sisihkan. Untuk membuat saus santan: rebus santan instant, air, dan garam sampai mendidih kemudian masukkan tepung ketan, aduk sampai mengental. Sajikan singkong dengan siraman saus di atasnya.

Baca Juga : Resep Singkong Thailand

3. Tela-tela Balado

Rasanya yang gurih dan sedikit pedas nggak cukup jika hanya dimakan sedikit. Untuk membuatnya cukup mudah, pertama kupas singkong kemudian cuci bersih singkong menggunakan air bersih. Lalu potong singkong bentuk persegi panjang atau memanjang. Kukus singkong selama kurang lebih 1 jam.

Setelah dikukus, siapkan minyak panas. Masukkan singkng di wajan yanng berisi minyak panas. Goreng sampai berwarna kuning kecokelatan, angkat. Diamkan sebentar, kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Tambahkan bumbu bubuk balado ke dalam wadah. Tutup wadah dan kocok-kocok tela hingga rata. Tela-tela balado siap disajikan.

Baca Juga : Resep Keripik Singkong

4. Bola-bola Singkong

Kupas singkong, potong-potong lalu cuci hingga bersih. Rebus singkong hingga empuk, angkat dan tiriskan. Haluskan singkong selagi panas, tambahkan gula pasir, terigu, dan garam. Aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan. Taruh keju dan cokelat sebagai isian di atasnya lalu bentuk bulat kembali. Kocok telur sebagai perekat. Celupkan bola-bola ke dalam telur kemudian balurkan di tepung roti. Panaskan minyak banyak. Goreng bola-bola. Balik-balik terus agar tidak gosong, angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bola Ubi

5. Keripik Singkong Dakak Padang

Kupas singkong. Iris kotak-kotak tipis/kecil. Cuci bersih. Sisihkan. Campur singkong dengan garam, parutan kunyit, bawan gputih, kemiri. Aduk hingga merata. Diamkan kurang lebih 45 menit. Campur dengan irisan daun seledri. Aduk rata. Panaskan banyak minyak. Goreng singkong hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

6. Klapertaart Singkong

Klapertaart adalah kue khas Manado yang terpengaruh dari kuliner Belanda. Meskipun kini banyak terdapat variasinya, klapertaart khas Manado tetap disukai banyak orang. Ciri khas pada klapertaart klasik ini adalah adanya campuran daging kelapa muda dan topping seperti almond, kismis, dan kayu manis bubuk.

Kukus singkong sampai empuk lalu lembukan dengan garpu selagi panas. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, singkong kukus, susu bubuk, kuning telur, margarin, air kelapa, dan vanila essen. Aduk rata kemudian saring.

Masukkan gula pasir, aduk rata. Masak campuran tersebut di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental. Matikan api. Masukkan daging kelapa muda, kacang kenari, dan kismis, aduk rata. Tuang campuran tersebut ke dalam wadah aluminium foil yang sudah diolesi margarin tipis, sisihkan.

Selanjutnya untu membuat topping. Kocok putih telur dan garam hingga berbusa. Lalu tambahkan gula pasir. Kocok menggunakan mixer hingga adonan kaku. Ambil topping dan ratakan di atas adonan klapertaart. Beri taburan bubuk kayu manis, kenari, dan kismis. Panggang adonan dalam sushu 150oc selama 30 menit.

Baca Juga : Resep Klapertaart Klasik

7. Muffin Singkong

Walau terlihat bantat dan keras namun muffin yang sukses seharusnya bercitarasa moist(lembut), pas manisnya (tidak terlalu manis), cukup mengembang tapi tetap padat. Kunci utamanya yaitu tidak berlebihan saat mengaduk dan gunakan teknik aduk balik hingga adonan tercampur secukupnya

Siapkan singkong kupas, cuci bersih kemudian kukus selama 30 menit. Angkat dan haluskan selagi panas, sisihkan. Siapkan bahan di wadah. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue. Aduk rata. Dalam wadah lain, masukkan kuning telur dan gula pasir. Mixer sampai mengembang. Masukkan bahan tepung, singkong halus, dan kenari. Aduk rata dan sisihkan.

Kocok putih telur sampai kaku. Lalu masukkan adonan putih telur, aduk sampai rata. Siapkan loyang muffin, alasi dengan kertas kue muffin, sisihkan. Tuang adonan muffin ke dalam cetakan muffin. Panaskan terlebih dahulu oven, kemudian panggang muffin selama 50 menit. Angkat dan sajikan bersama teh atau kopi kesukaan Anda.

Baca Juga : Resep Muffin Pisang





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi