Garam adalah bumbu dapur yang gak bisa kamu lewatin dalam setiap masakanmu. Benar apa betul nih?? Garam merupakan bentuk alami dari zat kimia bernama natrium atau sodium. Sodium secara alami terkandung di berbagai bahan pangan sekitar kita, utamanya pada telur, daging, susu sapi dan berbagai bahan olahannya, sayur-sayuran segar, dan juga serealia. Sodium yang terkandung alami ini tidak memberikan rasa asin yang cetarrrr pada makanan. Justru yang berperan sebagai penyumbang utama rasa asin di makananmu adalah garam dapur atau garam meja ini.

Kamu pasti udah paham banget kan kalo konsumsi garam berlebihan akan meningkatkan resiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung. Sebenarnya berapa sih jumlah garam yang dikatakan cukup dan tidak berlebihan untuk dikonsumsi? Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan RI, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi  garam meja atau garam dapur hanya 2 gram saja atau setara dengan 1 sendok teh per hari. Whaat?!

Yang lebih mencengangkan lagi, kandungan sodium ini bukan hanya ada dalam garam dapur atau garam meja saja! Berbagai bumbu-bumbu dapur dan bahan masak yang sering kamu gunakan ternyata tinggi kandungan sodium lho. Apa saja?

1. Vetsin atau penyedap rasa.

Penyedap rasa kan juga dikenal sebagai MSG atau Monosodium Glutamat nih. Dari kata monosodium aja kita udah tau kalo dia mengandung sodium kan. Oleh sebab itu, jangan gunakan secara berlebihan ya. Untuk alternatif MSG, bisa baca disini bahan pegganti MSG.

2. Kecap manis.

Tahukah kamu kecap manis ini adalah produk asli dari Indonesia? Dan jika kamu menemukannya di negara lain, hampir semuanya diekspor dari produsen Indonesia loh. Wiiiih keren kan! Ini berarti orang kita sangat senang menggunakan bahan ini, iya sih banyak banget masakan khas Indonesia yang menggunakan kecap manis ini.

3. Aneka saus.

Seperti: saus tiram, tauco, kecap asin (soy sauce), kecap inggris (worcestershire sauce), saus tomat, saus sambal

Hmmm harus lebih bijak nih dalam penggunaan saus. Jika saus tiram atau tauco menjadi bumbu wajib yang harus ada di masakanmu, lebih baik skip penggunaan penyedap rasanya ya supaya ga dobel-dobel kandungan garamnya. 

4. Aneka bahan olahan.

Seperti: nugget, ham, sosis, bakso, smoked beef, bacon, asinan sayur

Oleh sebab itu, untuk para Ibu di rumah, jangan biasakan membuat bekal sekolah anak dengan bahan-bahan frozen ini yah. Jika terbiasa dan telah menjadi makanan favorit, maka ketika dewasa akan sulit sekali untuk berkata tidak. ResepKoki mempunyai resep istimewa untuk nugget homemade ini loh, ada nugget otak-otak, nugget ikan dori, dan nugget hijau yang cocok banget buat vegetarian.

5. Aneka makanan kaleng dan instan.

Seperti: kornet, sarden, ikan dan seafood dalam kaleng, sayur dalam kaleng, mi instan, bubur instan

Buat kamu yang sulit berpaling dari jeratan mi instan, alangkah baiknya jika mulai sekarang kamu coba kurangi deh pemakaian bumbunya, cukup setengah bungkus bumbu saja. Pasti rasanya jauh lebih enak kan? Iyaaaaaa dong lebih enak, karena kamu tahu itu lebih sehat. 

6. Aneka bahan awetan.

Seperti: Ikan asin, cumi asin, dendeng kering

Itulah mengapa jika makan dengan lauk ikan asin atau cumi asin, cukup makan dalam jumlah kecil saja. Karena emang asiiin banget guys! Atau biasanya juga sering disiasati dengan merendam dulu dengan air panas selama beberapa saat, sebelum dimasak menjadi sajian tertentu.

7. Aneka roti dan pastry.

Garam sangat berperan dalam proses baking, baik dalam bentuk aslinya maupun dalam bentuk bahan tambahan seperti baking soda (sodium bicarbonate). Ia berperan dalam meningkatkan cita rasa dan penampilan kue, mengatur fermentasi adonan, meningkatkan masa simpan, dan masih banyak lagi.

Hmm, pernah enggak kamu membeli nasi goreng di abang-abang?  Jika kamu suka perhatikan si abang ketika memasak pesananmu (lebih tepatnya kepo sih seperti Penulis), dia biasanya menambahkan 1 sendok kecil garam kemudian 1 sendok kecil lagi vetsin atau kaldu penguat rasa, kemudian saus tiram, dan akhirnya dia akan menambahkan kecap. Itupun hanya dalam satu porsi nasi goreng sekali makan! Sehari kira-kira 3x makan. 

Jadi berapa banyak garam kamu konsumsi hari ini? Itulah sebabnya memasak sendiri konsumsimu selain lebih hemat, juga pastinya jauuuuh lebih sehat karena segala bahan makanan dan bumbu masak akan lebih terkontrol. Sudah cukup tergugah?