Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Capcay merupakan salah satu menu favorit yang paling sering saya masak. Seringkali saya diminta tips oleh teman-teman karena capcay yang saya buat katanya enak dan segar meskipun menggunakan sayuran seadanya. Dalam pembuatan capcay, tekstur sayuran yang tetap renyah dan segar meskipun telah dimasak adalah hal penting. Tidak mau kan kalau capcay yang dibuat rasanya jadi kurang enak gara-gara sayurannya lembek atau terlalu matang? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan sayuran segar

Pilih sayuran yang tidak layu, terlihat segar, tidak ada bagian yang berlubang atau lembek. Untuk membuat capcay, anda dapat menggunakan beberapa macam sayuran seperti wortel, kacang kapri, jagung muda atau jagung semi, brokoli, kembang kol, sawi hijau, jamur kuping dan kol. Tapi jangan khawatir jika ternyata di dapur hanya ada 3 macam sayuran, tetap bisa dibuat menjadi capcay, kok!

2. Cuci sayuran dan tiriskan

Setelah dikupas dan diiris, cuci sayuran di bawah air yang mengalir lalu tiriskan di wadah yang berlubang. Hal itu dilakukan agar sayuran tidak cepat busuk atau lembek terkena air yang mengendap.  Jika sudah lembek, sayuran akan kurang segar dan kurang enak saat dimasak. Oya, jangan mencampur semua sayuran yang sudah dicuci. Simpan atau tata di tempat yang terpisah agar lebih mudah memilah sayuran yang akan dimasak terlebih dahulu nantinya.

3. Pilah sayuran saat dimasak

Setiap sayuran memiliki tingkat kekerasan berbeda yang mempengaruhi lama pemasakan. Agar semua sayuran tetap renyah dan terlihat segar setelah dimasak, pilah sayuran saat dimasak. Sayuran yang teksturnya keras seperti wortel harus dimasak terlebih dahulu. Tambahkan sedikit air dan tutup untuk mempercepat kematangannya.

Setelah wortel dimasak setengah matang, masukkan kembang kol, dan jagung muda. Tutup kembali wajan yang digunakan lalu masukkan brokoli, kacang kapri dan jamur kuping. Terakhir masukkan kol dan sawi hijau. Agar lebih enak, tambahkan irisan tomat dan daun bawang.

4. Gunakan api sedang hingga besar

Salah satu cara agar warna sayuran tetap terlihat segar terutama saat memasak sayuran hijau adalah menggunakan api besar. Saat memasak wortel, kembang kol, dan jagung muda, gunakan api sedang. Tetapi gunakan api besar saat memasak brokoli, sawi hijau, kol, dan kacang kapri. Api yang besar akan membuat sayuran cepat matang namun teksturnya akan tetap renyah dan segar.

Agar semakin sedap, jangan lupa untuk menambahkan suwiran ayam, seafood, bakso, atau kocokan telur. Sajikan dan nikmati capcay selagi hangat ya. Selamat mencoba!