Penulis: Niahappy

Bubur merupakan salah satu menu popular di Indonesia, terutama saat sarapan, sajian ini sangat digemari masyarakat. Walaupun sederhana, makanan ini cukup memenuhi kebutuhan Anda karena memiliki kandungan gizi yang baik dan rasanya yang lezat. Di Indonesia sendiri bubur banyak macamnya mulai dari bubur yang super gurih hingga manis. Nah, kali ini membahas bubur gurih asin yang lezat dan mudah dibuat, yuk intip!

1. Bubur Ayam

Tak hanya pagi hari, bubur ayam sekarang juga mudah ditemui sore hingga malam hari. Bubur lembut ini memang cocok jika disantap untuk mengenyangkan sekaligus menghangatkan badan. Selain suwiran ayam, bubur ayam juga sering disajikan dengan kacang kedelai, irisan cakue, tongcai, irisan daun bawang, bawang goreng, dan tak ketinggalan kerupuk atau emping.

Dalam panci, masukan, beras, air, jahe, serai, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk terus dan masak hingga mengental. Angkat dan sisihkan.

Rebus ayam dan ambil air kaldunya sebanyak 400 ml. Sisihkan. Tiriskan ayamnya. Goreng ayam sebentar saja. Tiriskan lalu suwir-suwir. Sisihkan.

Kuah: Dalam panci, masukan bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, dan ketumbar yang sudah dihaluskan hingga wangi. Tuang air kaldu, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, garam, dan merica. Masak hingga sedikit kental sesuai selera. Masak hingga sedikit mengental atau sesuai selera. Koreksi rasanya. Angkat.

Penyelesaian: Tata bubur di mangkok saji. Beri ayam suwir, kacang kedelai goreng, telur rebus, seledri, dan bawang goreng. Tuang kuah sesuai selera. Beri pelengkap kerupuk. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bubur Ayam

2. Bubur Manado

Bubur khas manado ini tidak hanya berbahan beras, tapi juga aneka sayur daun, umbi, dan bahan lainnya. Rasanya sangat gurih dan lezat! Yuk, coba buat!

Didihkan air dalam panci. Masukan beras, jahe, dan serai. Masak hingga mendidih dan biarkan setengah jadi bubur. Masukan labu kuning, singkong, jagung. Aduk rata. Beri gula, garam, lada, dan bawang putih. Aduk rata. Masak hingga jadi berbentuk bubur dan singkong serta labu kuning jadi empuk.

Masukan bayam, kangkung, dan daun kemangi. Aduk rata. Masak sebentar hingga sayuran matang. Angkat. Siap disajikan ikan asin goreng dan sambal roa.

Baca Juga : Resep Bubur Manado

3. Bubur Kanji Rumbi

Masyarakat Aceh mempunyai cara sendiri untuk menikmati bubur. Bubur khas Aceh dikenal dengan nama bubur kanji rumbi yang kaya rempah-rempah. Rasanya gurih, sedikit asin, dan yang pasti enak. Jika Anda ingin mencicipinya, tak perlu jauh-jauh terbang ke Aceh, cukup membuatnya di rumah dengan resep di bawah ini.

Pertama rebus ayam dan udang yang sudah dicuci bersih sampai matang. Sisihkan. Haluskan adas manis, merica, biji pala, ketumbar, bawang putih, bawang merah, dan jahe, sisihkan.

Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak sampai haru. Tambahkan apulaga, cengkeh, pala, kayu manis, bunga lawing hingga berubah warna (kuning). Masukan potongan ayam dan udang. Aduk rata.

Masukan beras, masak hingga harum. tambahkan daun pandan dan bumbu yang sudah dihaluskan. Tuang air kaldu, masak sampai beras mengembang. Tambahkan minyak samin, aduk perlahan. Angkat jika sudah agak mengental. Taburkan bawang goreng, daun bawang, dan potongan cabai. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Mie Goreng Aceh

4. Bubur Mengguh

id.tastemade

Jika Anda berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencicipi bubur Mengguh. Bubur mengguh sering disebut dengan bubur mangguh atau mungguh. Bubur ini disajikan dengan campuran daging ayam atau ikan, sayur, dan bumbu rempah. Penasaran? Yuk, coba bikin!

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, kemiri, merica, ketumbar, dan garam, sisihkan. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. masukan daging ayam, daun salam, lengkuas, dan kaldu bubuk. Tambahkan air. Masak sampai ayam matang dan bumbu meresap lalu angkat. Pisahkan ayam dengan kuahnya. Rebus beras hingga lunak. Tambahkan santan, garam, dan daun salam. Masak lagi sampai bubur mengental. Masukan kacang panjang lalu masak hingga matang, aduk hingga rata. Angkat.

Selanjutnya membuat urap untuk bubur mengguh. Haluskan bawang putih, cabai merah, terasi, kencur, gula merah, daun jeruk, dan garam. Tambahkan kelapa parut. Aduk hingga rata. Kukus semua bumbu urapan sampai matang, angkat. Campur bumbu dengan kacang panjang rebus. Sisihkan.

Sajikan bubur di dalam mangkuk. Taruh bumbu urapan di atas bumbu. Taburkan bawang goreng dan suwiran ayam. Makan selagi hangat.

Baca Juga : Resep Urap Bali

5. Bubur Cirebon

id.tastemade

Berbicara tentang bubur ayam, yang pertama terlintas adalah bubur ayam Cirebon. Sekilas, bubur ayam Cirebon tak berbeda dengan bubur ayam lainnya. Namun, jika dilihat dengan seksama, bubur ayam Cirebon lebih berkuah dan memiliki beragam isian. Rasanya pun lebih gurih karena kuah kaldu berasal dari air rebusan ayam yang ditambah dengan bumbu rempah lainnya.

Pertama buat bubur terlebih dahulu. Campur beras, air, serai, daun salam, dan garam. Masak hingga menjadi bubur kental, angkat, sisihkan.

Selanjutnya, rebus dada ayam masukan daun bawang, seledri, garam, dan lada sampai ayam matang. Angkat dan suwir ayam, sisihkan.

Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, dan lengkuas. Sisihkan. Rebus sisa kaldu dengan api kecil. Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukan bumbu ke dalam air rebusan. Aduk rata. Tambahkan lada bubuk, kunyit bubuk, pala bubuk, dan kecap asin. Aduk rata sampai matang. Matikan kompor.

Sajikan bubur di atas mangkok. Taruh ayam suwir, cakwe, kacang, bawang goreng, kaldu ayam, daun bawang, seledri, dan kerupuk di atasnya bubur. Nikmati selagi panas.

Baca Juga : Resep Nasi Lengko

6. Bubur Tumpang

Membuat bubur sambel tumpang tidaklah sulit, kurang lebih sama seperti membuat bubur lainnya, yang membedakan adalah sambel tumpang itu sendiri. Ada cara khusus membuat sambel tumpang, tapi jangan khawatir untuk membuatnya sangat mudah kok!

Bubur: Rebus beras hingga menjadi bubur lembut (sesuai selera) tambahkan sedikit santan bubuk dan garam. Aduk rata, matikan kompor. Sisihkan.

Tumpang: Rebus tempe, daging, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabia rawit, salam, lengkuas, daun jeruk, kencur, dan garam sampai air menyusut. Kecilkan api.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabia merah, cabai rawit, dan kencur. Masukan ke dalam paci rebusan. Ambill daging, potong tipis, masukan ke panci rebusan. Tambahkan sedikit air. Besarkan api lagi, panaskan sampai meletup-letup. Masukan santan bubuk. Aduk rata terus. Beri garam, lada, kaldu bubuk, dan gula jawa. Masukan tahu putih. Masak hingga matang merata. Angkat dan sajikan bubur tumpang bersama daun kenikir.

Baca Juga : Resep Gudeg Jogja (Kering)