Penulis: Atsa

Cabai banyak digunakan sebagai bumbu dalam beragam hidangan Nusantara. Rasa dan tingkat kepedasan dari cabai ini sangat bervariasi. Sering digunakan dalam berbagai sajian, sudahkah Anda mengetahui manfaat dari cabai itu sendiri? Berikut ini 5 manfaat dari cabai dalam masakan maupun bagi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Jahe 

1. Sebagai Pewarna Makanan Alami

Kandungan karotenoid pada cabai menghasilkan warna merah yang efektif digunakan pada berbagai masakan. Zat pewarna pada cabai ini merupakan pewarna alami yang tidak beresiko dan aman digunakan untuk membuat penampilan makanan menjadi menarik.

Untuk memberikan warna merah yang menarik pada balado, nasi goreng hingga ceker setan, cabai digunakan sebagai pemberi warna makanan yang menarik. Tentunya, sekaligus pemberi rasa pedas. Bahkan untuk masakan berwarna oranye, cabai bisa dikombinasikan dengan kunyit. Seperti warna oranye pada gulai dan tom yum.

2. Memberikan Rasa Pedas

Saat memasak, cabai paling dicari sebagai penambah rasa pedas masakan. Apalagi untuk lidah Indonesia, rasanya kurang mantap kalau lauk yang kita makan tidak ada pedas-pedasnya. Rasa pedas ini juga dikategorikan sebagai penyempurna rasa. Tentunya kurang nikmat jika makan nasi goreng tanpa ada sedikit rasa pedas, begitu pun dengan makanan-makanan lainnya.

3. Mengandung Berbagai Vitamin dan Mineral

Cabai kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Namun, karena cabai hanya dimakan dalam jumlah kecil, kontribusi cabai terhadap asupan harian Anda sangat kecil. Berikut nutrisi baik dalam cabai :

  • Vitamin C. Cabai sangat tinggi dalam antioksidan kuat ini, yang penting untuk penyembuhan luka dan fungsi kekebalan tubuh.
  • Vitamin B6. Sebagai keluarga vitamin B, B6 berperan dalam metabolisme energi.
  • Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K1 sangat penting untuk pembekuan darah dan tulang dan ginjal yang sehat.
  • Kalium. Mineral makanan esensial yang melayani berbagai fungsi, kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung bila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai.
  • Vitamin A. Cabai merah tinggi beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Capsaicin yang terdapat pada cabai membirikan sensasi pedas, sehingga meningkatkan laju pemanasan seluruh tubuh Anda. Ini juga mengaktifkan neuron sensorik yang membantu menjaga lemak agar tidak menumpuk dan mengendalikan nafsu makan Anda. Capsaicin pada cabai juga mempercepat metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Membakar lemak tubuh

Makan secukupnya makanan pedas dengan cabai, dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan capsaicin pada cabai yang mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

Selain itu, cabai juga membantu detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu, vitamin yang terdapat pada cabai juga mampu meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam jaringan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi