Penulis: Niahappy

Daun singkong sangat cocok disantap dengan nasi hangat, lauk bersantan, atau jenis lauk lainnya. Untuk memasaknya pilih daun singkong muda agar lebih empuk, enak, dan lebih cepat matang saat direbus.

Selain rasanya yang lezat, daun singkong ternyata juga menyehatkan lho. Daun singkong memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh, seperti zat besi, vitamin A dan B1, serat, dan protein sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh.

Biasanya masakan olahan singkong cenderung monoton dan membosankan, tapi jangan khawatir berikut olahan masakan singkong yang enak, lezat, dan menyehatkan yang bisa Anda coba di rumah!

1. Gulai Daun Singkong

Gulai daun singkong pedas

Daun singkong dimasak bumbu gulai, berkuah santan encer, dan bercitarasa gurih dan pedas ini semakin sedap dengan taburan teri medan goreng renyah di atasnya.

Didihkan air lalu beri 1 sdt garam. Rebus daun singkong sampai matang. Angkat dan tiriskan. Peras airnya lalu iris kasar. Sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, cabe rawit, lengkuas, serai, dan daun salam hingga harum dan matang.

Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak hingga mendidih. Masukkan daun singkong. Biarkan mendidih lagi sambil sesekali diaduk. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Gulai Daun Singkong

2. Rolade Tahu Daun Singkong

Rolade tahu daun singkong praktis

Tahu putih dihancurkan lalu diaduk dengan bumbu-bumbu, untuk kemudian digulung bersama daun singkong rebus. Gulunan rolade akan dikukus hingga matang lalu diiris dan digoreng dalam balutan telur hingga kecokelatan. Sajian tahu goreng Anda pun jadi lebih istimewa, menarik, dan, menggugah selera.

Didihkan air dalam panci dan beri sedikit garam. Rebus daun singkong sampai matang dan empuk. Angkat dan tiriskan. Peras daun singkong hingga kering. Sisihkan. Dalam wadah, campur tahu dengan bawang putih, ketumbar, lada, gula, garam, daun bawang, dan telur. Aduk rata. Siapkan selembar aluminium. Taruh daun singkong di atas tahu dan ratakan lebarnya.

Gulung rolade secara perlahan (seperti menggulung sushi) sambil dipadatkan. Bungkus dengan aluminium foil. Puntir atau rapatkan di kedua ujungnya. Kukus gulungan rolade selama 20 menit hingga matang. Angkat dan keluarkan gulungan rolade, biarkan hingga benar-benar dingin supaya tidak hancur.

Buka bungkusan aluminium dari rolade dan potong-potong. Panaskan banyak minyak di wajan. Siapkan bahan pencelup yaitu kocokan telur. Celupkan tiap potongan rolade dalam telur lalu goreng hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga : Resep Rolade Tahu Daun Singkong

3. Bobor Daun Singkong

Cuci bersih daun singkong lalu kepal-kepal daun singkong membentuk bulatan kemudian cincang halus dan sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri. Panaskan sedikit minyak.

Tumis bumbu halus, tambahkan lengkuas dan daun salam. Tumis hingga harum dan tambahkan air, gula, dan garam secukupnya. Biarkan sampai mendidih. Masukkan daun singkong yang sudah dicincang halus, aduk rata. Masukkan santan dan aduk rata, koreksi rasanya. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

4. Buntil Daun Singkong

Rebus daun singkong hingga empuk kurang lebih 20 menit. Bentuk bulat-bulat daun singkong sesuai selera, sisihkan. Haluskan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kunyit bakar, kemiri, ebi, garam, gula merah, kaldu ayam, dan pala. Panaskan sedikit minyak sayur, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan santan, tunggu hingga mendidih. Masukkan gulungan daun singkong satu persatu hingga habis, aduk rata. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

5. Tumis Daun Singkong

Goreng teri medan hingga garing, sisihkan. Kemudian rebus daun singkong sampai matang, lalu potong sesuai selera. panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai hijau sampai harum. Masukkan saus tiram, gula, dan cabai hijau sampai harum. Tambahkan saus tiram, gula, dan garam. Masukkan teri medan yang sudah digoreng dan daun singkong yang sudah direbus, aduk rata. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

Baca Juga : Resep Tumis Bokcoy

6. Urap Daun Singkong

Hidangan ini terbuat dari rebusan berbagai macam sayur, yang dicampur dengan bumbu kelapa parut. Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya sehingga mengeluarkan aroma dan rasa kencur yang kuat. Sayuran yang biasa digunakan seperti kacang panjang, kecipir, tauge, daun singkong, kol, dan masih banyak lagi. Tentunya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Cuci bersih sayuran dan potong sesuai selera. Kemudian rebus dalam air mendidih, masukkan sedikit garam ke dalam rebusan. Angkat dan sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kencur, daun jeruk, garam, gula, dan terasi, sisihkan. Parut kelapa kemudian campurkan dengan bumbu halus, lalu kukus selama 20 menit. Angkat. Campur merata bumbu kelapa dan sayuran. Sajikan segera.

Baca Juga : Resep Urap Sayur