Penulis : Niahappy

Paru sapi adalah salah satu bagian jeroan yang memiliki banyak penggemar. Teksturnya yang halus dan sedikit kenyal dengan bau khas yang minimal (tidak seperti jeroan lainnya yang berbau tajam), membuat paru sapi sudah cukup nikmat diolah dengan bumbu sederhana seperti sajian berikut ini.

1. Paru Goreng

paru goreng gurih

Mengolah paru sapi tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda bisa membuat paru goreng yang enak dan empuk. Karena paru sapi segar mengandung banyak air dan darah, sebaiknya paru direbus terlebih dahulu supaya empuk dan bau anyirnya hilang.

Sebelum direbus, paru juga perlu dicuci hingga bersih. Rebus paru dengan lengkuas, daun salam, dan asam jawa supaya bau anyirnya hilang. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, ketumbar, dan garam bersama daun salam, daun jeruk, dan serai hingga harum.

Masukan paru. Tuang santan dan masukkan kelapa parut. Aduk rata. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata lalu masak dengan api kecil sampai santan habis atau menyusut dan empuk. Matikan api. Panaskan minyak. Goreng paru sebentar. Angkat dan tiriskan. Paru goreng sudah siap disajikan.

Baca Juga : Resep Paru Goreng

2. Paru Oseng Pedas

Bagi Anda pecinta pedas, coba buat paru oseng pedas sendiri dijamin membuat Anda sulit untuk berhenti mengunyah.

Cuci bersih paru dan rebus bersama daun salam, jahe geprek dan bawang putih hingga empuk. Tiriskan. Potong paru sapi sesuai selera. Goreng sampai matang. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.

Masukkan cabai rawit, cabai keriting, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Aduk rata. Tuang kaldu sapi secukupnya, beri bumbu garam, gula, merica, dan kecap manis. Aduk rata hingga air menyusut. Koreksi rasa, angkat dan sajikan. Hidangan ini siap disajikan dengan nasi hangat.

Baca Juga : Resep Ceker Ayam Pedas

3. Paru Goreng Cabai Hijau

Paru goreng cabai hijau dan tomat menghasilkan citarasa pedas yang segar. Membuatnya juuga mudah dan cepat. Namun, Anda tetap harus memperhatikan proses pengolahannya. Supaya paru tidak alot dan bau amis.

Rebus paru besama daun salam, daun jeruk, sereh dan garam, sampai empuk. Goreng paru sampai matang. siapkan penggorengan anti lengket. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai rawit dan cabai hijau  yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk dan serai hingga harum. Aduk rata.

Tambahkan cabai rawit hijau dan cabai hijau. Kemudian, masukkan paru. Tuang sedikit air, beri gula, garam, lada, saus tiram dan kecap. Masukkan tomat. Aduk rata. Koreksi rasanya. Angkat dan siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Tumis Daging Cabai Hijau

4. Paru Pete Balado

Bumbu balado cocok disajikan bersama berbagai jenis bahan makanan. Pada resep kali ini, akan dibahas hidangan berbahan dasar paru sapi. Paru dengan bumbu balado yang gurih dan pedas serta aroma pete yang khas membuat hidangan ini sangat lezat dan pastinya tidak menimbulkan bau anyir.

Rebus paru dengan air secukupnya bersama daun salam hingga matang. Angkat, tiriskan. Potong sesuai selera. Campur paru yang telah diiris dengan bawang putih halus, ketumbar bubuk, jahe bubuk dan garam, aduk rata. Marinasi paru selama 30menit.

Goreng paru, tapi jangan sampai kering. Angkat tiriskan. Ulek kasar cabai merah besar, cabai keriting, cabai rawit merah dan bawang merah. Tumis sambal dan daun jeruk hingga wangi . tambahkan garam dan gula. Masukkan pete dan paru yang sudah digoreng. Aduk rata. Sajikan.

Baca Juga : Resep Udang Pete Balado

5. Paru Gongso

Nggak cuman babat lho yang enak disajikan dengan  bumbu khas Semarang. Paru sapi juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti babat.

Caranya mudah pertama cuci paru dengan bersih. Kemudian rebus paru bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Rebus hingga matang. potong paru sesuai selera. Goreng paru sebentar. Angkat dan tiriskan. Tumis bawang merah, daun jeruk, daun salam dan lengkuas hingga harum. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah dan jahe yang sudah dihaluskan. Aduk rata.

Masukkan paru goreng. Tuang sedikit air, beri garam, gula merah dan kecap manis. Koreksi rasanya. Aduk rata sampai airnya menyusut. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Babat Gongso





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi