Penulis : Niahappy

Ikan patin bertekstur bak selembut sutra. Selain lembut ikan ini juga memiliki rasa yang gurih dan kaya akan lemak tak jenuh sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kadar kolestrol baik dalam tubuh. Karena rasanya yang gurih dan memiliki banyak manfaat banyak olahan ikan patin dengan berbagai macam bumbu. Nah berikut ini sajian ikan patin yang enak, praktis dan tentunya sehat yang bisa Anda coba di rumah:

1. Fish and Chips

fish and chips

Sajian fish and chips tak melulu menggunakan ikan dory sebagai bahan utama. Anda bisa menggunakan ikan patin yang mempunyai tekstur serupa dengan harga jauh lebih murah. Fish and chips memiliki cita rasa yang gurih dipadukan lembutnya ikan patin dan renyahnya kentang goreng. Selain chips (french fries atau wedges), Anda juga bisa membuat mashed potato sebagai alternatif  lain.

Lumuri (marinasi) ikan dengan air perasan jeruk, garam, dan lada. Diamkan selama 15 menit. Siapkan wadah terpisah untuk tepung terigu dan tepung roti. Siapkan juga kocokan telur dalam satu wadah. Lumuri ikan dengan tepung terigu. Celupkan dalam kocokan telur. Lalu baluri dengan tepung roti sambil ditekan-tekan agar tepung menempel sempurna di seluruh permukaan ikan. Panaskan banyak minyak di penggorengan. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Chips. Potong kentang jadi tipis. Dalam wadah, masukkan garlic powder, black pepper, oregano bubuk dan cabe bubuk. Kemudian masukkan kentang dan tuang minyak zaitun dalam wadah bumbu. Aduk rata. Panggang dalam oven selama 20-45 menit.

Saus tartar. Campurkan mayones dengan air perasan lemon dan bubu parsley. Aduk rata. Fish and Chips saus tartar sudah siap disajikan.

Baca Juga : Resep Fish and Chips

2. Resep Asem Padeh Ikan Patin

Asam padeh ikan patin segar

Tidak semua masakan khas Minang itu selalu identik bersantan lho. Jika ingin menikmati sajian yang pekat berbumbu namun segar, Anda harus coba asam padeh atau asam pedas ini. Pemilihan ikan patin yang lembut dan kenyal ini sangat cocok dipadukan dengan bumbu asam pedas. Yuk coba buat sendiri di rumah.

Cuci ikan sampai bersih. Marinasi dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas kembali hingga bersih. Sisihkan. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus bersama serai, jahe, lengkuas dan daun kunyit hingga harum.

Masukkan ikan patin. Aduk perlahan hingga berubah warna. Tambahkan asam kandis, cabai merah dan tomat hijau. Tuangkan air. Aduk dan masak hingga kuah mengentan dan matang. Angkat. Asem padeh ikan patin siap disajikan.

Baca Juga : Resep Asem Padeh Ikan Patin

3. Sup Ikan Patin

Sup ikan patin dapat menjadi alternatif yang baik karena kaya akan gizi. Ikan patin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Dalam wadah, lumur ikan patin dengan air jeruk nipis, garam, dan merica. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, lengkuas, serai dan daun salam hingga wangi. Masukkan saus tiram, aduk sebentar.

Tuang air aduk dan masak hingga mendidih. Masukkan ikan patin beserta air jeruk bekas lumurannya. Masukkan wortel dan bunga kol. Masak hingga sayurannya agak matang dan empuk. Tambahkan garam, gula dan merica. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan tomat hijau, cabai merah, cabai rawit, daun bawang, daun seledri, dan daun kemangi. Aduk perlahan sampai tomat agak layu. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Sup Ikan Patin

4. Pindang Patin

pindang ikan patin

Hidangan ikan dari palembang yang juga lezat selain pempek adalah pindang patin. Sajian kuah berbumbu kuning ini menjadi favorit keluarga, karena tekstur daging ikan patin yang lembut tanpa serat semakin lezat dengan gurihnya kuah bumbu kuning.

Potong-potong dan cuci ikan hingga bersih. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Tumis bumbu cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit bakar, dan terasi bakar yang sudah dihaluskan bersama sampai harum. Masukkan serai, lengkuas, jahe, cabe rawit utuh, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata dan masak hingga layu.

Tuangkan air, masak hingga mendidih. Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis. Aduk rata. Masukkan ikan patin, masak hingga mendidih kembali. Tambahkan potongan nanas dan tomat. Biarkan hingga ikan matang dan kuah sedikit menyusut. Koreksi rasanya. Terakhir, masukkan daun kemangi. Angkat. Siap disajikan

Baca Juga Resep Pindang Patin

5. Ikan Patin Bumbu Kuning

ikan patin bumbu kuning

Perpaduan aneka bumbu dan rempah seperti kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan serai, akan mampu menyeimbangkan cita rasa ikan patin yang sering berbau ‘khas’ dan bertekstur sangat lembut ini. Untuk membuatnya tidak sulit lho.

Pertama lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sesaat. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bawang merah, bawang putih, serai, kemiri, kunyit, dan lengkuas hingga wangi. Masukkan serai dan aduk. Tuangkan air dan aduk rata. Masukkan ikan patin, aduk perlahan hingga ikan terbalur dengan bumbu. Tambahkan gula dan garam. Koreksi rasanya. Masak hingga ikan matang. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ikan Patin Bumbu Kuning

6. Ikan Patin bumbu Asam Pedas

Ikan patin bumbu asam pedas memang nikmati dipadukan dengan nasi hangat.  Hidangan kuah asam yang gurih dan pedas ini begitu menggoda sulit untuk ditolak. Yuk coba bikin sendiri!

Pertama bersihkan dan potong-potong ikan. Lumuri dengan perasan jeruk nipis. Diamkan selama 20 menit. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan cabe kering. Tumis bumbu halus bersama serai sampai harum. Masukkan ikan. Aduk rata. Tuang air, sampai ikan terendam. Beri garam, gula, air asam jawa, dan potongan cabai. masak hingga matang. Angkat dan sajikan.