Penulis : Atsa

Cumi asin merupakan cumi segar yang dikeringkan supaya awet di suhu ruang sekalipun. Cumi asin diawetkan menggunakan garam. Umumnya yang mudah ditemukan di supermarket yaitu cumi asin telur.

Rasanya yang gurih asin banyak disukai masyarakat juga. Cukup digoreng dan dimakan dengan nasi hangat, sudah nikmat dan praktis.

Namun, supaya tidak membosankan, cumi asin semakin lezat jika diolah dengan berbagai bumbu pilihan. Berikut kami sajikan 7 ide resep untuk mengolah cumi asin semakin lezat

1. Cumi Asin Cabai Hijau

cumi asin cabe hijau pedas

Asin pedasnya cumi asin cabai hijau memang begitu menggoda. Supaya tidak terlalu asin, pertama-tama rendam cumi terlebih dahulu dalam air panas selama 30 menit. Cuci cumi, potong-potong setebal 1 cm.

Iris-iris bawang merah, bawang putih dan tomat. Potong besar cabai hijau, memarkan lengkuas dan jahe.Tumis irisan bumbu, cabai hijau, lengkuas, jahe dan daun salam hingga wangi. Masukan cumi asin, aduk rata. Tambahkan air kaldu, saus tiram, dan kecap manis. Masak hingga matang dan bumbu terserap.

Baca Juga : Cumi Asin Cabai Hijau

2. Cumi Asin Petai Pedas

Cumi asin bertemu renyahnya petai pedas, siapa tak tergoda? Buat sendiri saja di rumah. Rendam cumi dalam air panas hingga mengembang. Potong cumi menjadi dua bagian.

Iris-iris bumbu yaitu bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Belah petai menjadi dua bagian. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit hingga harum. Masukan daun jeruk, batang serai, dan cumi. Tambahkan sedikit air kaldu atau air biasa, aduk hingga merata.

Tambahkan merica bubuk, sedikit garam dan gula. Meski direndam, cumi asin masih meninggalkan rasa asin. Jika rasa asin dari cuminya sudah cukup, tidak perlu menambahkan garam. Tambahkan 2 sendok makan minyak goreng, masukkan pete. Aduk merata, masak hingga matang. Siap dihidangkan.

3. Nasi Bakar Pedas Cumi Asin

nasi bakar cumi

Kombinasi cumi asin dalam nasi bakar pedas juga tak kalah nikmat. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas geprek dan cabai sampai harum. Masukan tomat, daun salam dan cumi asin, tambahkan gula dan sedikit garam, aduk rata. Masak sampai empuk dan matang. Koreksi rasanya. Siap digunakan sebagai isian nasi bakar.

Untuk resep lengkapnya, dan bagaimana cara membuat nasi bakar yang gurih dan nikmat, cek resepnya di bawah ini.

Baca Juga : Nasi Bakar Pedas Cumi Asin

4. Cah Kangkung Cumi Asin

Potong cumi menjadi dua bagian. Cuci bersih cumi asin, lalu goreng dengan sedikit minyak. Tiriskan.

Haluskan bawang merah, bawang putih, terasi bakar, dan cabai rawit merah. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang.

Masukan kangkung yang sudah dicuci bersih dan dipetik dalam bumbu tumis. Masak hingga layu. Tambahkan air, masukan cumi asin. Tambahkan irisan cabai dan tomat. Beri sedikit gula, masak hingga matang dan cek rasanya.

Cumi asin sudah mengandung garam, namun jika rasanya mungkin kurang asin pada masakan, Anda bisa menambahkan sedikit garam.

5. Tumis Tahu Cumi Asin

Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai. Geprek jahe dan lengkuas. Tumis semuanya hingga harum, tambahkan daun jeruk dan daun salam. Masukan tahu dan cumi asin, tambahkan air. Bumbui dengan kecap manis, masak hingga matang dan cek rasanya.

Tambahkan potongan tomat hijau sebagai penyegar sebelum disajikan. Supaya lebih sedap, Anda bisa menambahkan satu sendok makan minyak wijen dalam masakan.

6. Cumi Asin Goreng Garing

Rendam cumi 30 menit dalam air panas untuk mengurangi asinnya. Cuci kembali cumi dalam air mengalir, tiriskan.

Dalam wadah, siapkan campuran tepung terigu, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Campur rata. Setelah itu, taburi tepung terigu pada cumi asin. Guling-gulingkan sampai cumi terbalut rata.

Panaskan minyak dengan api kecil, goreng cumi hingga matang. Cumi asin kriuk ini pasti disukai keluarga Anda. Sajikan juga dengan sambal cocol.

Baca Juga : Tips Memilih dan Menyimpan Cumi