Penulis : Atsa

Sejak kecil kita sudah akrab dengan kacang hijau. Ibu kita sering sekali memberikan hidangan dari kacang hijau karena memang kacang yang satu ini punya banyak nutrisi penting bagi pertumbuhan dan kesehatan lainnya.

Jika Anda juga ingin menyajikan kacang hijau pada Anak, supaya tidak membosankan, berikut 6 resep sajian lezat dari kacang hijau yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Mulai dari resep bubur, minuman, bahkan kue, pasti tidak membosankan. Berikut daftarnya.

1. Bubur Kacang Hijau

bubur kacang hijau praktis

Bubur kacang hijau yang manis legit sangat nikmat dijadikan menu sarapan atau sajian selingan. Dessert khas Indonesia yang satu ini biasa disajikan hangat, namun juga lezat disajikan dingin.

Bahan-bahan untuk membuatnya begitu murah dan sederhana. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk sajian keluarga.

Membuatnya sangat mudah, dimulai dengan mendidihkan air, lalu rebus kacang hijau di air panas hingga kacang hijau merekah. Lanjutkan dengan menuang santan, garam, dan gula pasir. Supaya lebih nikmat dan wangi, Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula jawa. Masukan juga dan pandan sebagai esense aroma alami. Masak hingga mendidih dan menjadi bubur.

Baca Juga : Resep Bubur Kacang Hijau

2. Sari Kacang Hijau

Siapa yang tak tahu manfaat minuman sari kacang hijau. Sering juga dijual di pinggir jalan, tapi apakah memang murni dan bersih? Kalau membeli minuman kemasan kacang hijau di supermarket, padahal bisa buat sendiri di rumah dengan modal yang sangat terjangkau.

Jadi, coba buat sendiri saja di rumah, bisa minum banyak untuk seluruh keluarga. Tentunya juga lebih terjamin kebersihannya.

Untuk membuatnya, cuci dahulu kacang hijau sampai bersih lalu rendam semalam hingga mengembang. Hal tersebut dilakukan supaya saat direbus, kacang hijau mudah lunak.

Esok harinya, cuci bersih kembali kacang hijau lalu rebus hingga empuk dan lembut. Matikan kompor, dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin, blender sampai halus. Lalu, saring dengan kain putih tipis. Buang ampasnya.

Masak kembali sari kacang hijau tersebut. Berikan gula, daun pandan, dan jahe secukupnya. Aduk terus, jangan sampai pecah. Setelah gula tercampur dan sari kacang hijau wanginya keluar, matikan kompor. Tunggu dingin dan kacang hijau siap disajikan.

3. Puding Kacang Hijau

Siapa tak suka lembut kenyalnya puding? Membuat puding kacang hijau bisa jadi pilihan sehat untuk selingan sore keluarga Anda.

Untuk membuatnya, rebus kacang hijau dengan air sampai empuk. Taruh daun pandan juga dalam rebusan supaya puding lebih wangi. Setelah kacang hijau empuk, matikan api dan buang daun pandannya.

Saring dan sisihkan dahulu ampas kacang hijau tersebut. Kemudian, campurkan santan dengan sisa air rebusan kacang hijau tadi. Tambahkan agar-agar dan gula pasir.

Masukkan kembali kacang hijau, dan masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Tuang ke dalam cetakan puding dan biarkan mengeras.

Anda bisa menambahkan saus gula merah supaya lebih nikmat. Cukup lelehkan gula merah dengan air sampai mendidih, lalu tambahkan larutan maizena untuk pengental saus. Sajikan bersama puding kacang hijau.

4. Es Mambo

Yang satu ini pasti disukai anak Anda. Es mambo kacang hijau. Membuatnya juga mudah, lho.

Cuci bersih dan rendam kacang hijau semalaman supaya kacang hijau lembut saat dimasak. Esok harinya, rebus kacang hijau sampai dengan air sampai merekah sempurna. Masukkan santan dan pandan, tambahkan garam dan gula. Aduk terus sampai mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, aduk lagi sampai mengental. Matikan kompor, buang daun pandan dan dinginkan.

Setelah dingin, masukkan bubur kacang hijau ke dalam plastik es mambo menggunakan corong, ikat ujung plastik. Simpan dalam kulkas, setelah beku es mambo siap dinikmati.

5. Onde – Onde

Kacang hijau juga sangat nikmat dijadikan isian aneka kue dan makanan tradisional. Salah satunya onde-onde. Coba buat onde-onde di rumah, yuk.

Kulit onde-onde dibuat dari campuran tepung ketan dan kentang halus, yang diberi gula dan diuleni dengan air hangat. Setelah adonan dapat dibentuk, adonan dipipihkan lalu diberi isian kacang hijau yang telah direbus hingga empuk dan dihaluskan.

Tutup dan bulatkan adonan hingga isiannya tertutup. Celupkan cepat onde onde dalam air yang direbus, lalu gulingkan ke biji wijen. Setelah semua adonan dilapisi biji wijen, adonan siap untuk digoreng. Nah, untuk resep lengkapnya cek juga resep onde-onde dari Resep Koki.

Baca Juga : Resep Onde – Onde

6. Bakpia

bakpia jogja

Selain onde-onde, kacang hijau juga bisa dijadikan isi bakpia. Yang perlu dilakukan pertama yaitu buat kulit bakpianya dahulu.

Campur tepung terigu protein sedang, minyak, air, gula halus, dan sedikit garam. Uleni hingga rata dan kalis. Setelah kalis, tambahkan kembali tepung terigu sedikit demi sedikit hingga teksturnya lembut lembab seperti adonan kue kering.

Bagi adonan, gilas dengan roller. Lipat adonan, kemudian gilas kembali. Ulangi proses melipat dan menggilas ini sebanyak 3 kali. Beri isian dengan rebusan kacang hijau yang sudah dilembutkan, lalu bentuk bulat dan pipihkan.

Panggang di atas teflon yang sudah dipanaskan, sambil sedikit dipipihkan atau ditekan. Tutuplah teflon selama memanggang. Setelah satu sisi dirasa matang, balik lagi ke sisi satunya, panggang dan tutup kembali. Setelah bakpia matang dan berwarna keemasan, angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bakpia Teflon