Penulis: Tia | Editor: Ria

Pertama kali mencoba nasi bakar, saya langsung jatuh cinta. Rasanya yang gurih dengan isian tumis ayam pedas dan aromanya yang begitu sedap, membuat saya ingin terus menyantapnya. Jadi, setiap ke rumah makan yang tersedia menu nasi bakar, hampir bisa dipastikan menu itulah yang saya pesan.

Berbekal resep dari ibu, beberapa kali saya mencoba buat nasi bakar sendiri di rumah. Tidak sulit ternyata. Dan untuk isiannya pun, jadi bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan dan selera kita.

Coba: Resep Nasi Bakar Teri (Sambal Teri Cabai Hijau)

1. Gunakan nasi uduk yang gurih

Penasaran kenapa nasi pada nasi bakar selalu terasa gurih? Jawabannya adalah karena nasi bakar tidak menggunakan nasi putih biasa, melainkan pakai nasi uduk. Maka dari itu, kalau anda ingin membuat nasi bakar sendiri, penggunaan nasi uduk tidak boleh tergantikan.

Nasi uduk ini bisa anda buat sendiri dengan resep berikut. Tapi jika ingin lebih praktis, anda dapat membeli nasi uduk yang sudah jadi, kok.

Coba: Resep Nasi Bakar Cumi (Sambalado Cumi)

2. Buat isian yang diinginkan

Nasi bakar tidak lengkap rasanya kalau tidak ditambahkan isian berupa lauk. Jenis isian ini sangat beragam dan bisa anda pilih sesuai dengan selera serta keinginan. Beberapa isian yang cukup populer untuk nasi bakar dan bisa anda coba buat antara lain adalah tumis ayam pedas, tumis jamur, sambal teri cabai hijau, dan cumi balado.

Coba: Resep Ayam Jerit

3. Jemur dan bersihkan daun pisang dengan lap basah

Untuk membungkus nasi bakar, daun pisang adalah pilihan yang tepat. Daun pisang yang digunakan sebaiknya jenis daun pisang batu, karena teksturnya lembut dan wangi. Sehingga, tidak mudah sobek ketika digunakan untuk membungkus.

Sebelum digunakan, daun pisang dijemur dulu selama 5 menit di bawah sinar matahari supaya lebih lentur. Kemudian, potong-potong sesuai ukuran yang dibutuhkan. Untuk membungkus nasi bakar, kira-kira ukurannya 30×30 cm. Setelah itu, bersihkan daun pisang dengan cara mengelapnya menggunakan lap basah.

Baca juga: 7 Langkah Membuat Lontong yang Empuk & Berwarna Hijau Cantik

4. Tuangkan satu centong nasi ke atas daun pisang

Setiap satu bungkus nasi bakar, sebaiknya porsi nasi yang dituangkan tidak perlu banyak-banyak. Kalau kebanyakan, nantinya nasi akan sulit untuk dibungkus dan dapat membuat daun pisang menjadi sobek.

Satu centong nasi gurih bisa menjadi porsi yang pas untuk setiap bungkus nasi bakar. Tuangkan satu centong nasi gurih ke atas daun pisang yang ditumpuk lapis 2. Kalau menurut selera anda porsinya kurang, anda bisa menambahkan sedikit lagi nasi nanti setelah isian dimasukkan.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Uduk Gurih dan Wangi

5. Tambahkan isian, cabai rawit, dan daun kemangi

Setelah nasi dituangkan, tambahkan isian di atasnya, 1 buah cabai rawit, dan 2 tangkai kecil daun kemangi. Penambahan cabai rawit dan daun kemangi ini akan memberikan aroma yang nikmat pada nasi bakar anda. Kalau semua sudah dimasukkan, tambahkan sedikit nasi lagi untuk menutup isian dengan sempurna.

Baca juga: Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Daun Kemangi

6. Bungkus nasi dengan rapat, semat dengan tusuk gigi, dan bakar

(Image: Lazada)

Tutup daun pisang dan bungkus nasi dengan rapat, sambil dipadat-padatkan. Kemudian, lipat kedua ujungnya dan semat dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi kecil. Siapkan wajan teflon atau grill pan, seperti Maxim Teflon Square Grill (lihat di Lazada PROMO), untuk membakar nasi. Anda tidak perlu mengolesi bungkus nasi bakar atau wajan dengan apapun. Langsung saja letakkan nasi yang sudah dibungkus ke atas wajan, bakar dengan api kecil hingga kedua sisi pembungkus berubah warna coklat kehitaman.

Baca juga: Alat Masak Teflon, Aman dan Sehatkah?

Ternyata membuat nasi bakar seenak restoran tidak sulit sama sekali, ya? Seluruh bahan-bahannya pun bisa disesuaikan dengan apa yang ada di rumah dan selera anda. Untuk hari ini, nasi bakar anda akan diberi isian apa, nih?