Penulis: Atsa

Sop Bakso menjadi sop yang segar dan disukai semua orang. Dengan isian daging bakso yang melimpah, nutrisinya juga terjaga karena dilengkapi berbagai sayur aneka warna. Rasanya yang segar sangat cocok dimakan dengan atau tanpa nasi. Bisa jadi solusi juga untuk anak yang kurang suka makan sayur, lho.

Berikut ini cara membuat sop bakso yang segar dan lezat. Untuk pemula pun resep ini bisa jadi pilihan, selain ekonomis dan mudah dibuat, rasanya juga nikmat dan kaya nutrisi. Yang penting jangan lupa untuk selalu memilih bahan-bahan berkualitas ya.

1. Pilih Bakso Sapi dan Iris

Bahan utama untuk membuat sop bakso tentu adalah bakso itu sendiri. Untuk menentukan kelezatan sajian sop bakso Anda, pastikan memilih bakso yang berkualitas. Pastikan Anda memilih bakso yang terbuat dari daging segar, terasa kenyal dan bertekstur garing.

Nah, jika mau lebih aman lagi, bisa juga buat sendiri bakso di rumah. Bakso bisa dibuat dari aneka daging seperti sapi, ayam, dan ikan. Jangan lupa untuk selalu memilih daging yang masih segar. 

Untuk bakso sapi, pilih daging yang bebas lemak. Sedangkan bakso ayam, gunakan bagian dada tanpa kulit. Lalu untuk bakso ikan, bisa pakai ikan berdaging putih yang tentunya juga masih segar. 

Potong – potong bakso menjadi 2 – 3 bagian, atau sesuai selera Anda. Untuk cara membuat bakso yang kenyal sempurna, cek artikel Tips Membuat Bakso dari ResepKoki.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Bakso Bulat Halus & Matang Hingga ke Tengah

2. Siapkan Sayuran Hijau

Bukan cuma supaya kaya nutrisi, sayur yang Anda gunakan akan mempercantik tampilan sop bakso. Gunakan sayuran beraneka warna seperti wortel, bunga kol dan kapri. Iris – iris wortel dan potong – potong bunga kol. Sisihkan.

Selain ketiga sayur tersebut Anda juga bisa menambahkan sayuran dan bahan lain sesuai selera Anda. Misalnya, irisan daun bawang, makaroni, dan potongan dada ayam yang dipotong dadu.

3. Buat Kuah Sop

Sekarang saatnya membuat kuah sop. Pertama – tama, buat kaldu ayam terlebih dahulu. Rebus dada ayam dengan api kecil. Sambil menunggu, geprek bawang putih, iris – iris bawang merah, dan potong – potong bawang bombai. Setelah kaldu matang dan dibuang lemaknya, tumis ketiga bawang dengan sedikit minyak hingga wangi. Masukan bumbu dalam panci kaldu. Tambahkan pala halus.

Ada juga alternatif yang lebih praktis, yaitu menggunakan kaldu ayam bubuk. Namun untuk menjamin nutrisi dan keamanannya, lebih baik tetap membuat kuah dengan rebusan dada ayam saja. Dada ayam ini nantinya juga bisa dipotong dadu sebagai isian sop.

4. Masukan Bahan Isian

Dalam rebusan kuah, masukan bahan – bahan isian sop mulai dari yang keras seperti bakso, wortel dan bunga kol. Tambahkan satu persatu secara bergantian, dan masak hingga setengah empuk. Lalu masukan bahan sayuran yang lunak seperti kapri dan daun bawang. Anda juga bisa menambahkan irisan tomat supaya rasanya lebih segar.

Karena tingkat kerasnya bahan – terutama sayuran – sangat beragam, maka penting sekali untuk memasukan berurutan. Wortel dan bunga kol memiliki waktu memasak yang lebih lama, karena itu harus dimasak terlebih dahulu. Baru kemudian masukan karpri dan daun bawang.

Baca Juga: 6 Menu Masakan Berkuah Gurih yang Cocok Disantap Saat Bulan Puasa

5. Beri Bumbu dan Masak Sampai Matang

Dalam rebusan sop bakso, tambahkan garam, lada, dan sedikit gula bila suka. Tambahkan sedikit demi sedikit saja sambil dikoreksi rasanya. Setelah semua bahan matang, sajikan sup dalam mangkuk saji dan tambahkan taburan bawang merah goreng. Hidangkan selagi panas.

Baca Juga: Resep Sop Bakso