(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Meskipun memasak cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja, tapi tetap saja ada beberapa tips dan trik yang harus diterapkan agar hasil masakan anda lezat sempurna. Seperti bahan apa saja yang tidak boleh dimasak bersamaan, teknik memasak pada setiap bahan makan, dan lain-lain. Saya sendiri butuh waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari hal tersebut.

Sedikit demi sedikit saya mulai tahu apa yang harus atau tidak boleh dilakukan. Salah satu yang baru saya ketahui akhir-akhir ini yaitu ternyata ada beberapa bahan (dan bumbu masak) yang sebaiknya dimasukkan terakhir saat dimasak. Apa saja? Cek infonya di bawah ini!

1. Irisan daun bawang

Selain warnanya yang cerah, daun bawang juga memiliki rasa yang renyah dan menyegarkan. Namun daun bawang termasuk ke dalam sayuran yang mudah layu. Jadi pastikan anda memasukannya pada tahap terakhir memasak agar tekstur dan rasanya tetap terjaga. Seperti pada masakan sop dan soto.

Pengecualiannya adalah ketika anda memakai daun bawang untuk diambil citarasa maksimalnya dalam kaldu atau kuah. Biasanya daun bawang akan dimasukkan utuh tanpa diiris di awal pemasakan dan tidak ikut untuk disajikan.

2. Irisan seledri

Sama seperti daun bawang, seledri juga memiliki warna hijau cerah dan rasa yang segar. Tak hanya itu, seledri juga memiliki aroma khas yang bisa membangkitkan selera makan. Nah, agar warna seledri tetap cantik dan tektsturnya tetap renyah, pastikan anda memasukkan seledri terakhir ya saat memasak atau sesaat sebelum disajikan. Seperti saat memasak bihun goreng dan bakso malang.

3. Tomat

Tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan manis yang menyegarkan. Terutama jika ditambahkan ke dalam tumis atau sup. Iris tomat jadi beberapa bagian, lalu masukkan terakhir sebelum api dimatikan. Saat disantap, tomat pun masih terasa segar dan bertekstur. Cara ini bisa anda ikuti saat memasak cumi asin cabai hijau dan kangkung saus tiram.

4. Daun melinjo

Siapa sih yang tidak suka sayur lodeh dan sayur asam? Sayur berkuah santan yang gurih dan segar  memang sulit untuk diabaikan. Nah, salah satu bahan yang wajib ada dalam keduanya yaitu daun melinjo. Meski tidak memiliki citarasa yang kuat, daun melinjo ini jadi ciri khas yang tidak bisa ditinggalkan.

Daun melinjo yang lezat disantap yaitu yang masih muda berwarna hijau segar dan berdaun tipis. Karena sudah empuk, maka pastikan anda memasukkan daun ini terakhir kali saat memasak sayur lodeh, sayur asem, dan pindang daging kudus.  

5. Minyak wijen

Jika suka chinese food atau japanese food, pasti anda sudah tidak asing dengan citarasa minyak wijen ini. Minyak wijen ini memberikan rasa sekaligus aroma yang sangat khas. Sudah bukan rahasia lagi bila minyak wijen paling sedap ditambahkan terakhir kali saat memasak, dengan takaran sedikit saja. Seperti pada tumis baby buncis, nasi tim ayam, dan nasi bakmoy.

Sekarang anda sudah tahu dong bahan makanan apa saja yang sebaiknya dimasukkan terakhir kali saat memasak? Dengan sedikit saja perubahan timing, masakan anda pun jadi lebih istimewa dan lezat.