Penulis: Niahappy

Biasanya talas dikonsumsi hanya dengan dikukus. Selain dikukus, ada cara lain juga lho, untuk mengolah talas. Namun, agar terasa makin lezat, tentu harus diolah dengan tepat. Sebagai referensi, yuk, cek resep olahan talas di bawah ini!

1. Donat Talas

Donat bisa dikreasikan dengan aneka bahan. Talas adalah salah satunya. Anda bisa mengukus talasnya terlebih dahulu baru dicampur dan diuleni dengan bahan donat lainnya. Cari tahu, yuk rahasianya di resep ini agar donat talas lembut, empuk, dan enak.

Kukus talas sampai empuk lalu haluskan, sisihkan. Dalam wadah, campurkan tepung, talas, gula pasir, ragi, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukan kuning telur dan tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis. Masukan margarin dan garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis. Sisihkan dan istirahatkan adonan selama 30 menit.

Tinju adonan dan kempeskan (hilangkan anginnya). Ambil sedikit adonan lalu bulat-bulatkan dan beri lubang di tengahnya. Diamkan selama 15-20 menit hingga adonan mengembangkan 2 lipat. Panaskan banyak minyak. Goreng donat dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Donat Ubi Ungu

2. Lapis Talas Bogor

Pertama kukus talas sampai lembek. Kemudian haluskan talas kukus dengan blender. Tambahkan sedikit  santan, blender kembali. Sisihkan. Dalam wadah kocok margarin dan gula pasir hingga mengembang. Masukan telur satu per satu. Kocok hingga rata dan tekstur menjadi lembut. Masukan pasta talas dan tepung terigu. Aduk sampai benar-benar rata. Bagi dua adonan. Adonan pertama beri pewarna ungu dan adonan kedua beri warna kuning. Masukan adonan warna ungu ke dalam loyang 1 adonan kuning ke loyang 2. Kukus sampai matang. Letakan kue warna ungu di piring olesi dengan selai kesukaan Anda dan keju kemudian tumpukan kue warna kuning. Olesi kembali selai dan beri taburan keju. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Surabaya

3. Keripik Talas

Saat santai memang paling enak nyemil keripik. Nah, coba kripik talas rasanya gurih dan renyah. Bikinnya gampang banget lho!

Cuci bersih talas lalu iris tipis, sishkan. Haluskan bawang putih dan garam. Tuangkan air ke dalam wadah. Masukan bumbu halus dan tambahkan ketumbar. Aduk rata. Masukan irisan talas dalam larutan bawang putih dan ketumbar. Diamkan sekitar 30 menit. Goreng irisan talas sampai garing. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Keripik Bawang

4. Kue Lumpur Talas

kue lumpur kentang lembut

Kue basah tradisional yang popular dengan sebutan kue lumpur ini memiliki ciri khas berbentuk bundar dengan teksturnya yang lembut. Variasi bahan yang biasa digunakan dalam kue ini ialah kentang. Namun, saat ini kue lumpur banyak variasinya. Mulai dari kentang, ubi, hingga talas.

Pertama kukus talas sampai empuk kemudian haluskan dan sisihkan. Dalam panci, masukan santan dan daun pandan. Rebus sambil diaduk hinggamendidih. Angkat dan biarkan hangat. Kocok telur dan gula dengan mikser kecepatan sedang hingga gula larut. Masukan talas, tepung terigu, susu kental manis, garam, dan vanili. Lanjutkan mikser dengan kecepatan rendah, sambil dituang santan sedikit demi sedikit.

Tuang mentega cair. Kocok rata. Panaskan wajan cetakan kue lumpur. Beri olesan mentega atau margarin. Tuang adonan kue lumpur setinggi ¾ cetakan. Tutup wajan dan biarkan masak dengan api kecil hingga setengah matang. Beri kismis di atasnya sebagai topping. Tutup kembali dan lanjutkan masak dengan api kecil hingga setengah matang. Beri kismis di atasnya sebgai topping. Tutup kembali dan lanjutkan masak hingga matang. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Kue Lumpur

5. Getuk Talas

getuk lindri istimewa

Ada banyak makanan atau kudapan yang bisa dihasilkan dari talas. Salah satunya adalah getuk. Walaupun biasanya getuk berbahan dasar singkong, tetapi menggantinya dengan talas juga tak kalah enak, lho. Yuk, intip resepnya!

Kukus talas hingga benar=benar empuk. Angkat lalu langsung haluskan talas selagi hangat. Sisihkan. Dalam wadah, campur gula pasir, kelapa parut kasar, dan garam. Aduk rata hingga gula larut. Campur talas yang telah dihaluskan, campuran gula, dan pewarna hijau. Aduk hingga rata.

Giling adonan getuk dengan penggiling khusus getuk lindri. Gulung lalu potong getuk. Sisihkan. Campur semua bahan taburan lalu balur dan taburkan bersama getuk. Siap disajikan selagi hangat.

Baca Juga : Resep Getuk Lindri

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi