Penulis: Atsa

Kunyit berasal dari tanaman Curcuma Longa, dan ini adalah bagian akarnya. Kenampakannya sangat mirip dengan jahe. Dagingnya memiliki warna orange intens yang menjadi kuning saat dikeringkan. Warna yang kaya pada kunyit menandakan bahwa kunyit penuh dengan curcumin.

Kunyit telah lama digunakan untuk keperluan memasak hingga medis. Ini adalah rempah yang ada di berbagai hidangan Indonesia dan Asia Tenggara. Tetapi lebih dari sekadar menambah rasa pada makanan, kunyit telah terkenal akan khasiatnya yang banyak sekali bagi tubuh. Berikut pembahasannya.

1. Penambah Aroma

Dalam masakan, kunyit turut memberikan aroma rempah yang khas dan dapat menutup bau yang tidak pada daging. Kunyit Beraroma ringan dan memiliki aroma kombinasi jeruk dan jahe. Memiliki rasa pedas dan pahit. Sangat pas untuk menutupi bau amis atau prengus dari daging kambing dan seafood.

2. Pemberi Warna

Kunyit juga sering sekali dijadikan bahan alami pewarna kuning atau oranye pada masakan. Kandungan curcumin pada kunyit menghasilkan warna kuning yang cukup kuat. Karena itu perlu hati – hati saat mengolahnya, warna kuning yang menempel di jari tangan akan susah dihilangkan langsung.

3. Meningkatkan Imun dan Daya Tahan Tubuh

Senyawa curcumin yang ditemukan dalam kunyit memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan bahkan antioksidan kuat yang membantu memerangi bakteri, dan virus. Sehingga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, serta menjadi obat alami untuk meredakan berbagai penyakit ringan. Jadi, bukan hanya memberi warna cantik dan rasa sedap pada makanan, kunyit juga punya peran penting untuk kesehatan tubuh.

4. Mencegah Kram Menstruasi

Tinjauan ilmiah telah menyimpulkan bahwa bahan aktif curcumin yang ditemukan dalam kunyit berkualitas tinggi. Hal ini memiliki manfaat positif pada pencegahan dan pengobatan endometriosis. Molekul- molekul dalam kunyit juga dapat bekerja untuk menghilangkan rasa sakit bagi mereka yang menderita kram perut atau nyeri perut saat menstruasi.

5. Menghilangkan Radikal Bebas dalam Tubuh

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Curcumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya Selain itu, curcumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh Anda sendiri. Dengan cara itu, curcumin memblokir radikal bebas secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh Anda sendiri.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Curcumin dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda. Diketahui bahwa disfungsi endotel merupakan penyebab utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotelium Anda untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan fungsi endotel. Selain itu, curcumin mengurangi peradangan dan radikal bebas dalam tubuh (seperti yang dibahas di atas), yang juga berperan dalam penyakit jantung.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi