Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Sebagai penggemar daging sapi, saya selalu sedia stok daging di rumah. Di akhir pekan, saya akan olah daging tersebut sesuka hati. Tidak pilih-pilih resep, berbagai olahan daging nusantara saya coba satu per satu. Tapi karena orang padang, tentunya saya tidak bisa melewatkan masak rendang.

Olahan daging yang lezat tidak cuma rendang, lho. Ada juga bistik, gadon, rabeg dan masih banyak lagi. Nah,  kita coba resepnya satu per satu, yuk.

 1. Asem-Asem Daging

asem asem daging

Seperti namanya, olahan daging ini punya cita rasa asam sekaligus manis dan pedas. Kuahnya yang hitam manis menunjukan penggunaan kecap dan gula jawa. Sedangkan rasa asam-pedas berasal dari belimbing wuluh, cabai rawit dan asam jawa. Bumbu dan rempah tersebut dimasukan dalam air kaldu rebusan daging.

Asem-asem daging sangat cocok dimakan kapan pun. Apalagi dilengkapi dengan sepiring nasi hangat dan kerupuk. Wah, sangat menggugah selera, ya!

Coba Resep: Resep Asem-Asem Daging Klasik Menggugah Selera

2. Rendang Daging

rendang padang istimewa

Siapa yang tidak kenal dengan masakan terenak di dunia ini? Bumbunya yang lezat terserap sempurna ke dalam daging. Aromanya pun sangat khas rempah Indonesia.  Sebut saja pala, kapulaga, adas, daun kunyit, bunga lawang, lengkuas, kayu manis dan cengkeh.

Agar hemat waktu, masak dulu daging dengan panci presto. Setelah agak lembut, masukkan daging dalam rebusan santan dan bumbu. Anda pun tinggal tunggu daging matang dan kuahnya mengental.

Coba Resep: Rendang Daging Istimewa Asli khas Padang

3. Bistik Daging

Bistik daging merupakan modifikasi steak bergaya nusantara. Tidak seperti steak yang dipanggang, melainkan direbus bersama banyak bumbu dan rempah. Pantas saja wangi, ya!

Kuahnya yang gelap pun terasa manis-gurih, namun ringan dan segar. Rasa manisnya berasal dari kecap dan gula. Sedangkan rasa gurihnya didapat dari air kaldu bekas rebusan daging. Cocok disantap saat akhir pekan bersama keluarga, nih.

Coba Resep: Resep Bistik Sapi Manis Legit khas Nusantara

4. Rabeg Daging

rabeg banten gurih

Banten punya olahan daging yang khas, yaitu rabeg. Sekilas mirip bistik, bedanya rabeg lebih manis dan berminyak. Aslinya pun rabeg menggunakan daging kambing, namun bisa dimodifikasi dengan pakai daging sapi atau jeroan.

Ciri khas rabeg adalah penggunaan adas, pala, dan ketumbar. Rempah dan bumbu tersebut ditumis dan diberi air serta kaldu bubuk. Terakhir, daging masukkan dan dimasak hingga air menyusut.

Coba Resep: Resep Rabeg Daging Super Lezat khas Banten

5. Gadon Daging

Gadon daging lembut

Gadon daging sapi khas Jawa Tengah ini bisa disebut makanan sehat. Sebab, dimasak tidak pakai minyak, melainkan dikukus. Walau dikukus, rasa gurih legit dan aromanya sangat tajam, lho. Apalagi tambahan wangi daun jeruk dan daun pisang. Bikin perut lapar!

Bikin gadon daging sangat simpel dan anti gagal. Caranya, campur rata daging giling, telur, santan, bumbu, dan cabai. Lalu tinggal dibungkus daun pisang dan dikukus 45 menit.

Coba Resep: Resep Gadon Daging  Gurih, Lembut,  & Sedap

6. Sup Kacang Merah Daging

Bosan dengan olahan daging yang dan bersantan bisa coba sup kacang merah daging. Kuahnya jernih dan segar di tenggorokan. Apalagi adanya sayuran dan kacang merah yang bikin sajian ini lebih bergizi. Saking istimewanya, anda bisa temukan di pernikahan dan acara besar lainnya.

Cukup rebus daging dan kacang merah terlebih dahulu. Setelah keduanya agak empuk, masukan sayuran dan bumbu. Biarkan hingga daging empuk sempurna. Kurang dari satu jam, sup kacang merah daging pun sudah siap disantap.

Coba Resep: Resep Sup  Kacang Merah Paling Gurih dan Segar

7. Rolade Daging

rolade daging sapi

Jika punya banyak stok daging, diolah jadi rolade saja. Selain lezat, sajian ini juga awet, lho. Sebab, bisa disimpan dalam freezer dan baru digoreng saat akan disantap. Teksturnya sangat lembut dan gurih!

Daging sapi perlu digiling terlebih dulu. Lalu, dicampur dengan terigu dan bumbu hingga adonan kalis. Adonan tersebut digulung di atas telur dadar. Kemudian balut dengan tepung roti. Dinginkan dan simpan dalam freezer. Agar lebih sedap, sajikan bersama saus.

Coba Resep: Resep Rolade Daging Siram Saus Istimewa

Melihat aneka masakan diatas seperti keliling Indonesia, ya. Tiap daerah punya masakan dan ciri khasnya tersendiri. Resep masakan daerah warisan nenek moyang harus tetap dilestarikan. Supaya anak cucu kita masih bisa merasakan kelezatan cita rasa nusantara.

7 Resep Daging Sapi Rumahan Paling Enak dan Praktis
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote