Penulis: Atsa

Kayu manis adalah rempah yang sering digunakan sebagai pemanis dan pemberi aroma. Karena aromanya yang khas membuat masakan memiliki aroma manis segar khas kayu manis. Seperti untuk taburan coffee latte dan roti bakar.

Kayu manis bisa didapatkan dengan mudah baik dalam bentuk batang, gulungan, maupun dalam bentuk bubuk. Perlu diketahui juga, kayu juga memiliki manfaat kesehatan. Ekstrak dari kulit pohon kayu manis juga telah digunakan secara tradisional sebagai obat di seluruh dunia. Berikut ini manfaat kayu manis dalam masakan dan bagi kesehatan.

1. Penambah rasa dan aroma

Di dunia masak memasak, kayu manis paling utama digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada makanan. Selain itu, kayu manis juga mampu menghilangkan bau tak sedap pada bahan makanan dan menciptakan rasa sedap. Begitu pula untuk minuman herbal, kayu manis akan memberi wangi yang nikmat dan menyegarkan.

2. Antioksidan

Antioksidan penting karena membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, yang telah terbukti merusak sel dan berkontribusi pada hampir setiap penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2 yang disebutkan di atas. Ajaibnya, kemampuan antioksidan kayu manis lebih unggul dari banyak makanan super terkenal!

Anda bisa mencoba beberapa minuman herbal dengan campuran kayu manis, misalkan rebusan jahe dengan kayu manis. Minuman herbal seperti ini selain menghangatkan tubuh, juga dapat meningkatkan imun dan mendetoksifikasi zat-zat berbahaya dalam tubuh.

3. Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Insulin adalah salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi. Ini juga penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah Anda ke sel-sel tubuh Anda. Masalahnya adalah banyak orang yang kebal terhadap efek insulin. Ini dikenal sebagai resistensi insulin, ciri khas kondisi serius seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Berita baiknya adalah bahwa kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin, membantu hormon penting ini melakukan tugasnya. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah, seperti yang dibahas pada bab selanjutnya.

4. Menurunkan kadar gula darah dan memiliki efek anti diabetes yang kuat

Kayu manis terkenal karena sifat penurun gula darahnya. Kayu manis telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah Anda setelah makan. Senyawa dalam kayu manis juga dapat bekerja pada sel tubuh dengan meniru insulin. Itulah sebebnya, untuk menghindari diabetes bagi orang dengan risiko diabetes dari keluarga, ada baiknya mulai mengonsumsi air rebusan kayu manis.

5. Menyegarkan napas

Berkumur dengan air rebusan kayu manis dan perasan lemon berkhasiat untuk membunuh bakteri mulut, dan untuk mendapatkan napas yang lebih segar. Lemon dan kayu manis bersifat anti-bakteri yang ampuh untuk membantu membersihkan mulut. Rebus 5 batang kayu manis dalam 1 gelas air selama 5 menit, kemudian gunakan untuk berkumur seperti obat kumur biasa.

Baca Juga: Mengenal, Memilih & Menyimpan Kayu Manis

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi