Penulis : Atsa

Ikan nila banyak digemari masyarakat karena sumber protein ini harganya yang tergolong murah. Sayangnya daging ikan nila sebenarnya tidak memiliki rasa yang spesial.

Namun, jika Anda tepat dalam memilih resep untuk mengolahnya. Sajian murah meriah ini bisa jadi spesial dan disukai keluarga Anda.

Berikut kami sajikan 6 sajian lezat ikan nila yang bisa Anda coba di rumah.

1. Pangek Ikan Nila

pangek ikan nila segar minang

Pangek adalah salah satu bumbu khas Sumatra yang memiliki padanan rasa asam pedas bersantan yang nikmat. Bumbu pangek memiliki rasa kuat yang bisa membuat ikan nila menjadi istimewa.

Bersihkan ikan nila. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Sisihkan dan diamkan 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, dan garam secukupnya. Panaskan minyak, tumis cabai dan bumbu halus hingga matang. Tambahkan santan, serai, daun jeruk, asam kandis. Masak sambil terus diaduk sampai mendidih. Jangan sampai pecah, ya.

Setelah bau langu bumbu berkurang, masukan ikan nila. Masak hingga bumbu asat sambil diaduk perlahan dengan api kecil. Setelah matang sempurna, angkat.

Baca Juga : Resep Pangek Ikan Nila

2. Ikan Nila Bakar

ikan nila bakar sedap

Salah satu menu andalan di rumah-rumah makan yaitu ikan bakar. Jika Anda punya alat pemanggang arang, Anda bisa membuat ikan nila bakar sendiri di rumah.

Ikan nila yang diberi bumbu rempah-rempah dan kecap lalu dibakar ini rasanya begitu gurih manis meresap, dan sulit ditolak oleh lidah.

Untuk membuatnya, pilih ikan nila yang segar. Bersihkan ikan dari sisik dan cuci bersih. Lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan 15 menit. Setelah itu, bilas kembali dengan air mengalir.

Haluskan bawang merah, bawang putih, gula merah, dan jahe. Campurkan bumbu halus dengan kecap manis, saus tomat, dan sedikit minyak. Lumuri ikan dengan bumbu tersebut, diamkan dahulu 30 menit.

Panggang ikan, sambil sesekali dioles bumbu. Bolak balik beberapa kali hingga matang merata. Angkat dan sajikan dengan sambal kesukaan Anda.

Baca Juga : Resep Ikan Nila Bakar

3. Sop Ikan Nila

Ingin yang segar-segar? Sup ikan bisa jadi pilihan. Cuci bersih ikan nila, lalu potong per ekor menjadi 3 bagian. Lumuri ikan nila dengan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas lagi dengan air bersih.

Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Tumis bumbu halus dengan daun salam dan serai hingga wangi.

Rebus air hingga mendidih, masukan tumisan bumbu dan ikan nila. Beri gula dan garam, rebus hingga matang.

Setelah ikan matang tambahkan beberapa cabai utuh dan tomat sebagai penyegar. Jika Anda suka sedikit asam, bisa juga tambahkan sedikit larutan asam jawa. Koreksi rasanya, sajikan hangat-hangat.

4. Pecak Ikan Nila

Sudah pernah makan ikan bumbu pecak? Ikan pecak merupakan hidangan khas betawi. Berbagai ikan bisa digunakan. Untuk ikan nila, bumbu ini juga sangat tepat digunakan supaya rasa ikan nila menjadi gurih meresap.

Ikan yang sudah dibersihkan, dilumuri jeruk nipis dan dibilas lagi untuk menghilangkan bau amis. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu halus dari bawang putih, kunyit, ketumbar, dan garam. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap. Goreng ikan dalam minyak panas. Setelah kering dan keemasan, tiriskan. Setelah minyak turun, taruh ikan di atas piring saji.

Siapkan bumbu pecak. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, temu kunci, cabai, dan kemiri yang sudah disangrai.

Tumis bumbu pecak bersama daun jeruk serai. Tambahkan tomat, tuang air dan larutan asam jawa. Beri bumbu gula dan garam. Masak hingga mendidih dan mengental, koreksi rasanya.

Siram dengan bumbu pecak di atas ikan nila goreng. Beri kucuran air jeruk nipis supaya lebih sedap. Siap disajikan.

5. Sop Pucung Ikan Nila

Di berbagai warung makan sekitar Jawa Barat. Hidangan sop pucung mudah sekali ditemukan. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai bumbu spesial untuk olahan ikan nila.

Hidangan ini berwarna gelap karena menggunakan kluwak. Meski warnanya gelap pekat, rasanya sangat nikmat, lho. Keluarkan isi kluak, rendam dengan air hangat. Sisihkan.

Cuci bersih ikan nila, lalu rendam dengan air jeruk nipis dan garam selama 15 menit. Kemudian, cuci kembali hingga bersih. Goreng ikan nila hingga matang dan agak kering.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, lengkuas, kunyit bakar, dan kemiri yang sudah disangrai.

Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Masukan kluwak yg sudah direndam air hangat. Setelah mendidih masukan daun jeruk, daun salam, serai, cabe rawit merah utuh. Bumbui dengan  garam dan gula.

Tambahkan air jika bumbu terlalu kental. Koreksi rasanya. Masukan ikan nila yang sudah digoreng. Masak sebentar sampai mendidih, lalu angkat dan hidangkan dengan bawang goreng. Sajikan.

6. Pesmol Ikan Nila

pesmol ikan nila

Bersihkan ikan nila dan lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Panaskan minyak kemudian goreng ikan nila deep frying sampai coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Tumis bumbu halus dari lengkuas, serai, dan daun salam hingga harum dan matang. Tambahkan air kaldu atau air biasa. Masukan cabai rawit, garam, dan gula, koreksi rasanya.

Masukkan ikan nila, masak sampai bumbu asat dan meresap. Koreksi lagi rasanya, angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Pesmol Ikan Nila