Penulis: Windy

Membekukan makanan menjadi pilihan saya ketika banyak bahan makanan yang tersisa. Saat akan menyantapnya, makanan dikeluarkan dari lemari freezer, kemudian dicairkan dan dimasak.

Namun, kadang setelah dicairkan masih saja ada sisa makanan yang sayang untuk dibuang dan dimasukkan kembali ke dalam freezer. Padahal, ternyata ada beberapa makanan dan bahan makanan yang tidak disarankan untuk dimasukkan kembali ke dalam freezer setelah dicairkan, lho.

1. Daging sapi, daging unggas dan ikan mentah

Daging beku yang sudah dicairkan sebaiknya tidak dibekukan kembali. Jika daging dibekukan kembali, kualitas serat daging akan rusak, sebab proses pencairan sebelumnya telah menghilangkan air dalam daging dan menyebabkan daging menjadi kering dan keras. Selain itu, risiko munculnya bakteri yang akan menyebabkan daging berubah warna dan memiliki bau tidak sedap juga mungkin terjadi.

Untuk menghindari pembekuan kembali, simpan daging-daging secara per porsi. Bisa dimasukkan ke dalam plastik atau wadah lain yang tahan dengan suhu freezer.

(Baca Juga: 8 Sajian dengan Campuran Daging, Ayam, Ikan Giling dalam Adonannya )

2. Kaldu

Pasti anda sering melebihkan kaldu yang dimasak untuk stok beberapa  minggu kedepan bukan?. Sebaiknya anda jangan lupa untuk membungkus per porsi yang akan anda gunakan kedepannya. Setelah anda mencairkan kaldu, anda tidak disarankan membekukan kembali kaldu karena kualitas kaldu menjadi sangat menurun dan pastinya kelezatan kaldu tidak seenak sebelumnya.

(Baca Juga: 5 Tips Membuat Kaldu Lezat yang Jernih & Gurih )

3. Jus buah

Memasukkan jus buah ke dalam freezer memang sah-sah saja. Namun, jika jus buah sudah dicairkan sebaiknya anda langsung menghabiskannya karena jika dibekukan kembali kandungan nutrisi yang ada dalam jus buah bisa saja rusak karena kehilangan banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Pembekuan kembali jus buah pun membuat proses fermentasi jus berjalan cepat.

(Baca Juga: 4 Tips Membuat Jus Sayur Lebih Nikmat )

4. Olahan Pasta

Olahan pasta dengan saus cream dan bolognese merupakan pasta paling sering dikonsumsi. Saus cream pada pasta berbahan dasar susu sehingga mudah untuk bakteri mempercepat pembusukkan jika dilakukan pembekuan kembali. Saus tomat pada campuran bolognese pun akan mempengaruhi keasaman pasta tersebut. Jika dibekukan kembali kemungkinan akan merubah rasa pasta menjadi lebih asam.

Untuk menghindari pembusukan yang cepat dan bau tidak sedap, lebih baik anda meletakkan olahan pasta di kulkas bagian bawah, dan setelah mengeluarkannya santap segera sampai habis.

(Baca Juga: 7 Tips Merebus Pasta Supaya Al Dente)

Itulah makanan dan bahan makanan yang tidak boleh dibekukan kembali. Yuk, cermat dalam menyimpan makanan di dalam freezer agar bahan makanan tetap segar dan tetap lezat setelah diolah.