Penulis: Atsa

Palembang memiliki beragam sajian nikmat seperti pempek misalnya. Bukan cuma terkenal dengan pempeknya saja, tekwan khas Palembang juga begitu terkenal lho. Tak jarang beragam rumah makan juga menyajikan menu tekwan dalam deretan menunya.

Kedua makanan tersebut memang berbahan dasar yang sama, yaitu ikan dan sagu. Namun, bedanya tekwan tidak disajikan dengan kuah cuko yang biasa disajikan dengan pempek. Melainkan tekwan disajikan dengan kuah kaldu ikan yang gurih. Tampilan dari tekwan ikan tengiri khas Palembang sendiri lebih menyerupai bakso dibandingkan bentuk pempek yang cenderung lebih besar dan bervariasi bentuknya

Tunggu apa lagi? Yuk coba buat tekwan yang gurih dan lezat khas Palembang. Memang untuk membuatnya sedikit memakan waktu, tapi saat disajikan keluarga Anda pasti jatuh cinta dengan rasa dan kesegarannya.

Baca Juga: Resep Tekwan

1. Pilih ikan tenggiri dan udang segar

Ikan tenggiri merupakan bahan utama untuk bakso tekwan. Sedangkan udang merupakan bahan utama untuk menentukan kesegaran kuah tekwan. Saat membeli ikan tenggiri, pastikan warna kulit ikan cerah dan berkilau. Daging ikan terasa keras saat ditekan. Mata ikan cenderung jernih dan cembung menonjol dan tidak berbau busuk.

Untuk memilih udang, pastikan udang masih segar, utuh, dan kulitnya masih keras. Saat memilih udang, jangan ragu untuk mencium aromanya untuk memastikan kesegarannya. Beli udang yang tidak berbau amis dan tercium aroma khas laut yang segar untuk memastikan udang baru dan bukan simpanan dari hari sebelumnya.

2. Buat bola bola tekwan

Dalam wadah, campur daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, putih telur, garam dan merica. Aduk rata. Ambil adonan tekwan dengan sendok kecil, bulatkan, lalu langsung masukkan dalam panci air mendidih. Ulangi langkah ini sampai adonan habis. Masak bola-bola tekwan hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

3. Buat kaldu kuah tekwan

Kupas udang lalu pisahkan dengan kulit dan kepalanya (jangan dibuang). Cincang daging udang hingga halus. Sisihkan. Panaskan air untuk merebus kaldu, sambil menunggu, di wajan panaskan minyak. Angkat dan saring kaldu, buang kepala dan kulit udang. Lalu panaskan kembali kaldu dengan api kecil sampai kaldu hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil.

Tumis bawang putih bersama kepala udang hingga harum. Masukkan daging udang cincang dan masak hingga matang. Masukan tumisan ke dalam panci rebusan air. Aduk rata dan panaskan air hingga mendidih.

Baca Juga: Tips Mengupas Kulit Udang dengan Mudah

4. Bumbui kuah tekwan

Bumbui kuah tekwan dengan garam, gula, dan merica. Ambil dan buang kepala udang. Masukan jamur kuping dan kembang sedap malam. Masukan  bola bola taekwan, aduk dan masak sebentar saja sampai kuah mendidih. Cicipi rasanya, jika sudah pas maka taburi dengan 1/2 irisan daun bawang. Aduk dan angkat.

5. Buat Sambal

Supaya tekwan semakin nikmat, Anda bisa menambahkan sambal khusus sajian tekwan. Untuk membuatnya, pertama haluskan cabai. Lalu tambahkan gula, garam dan cuka. Masukkan irisan daun bawang dan aduk rata. Siap digunakan sambal sebagai pelengkap.

6. Penyajian

Siapkan mangkuk saji, atur soun dan bengkuang di dasar mangkuk. Siram dengan bakso dan kuah tekwan panas. Sajikan dengan sambal sebagai pelengkapnya dan perasaan air jeruk nipis, jika suka.