Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Dengan waktu yang terbatas, makanan yang bisa saya sajikan untuk keluarga juga jadi terbatas. Mengingat proses mengolah bahan makanan itu memiliki begitu banyak langkah dan bisa dibilang tidak sebentar. Alhasil, saya jadi melewatkan penggunaan beberapa bahan makanan dalam masakan karena keterbatasan tersebut. Saya pun yakin anda juga sering mengalami hal tersebut.

Tapi ternyata sekarang sudah banyak bahan makanan yang dijual dalam keadaan setengah olah yang praktis dan siap digunakan lho. Hal ini tentu saja akan sangat membantu anda dalam memasak. Bahan setengah oleh itu seringnya dijual di pasar tradisional, meski tak menutup kemungkinan anda juga bisa menemukannya di pasar modern atau supermarket. Apa saja ya macam-macamnya? Simak info lengkapnya di bawah ini.

1. Ikan potong

Membersihkan dan menyiangi ikan itu memang terkesan ribet. Harus dibersihkan sisiknya lah, lalu dibuang insangnya, dibuang isi perut dan kotorannya, serta masih banyak lainnya. Karena itulah banyak orang yang enggan mengolah ikan. Padahal kan ikan itu sangat baik untuk kesehatan. Rasanya pun juga enak. Nah, jika anda malas ribet, sekarang anda bisa membeli ikan potong yang sudah dibersihkan dan tinggal diolah. Jadi anda hanya perlu membuat bumbu untuk olahannya saja. Praktis, kan?

Coba resep: Gulai Ikan Tengiri

2. Ayam potong

Tak hanya ikan saja yang dijual dalam keadaan sudah dipotong, tapi ayam juga. Selain lebih praktis, anda juga bisa request ukuran atau jumlah potongan ayam langsung pada pedagangnya. Mau besar atau kecil, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan pada masakan anda.

Coba resep: Sayur Sop Ayam

3. Udang kupas

Selain rasanya yang gurih dan manis, udang juga terkenal memiliki banyak manfaat. Tak heran jika olahan dari seafood yang satu ini sangat populer. Tapi kebayang dong kalau anda harus mengupas cangkang udang dan membersihkan kotorannya satu per satu? Pasti akan sangat memakan waktu. Nah, dengan membeli udang kupas siap pakai, anda bisa melewatkan langkah tadi sehingga waktu anda untuk memasak bisa menjadi lebih singkat.

Coba resep: Siomay Dimsum

4. Cumi dalam bentuk ring

Siapa sih yang bisa menolak kenyal dan gurihnya rasa cumi? Diolah jadi cumi goreng tepung atau cumi asam manis pastinya akan sangat nikmat. Asyiknya sekarang anda bisa menemukan cumi yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi bentuk ring atau cincin. Jadi saat akan digunakan, anda tinggal mencucinya saja dan langsung diolah.

Coba resep: Cumi Goreng Tepung

5. Bawang kupas

Penggunaan bawang dalam masakan bisa dibilang sangat penting dan wajib. Tapi karena bawang dilapisi kulit, maka anda harus mengupasnya terlebih dahulu, dan hal ini cukup memakan waktu. Karena itulah, sekarang ini banyak pedagang yang menjual bawang dalam keadaan sudah dikupas, jadi akan sangat memudahkan anda dalam memasak.

Coba resep: Acar Timun Bawang

6. Bawang iris

Jika anda ingin lebih praktis lagi, anda bisa membeli bawang iris. Ada banyak menu  yang cukup menggunakan bumbu iris dalam masakannya. Tentunya ada juga beberapa diantara anda yang lebih suka menggunakan bumbu iris karena dipercaya lebih sedap. Simpel, kan? Jadi say good bye deh pada mata perih akibat mengiris bawang sendiri di rumah.

Coba resep: Kangkung Saus Tiram

7. Jagung pipil

Jagung merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari, karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Tapi sayangnya, sebelum diolah ke dalam beberapa masakan, anda harus memipilnya terlebih dahulu. Dan tentunya cukup memakan waktu. Anda sekarang bisa menemukan banyak penjual jagung yang sudah dipipil dan siap diolah lho. Jagung pipil ini bisa anda gunakan untuk memasak bakwan jagung, sup jagung, campuran tumis, hingga nasi goreng.

Coba resep: Bubur Jagung

8. Pepaya muda dan labu siam bentuk korek api

Selain dimakan langsung, pepaya muda juga enak lho dijadikan tumis. Anda hanya perlu memotongnya dengan bentuk korek api lalu dimasak bersama bumbu-bumbu lezat. Tidak punya banyak waktu untuk mengirisnya? Tenang saja, anda hanya tinggal membeli pepaya yang sudah diiris dan siap pakai. Selain pepaya muda, anda juga bisa menemukan labu siam yang sudah dipotong bentuk korek api. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Coba resep: Sayur Labu Siam

9. Daun singkong siap rebus

Daun singkong yang telah direbus kemudian akan disusun sekaligus digulung llau diikat dengan tali plastik untuk dijajakan. Jika membelinya, anda hanya perlu mencuci bersih, remas jika perlu, dan campurkan dalam masakan anda. Sebut saja gulai daun singkong, ayam betutu, dan rolade tahu daun singkong.

Coba resep: Gulai Daun Singkong

10. Sayur kupas

Meskipun sibuk, tapi anda tetap tidak boleh melupakan sayuran dalam menu makanan keluarga sehari-hari. Jika tak punya banyak waktu untuk membersihkan dan menyiangi sayuran, sekaligus tidak ingin menimbulkan banyak sampah, anda tinggal beli saja sayur kupas di pasar. Biasanya, sayuran kupas yang dijual adalah wortel, nangka muda, jagung, kacang, kelapa, sampai jengkol.

Coba resep: Sayur Nangka Kapau

11. Tahu goreng setengah matang

Tahu adalah bahan nabati yang paling sering kita beli saat belanja di pasar. Jika perkedel tahu, tahu bacem, dan gulai cumi isi memang perlu tahu yang benar-benar mentah, lain halnya dengan tahu bakso, semur, brongkos, dan terik. Resep tersebut lebih nikmat jika menggunakan tahu kulit atau tahu yang digoreng hingga berkulit warna coklat. Kalau membeli tahu goreng setengah matang di pasar, anda tak repot menggorengnya dulu, tinggal olah dan campurkan saja ke dalam masakan.

Coba resep: Tahu Walik

12. Kelapa parut

Kelapa parut juga masuk nih dalam daftar bahan makanan yang bisa dibeli setengah olah. Jika anda ingin membuat ayam serundeng, pilih kelapa parut yang agak tua. Tapi jika anda akan membuat klepon, putu, dan aneka jajanan pasar tradisional lainnya, maka gunakan kelapa parut muda agar rasanya lebih manis dan enak.

Coba resep: Klepon Ubi Ungu

13. Santan peras

Daripada menggunakan santan kemasan instant, santan segar tentu saja akan membuat masakan anda jadi lebih enak dan mantap. Jika anda tidak punya banyak waktu, anda bisa membeli santan peras yang tinggal saring dan pakai. Jadi bisa langsung dicampurkan pada berbagai masakan anda.

Coba resep: Rendang Asli Khas Minang

14. Agar dan cincau jadi siap pakai

Setelah lelah beraktifitas seharian, tak ada salahnya dong anda memanjakan lidah dengan aneka minuman yang menyegarkan seperti es rumput laut atau es sarang burung. Agar lebih nikmat, jangan lupa juga tambahkan agar atau cincau. Tak perlu takut ribet, jika anda tak punya banyak waktu untuk membuatnya sendiri di rumah, anda bisa membeli agar dan cincau yang sudah jadi. Jadi anda hanya perlu mencucinya,  memotongnya, dan siap ditambahkan ke dalam aneka minuman anda.

Coba resep: Sop Buah

Memasak sendiri sekarang jadi lebih mudah dan praktis ya, dengan bahan-bahan setengah olah dan siap pakai di atas. Meski begitu, pastikan anda memilih bahan makanan yang segar, baru, berkualitas, dan bebas bahan pengawet. Supaya anda bisa mendapatkan citarasa dan manfaat kesehatan yang maksimal dari bahan-bahan tersebut.