Penulis: Windy | Editor : Atsa

Ikan kakap adalah ikan laut yang paling banyak digemari. Saya termasuk salah satu penggemarnya. Rasa  manis dan tekstur daging yang lembut membuat saya selalu ketagihan makan ikan kakap.

Biasanya saya mengolah ikan kakap dengan cara digoreng dan disajikan bersama dengan sambal terasi serta lalapan. Namun, karena bosan selalu digoreng, saya mencari variasi olahan ikan kakap lainnya. Ternyata, cukup banyak dan tidak kalah menggiurkan.

1. Sup Ikan Kakap

sup ikan kakap berbumbu

Selain digoreng, ikan kakap juga bisa dijadikan sup. Ikan kakap bisa dipotong jadi fillet atau darne. Dengan potongan ini, rasa kuah kaldu sup jadi lebih pekat dan segar. Bentuk ikan pun jadi tidak mudah hancur ketika dimasak.

Untuk memasak sup ikan kakap cukup mudah. Pertama, didihkan air dalam panci dan masukkan ikan, bumbu halus, serta irisan tomat hijau. Aduk rata bumbu dan tunggu hingga mendidih kembali. Kemudian, tambahkan garam, gula, lada, kaldu bubuk, dan kecap ikan. Lalu sajikan dengan taburan bawang goreng.

Coba resepResep Sup Ikan Kakap

2. Gulai Kakap

Gulai kakap sedap

Gulai adalah olahan kakap paling banyak disukai. Selain enak, gulai kakap mudah dijumpai di restoran padang. Paduan bumbu gulai yang kuat sangat pas dengan lembutnya daging ikan kakap.

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat gulai adalah santan. Dalam panci, didihkan santan bersama bumbu halus, serai, daun jeruk, daun kunyit, dan asam kandis. Setelah mendidih, masukkan ikan kakap dan tambahkan sedikit garam.

Coba resep: Resep Gulai Kakap

3. Tim Ikan Kakap

Tim ikan kakap memiliki khas tekstur yang lembut dan rasa yang sedap. Untuk memasaknya, disarankan anda memilih ikan kakap yang masih segar. Karena dagingnya masih terasa lembut dan manis.

Ikan kakap yang sudah bersih kemudian dikukus selama 5 menit. Tunggu mendidih, lalu tuang saus tim di atas ikan secara merata. Kukus kembali ikan yang sudah dibumbui selama 20 menit. Tim ikan pun siap disantap dengan sepiring nasi hangat.

Coba resep: Resep Tim Ikan Kakap

4. Kakap Asam Manis

Ikan kakap asam manis lezat

Daging ikan kakap yang tebal dan manis akan semakin enak jika disajikan jadi kakap asam manis. Ikan dipotong secara supreme, kemudian celupkan ikan ke dalam telur dan baluri dengan tepung. Ketuk-ketuk ikan lalu goreng ikan sampai berwarna kuning kecoklatan.

Untuk sausnya tumis bumbu-bumbu yang dibutuhkan, lalu tambahkan tomat, cabai, nanas, air kaldu, dan larutan maizena. Masak hingga mengental dan siram di atas gorengan ikan.

Coba resep: Resep Kakap Asam Manis

5. Kakap Bumbu Kuning

Ikan kakap bumbu kuning praktis

Olahan ikan kakap yang satu ini bisa jadi adalah menu yang paling sering kita jumpai di warung nasi sederhana. Ikan kakap digoreng kering terlebih dahulu, kemudian dimasak kembali bersama bumbu kuning.

Tumis bumbu kuning halus, daun salam, dan serai hingga harum. Lalu masukkan cabai, aduk bumbu hingga matang. Kemudian masukkan santan, beri gula dan garam dan aduk hingga mendidih. Baru masukkan ikan kakap goreng dan masak hingga bumbu meresap.

Coba resep: Resep Kakap Bumbu Kuning

Semua menu olahan ikan kakap di atas sangat pas jika disajikan dengan nasi hangat, bukan? Selamat mencoba di rumah.