Penulis : Niahappy

Berbicara tentang ikan salmon, identik dengan makanan jepang seperti salmon sashimi atau sushi yang biasa disajikan di restoran sushi. Meskipun salmon cenderung harganya mahal namun sebanding ketika dikonsumsi.

Ikan salmon punya citarasa daging yang sangat lembut dan gurih. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu memasaknya lama atau menggunakan racikan bumbu yang kompleks. Nah berikut ini beberapa resep ikan salmon enak, mudah dan hemat yang bisa Anda coba bikin di rumah.

1. Salmon Kani Mentai

Belakangan ini, tengah populer hidangan kekinian yang bertajuk mentai. Sajian ini terdiri dari nasi, irisan daging salmon dibakar setengah matang, dan dioles saus mentai yang bercitarasa asin gurih. Makanan ini terbilang cukup mahal harganya, karena dibandrol sekitar Rp.50.000an keatas lho. Padahal untuk membuatnya tidak sulit. Daripada Anda mengocek uang lebih untuk membelinya, yuk coba bikin sendiri ala rumahan.

Pertama campurkan nasi dengan kecap asin dan bubuk nori, aduk rata. Iris tipis salmon.rendam salmon dengan kecap asin, air perasan jeruk nipis dan blackpepper. Diamkan selama 30 menit.

Untuk saus mentai. Campurkan mayonaise, saos sambal, dan bubuk cabe. Koreksi rasa. Letakkan nasi di alumunium foil, ratakan. Tambahkan crab stick (sesuai selera), salmon, tuang saus mentai dan taburi nori di atasnya. Panggang dengan suhu 2000c selama 10 menit. Angkat tambahkan bubuk nori dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Chicken Katsu

2. Salmon Teriyaki

Membuat hidangan salmon tidak perlu menggunakan bumbu yang rumit. Cukup dengan saus teriyaki yang dipanggang sebentar makanan ini sudah menjadi makanan lezat dan menyehatkan.

Dalam wadah, aduk rata kecap manis, saus teriyaki, air perasan jeruk nipis, gula dan minyak. Lumuri ikan salmon dengan racikan saus hingga rata. Diamkan selama 30 menit di dalam kulkas. Panaskan pan atau wajan datar anti lengker. Panggang ikan salmon hingga matang di kedua sisinya. Angkat. panaskan sisa racikan saus hingga mengental. Angkat. Tuang saus di atas salmon dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Salmon Teriyaki

3. Sup Asam Pedas Kepala Ikan Salmon

Salah satu bagian terlezat dari ikan salmon adalah kepala, karena rasanya yang gurih, lembut dan ada bagian tulang lunak yang renyah dikunyah. Anda bisa memasaknya dengan kuah bening yang gurih dan segar seperti ini.

Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, laos, dan serai Masak hingga harum. Masukkan cabai rawit, cabai merah besar, cabai hijau dan daun jeruk. Aduk rata.

Tuang air, masukkan gula, garam dan kaldu jamur bubuk. Aduk hingga mendidih. Masukkan salmon, jamur coklat meji dan tomat. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Gulai Kepala Ikan Kakap

4. Salmon Panggang Saus Madu Lemon

Sajian lezat dan mewah ala restoran ini bisa Anda coba bikin sendiri di rumah, yuk buat!

Dalam wadah, masukkan kecap asin, air lemon, madu, brown sugar, bawang putih halus, dan mentega asin. Aduk rata. Rendam salmon dalam wadah saus. Diamkan di kulkas selama 2 jam.

Panaskan sedikit minyak zaitun dengan api sedang. Panggang salmon yang sudah dimarinasi hingga setengah matang di kedua sisinya. Kecilkan api. Tuang saus madu lemon. Masak sebentar. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Chicken Steak Brown Sauce

5. Nasi Goreng Ikan Salmon

Nasi goreng memang paling enak ditambah dengan irisan daging sapi, ayam, cumi hingga ikan salmon. Nah resep nasi goreng kali ini menggunakan ikan salmon sebagai pelengkapnya. Selain rasanya yang enak makanan ini juga mengandung banyak protein dari ikan salmon.

Pertama lumuri salmon dengan air perasan jeruk nipis, lada, dan garam. Diamkan selama 30 menit. Panaskan sedikit minyak dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah. Masak hingga harum.

Masukkan salmon, tambahkan garam, lada, gula, kecap asin dan kecap manis, masukkan nasi. Aduk rata. Koreksi rasanya, angkat dan sajikan bersama telur mata sapi setengah matang.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Gila

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi