Penulis: Windy | Editor: Ria

Lele adalah ikan air tawar paling banyak disukai. Selain rasanya gurih, harganya pun relatif murah dibanding ikan lainnya. Saking banyak yang menyukai, mudah sekali menemukan masakan lele.

Banyak warung makan memasak lele dengan cara paling mudah, yaitu digoreng. Selain digoreng kering lele juga bisa dijadikan banyak masakan lho, seperti dipadukan dengan saus atau sambal.

1. Pecak Lele

Pecak lele adalah menu khas Betawi. Penyajiannya, lele goreng diguyur dengan bumbu pecak yang segar dan nikmat.

Membuat sambal pecak sangat mudah. Kacang tanah goreng, jahe, bawang merah dan cabai dihaluskan dengan cara diulek. Kemudian, campur sambal dengan air panas dan siram di atas lele goreng.

Coba resep: Pecak Ikan Lele Praktis Sedap ala Betawi

2. Mangut Lele

Masakan ini paling populer di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Lele goreng atau lele asap dimasak dengan kuah santan kental lengkap dengan irisan cabai. Citarasa lele mangut, pedas dan khas karena ada tambahan kencur pada bumbu dasarnya.

Untuk membuatnya, tumis bumbu halus dengan daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum. Masukkan air dan santan lalu masukkan lele goreng atau asap, cabe iris dan tomat. Masak hingga bumbu mengental dan sajikan.

Coba resep: Mangut Lele Goreng Pedas Istimewa

3. Lele Balado

Selain ayam dan telur, lele juga bisa dimasak balado lho. Rasa lele balado sangat menggugah selera, pedas dan gurih. Lebih nikmat lagi kalau disajikan dengan nasi putih hangat.

Pertama, goreng lele yang sudah bersih hingga berwarna kuning kecoklatan. Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah. Lalu, tumis bumbu dengan ketumbar hingga harum. Masukkan lele, tambahkan lengkuas, gula, garam, dan air jeruk nipis. Masak lele hingga bumbu meresap.

4. Tongseng Lele

Jangan dikira hanya daging sapi, kambing, dan ayam yang bisa dijadikan tongseng. Lele pun bisa dimasak dengan bumbu tongseng. Berbeda dengan daging dan ayam, masak lele harus ekstra hati-hati karena tekstur daging yang lembut akan mudah hancur.

Goreng lele hingga matang lalu sisihkan. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum. Tuangkan air dan tambahkan kecap, gula, garam, dan merica. Saat bumbu mendidih, masukkan lele goreng. Aduk perlahan, tunggu air berkurang dan masukkan irisan kol lalu sajikan.

5. Lele Fillet Goreng Tepung

Selain ikan gurame dan ikan nila, ikan lele pun bisa dijadikan fillet goreng tepung. Tak kalah dengan menu lainnya, lele fillet goreng tepung pun sangat lezat. Buat adonan dari tepung terigu serbaguna dan air, aduk hingga tidak kental dan encer. Lalu masukkan potongan fillet ikan lele ke dalam adonan dan goreng ikan hingga agak kecoklatan.

Baca juga4 Tips Memasak Lele Tidak Amis & Bau Tanah

Cukup banyak juga ya kreasi olahan untuk ikan lele. Selain pecel lele ada 5 kreasi yang bisa dicoba supaya lele yang dihidangkan lebih bervariasi. Selamat mencoba!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi