Penulis: Nia Happy

Tekstur ikan mas yang lembut membuat ikan air tawar yang satu ini cocok diolah menjadi pepes ikan mas atau gulai ikan mas. Tapi hati-hati ketika mengkonsumsi ikan ini. Meskipun gurih dan lezat. Namun, harus teliti dalam memisahkan duri-durinya yang sangat halus dan berjumlah banyak hingga ke dalam lapisan dagingnya. Nah berikut ini beberapa menu masakan ikan mas yang bisa Anda coba bikin di rumah!

1. Arsik Ikan Mas

Arsik ikan mas batak

Ikan mas berbumbu kuning khas Batak ini sangat istimewa, memadukan aneka rempah dan bahan unik seperti andaliman, asam patikala, bunga kecombrang, serta lokio (daun bawang batak). Untuk membuatnya tidak terlalu sulit kok!

Pertama bersihkan isi perut ikan mas dan buang insangnya. Sisik ikan tidak usah dibersihkan. Cuci bersih ikan, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit. Masukkan sedikit bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari; cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, serai, dan garam ke dalam perut ikan. Masukkan juga sedikit kacang panjang ke dalamnya.

Siapkan kuali. Susun serai, lengkuas, asam gelugur, asam cekala, bunga kecombrang, dan andaliman di dasar kuali. Letakkan ikan mas di atasnya. Tuang sisa bumbu halus dan ratakan. Tuang air hingga menutupi ikan (hingga ikan terendam seluruhnya).

Tutup kuali lalu masak dengan api kecil-sedang. Ketika air berkurang setengahnya, masukkan daun bawang batak/lokio dan sisa kacang panjang. Tutup kuali lagi dan lanjutkan masak. Koreksi rasanya. Masaklah hingga air mengering selama kurang lebih 2 jam. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Arsik Ikan Mas

2. Pepes Ikan Mas Khas Sunda

pepes ikan

Selain digoreng, ikan mas juga cocok diolah menjadi pepes. Menu khas Sunda ini memiliki rasa yang sedap penuh dengan bumbu. Selain itu, tekstur dagingnya juga lembut dan bumbu yang meresap.

Pertama belah ikan menjadi 2 bagian namun, jangan sampai putus. Buang sisik dan dalaman perutnya. Cuci bersih ikan dengan air mengalir. Beri beberapa guratan di badan ikan. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan meresap dan sisihkan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, garam, dan gula yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga wangi. Matikan apinya.

Masukkan ikan ke dalam tumisan bumbu. Lumuri seluruh bagian ikan dengan bumbu hingga merata. Ambil daun pisang. Tata ikan bersama daun salam, serai, rawit, tomat, daun kemangi, dan daun bawang. Taruh semua sisa tumisan bumbu di atasnya. Bungkus dengan rapi, semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus pepes dengan api sedang selama 1 jam 30 menit. Angkat.

Panaskan wajan datar dan panggang pepes selama kurang lebih 10 menit, sambil dibolak-balik hingga daun pisangnya kering. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Pepes Ikan Mas Khas Sunda

3. Gulai Ikan Mas

Gulai merupakan salah satu masakan berkuah khas Nusantara. Kuah gulai yang penuh rempah dan kental berpadu dengan tekstur ikan mas yang lembut dan gurih. Agar ikan tidak hancur, anda harus mengaduknya secara perlahan.

Cuci ikan sampai bersih. Lumuri ikan dengan jeruk nipis diamkan selama 30 menit. Goreng ikan mas setengah matang, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas dan garam. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun kunyit, daun jeruk, dan asam kandis. Aduk rata. Tuang santan. Masak hingga santan mendidih. Masukkan ikan, masak hingga matang dan meletup-letup. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Gulai Ikan Kakap

4. Ikan Mas Bakar Sambal Pencit

Ikan memang paling enak dibakar dengan beragam bumbu, apalagi dengan tambahan sambal mangga muda yang asem dan segar. Yuk coba!

Haluskan bumbu ikan bakar, pertama-tama baluri dengan jeruk nipis. Kemudian haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit bakar, kemiri bakar, dan garam. Balurkan ikan dengan bumbu halus. Tutup dalam wadah masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Setelah 15 menit, bakar ikan, olesi sisi ikan dengan mentega. Bakar hingga kedua sisinya matang. Angkat dan sisihkan.

Selanjutnya membuat sambal pencit. Haluskan cabe merah besar, cabe rawit, bawang putih, terasi bakar, gula merah, jeruk lemon dan minyak goreng. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tuang air jeruk lemon. Aduk rata hingga harum dan matang. Masukkan mangga muda yang diiris korek api. Beri garam dan gula. Aduk rata. Angkat.

Taruh ikan di atas daun, padukan dengan sambal pencit di atasnya. Ikan mas bakar siap dinikmati.

Baca Juga: Resep Ikan Bawal Bakar

5. Pesmol Ikan Mas

Masih bingung masak apa hari ini untuk berbuka bersama keluarga? Coba masak sepiringikan mas dengan bumbu pesmol. Bumbu berwarna kuning ini terbuat dari bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, jahe, dan bawang merah, dengan perpaduan cita rasa asam, gurih dan pedas.

Langkah pertama, bersihkan ikan buang sisik dan kotorannya. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Setelah itu, goreng sampai matang. Tumis cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, dan lada bersama daun salam, daun jeruk, dan serai hingga harum dan matang. Tuang air, masukkan cabai rawit merah, garam, kaldu bubuk, dan gula. Masak hingga meletup-letup. Masukkan ikan yang sudah digoreng. Aduk sebentar. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Pesmol Ikan Nila