Penulis : Niahappy

Jagung merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mudah didapat dan tidak menguras dompet untuk membelinya, namun terkadang banyak yang masih bingung bagaimana untuk mengolahnya menjadi makanan yang enak. Berikut makanan olahan jagung yang mudah dibuat dan enak yang bisa Anda coba di rumah:

Bakwan Jagung

Salah satu kuliner Indonesia yang tak kalah enak adalah bakwan jagung. Rasanya yang renyah berpadu dengan manisnya jagung sangat nikmat bila disantap sebagai camilan maupun lauk. Untuk membuat makanan ini tentunya sangat mudah dan bisa Anda coba di rumah.

Pertama dalam satu wadah masukkan jagung, wortel, daung bawang, seledri, garam, merica dan gula. Tambahkan bawang puting, bawang merah dan ketumbar yang sudah dihaluskan. tambahkan. Aduk hingga rata. Masukkan terigu, tepung beras dan telur. Aduk rata.

Panaskan banyak minyak dengann api sedang. Ambil sesendok adonan bakwan lalu goreng dalam minyak panas. Goreng sampai berubah warna menjadi coklat kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga : Resep Bakwan Dadar Jagung

Samosa Isi Jagung

Tidak jauh berbeda dengan membuat risoles pertama buat isian samosa terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan bubuk kari (kemasan) lalu aduk hingga rata.

Masukkan wortel, kentang,seledri dan jagung yang sudah dipotong kecil, aduk rata. Tambahkan lada, gula, garam dan air secukupnya. Masak hingga bumbu meresap. Tambahkan maizena dan terigu yang sudah dilarutkan dengan air. Aduk terus hingga mengental.

Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan isian jagung, lipat  bentuk segitiga. Rekatkan ujungnya dengan cairan maizena. Panaskan banyak minyak. Goreng samosa dengan api sedang, hingga warnanya coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Samosa isi jagung siap disajikan.

Baca Juga : Resep Samosa

Pizza Jagung Teflon

Image : masakapaya.com

Bagi Anda pecinta pizza namun sedang tidak memiliki banyak uang jangan khawatir Anda bisa membuatnya sendiri dengan topping jagung. Rasanya tak kalah enak dengan topping sosis maupun smoked beef lho. Untuk membuatnya pun sangat mudah asalkan Anda memiliki teflon atau wajan anti lengket untuk memanggangnya.

Pertama buat adonan pizza, aduk rata terigu, garam dan baking powder lalu masukkan susu bubuk dan ragi instan. Tuang air hangat sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit minyak goreng dan diamkan 10 menit.

Setelah 10 menit, pindahkan ke wajan anti lengket lalu ratakan. Bumbui dengan pasta tomat, saus sambal, oregano. Tambahkan jagung, potongan tomat dan keju mozarela di atasnya . Tunggu hingga matang dan keju meleleh lalu sajikan.

Baca Juga : Resep Pizza Teflon Praktis

Sup Kepiting Jagung

Saat cuaca dingin memang paling enak makan makanan hangat seperti sup. Namun terkadang banyak orang yang jenuh dengan resep sup yang melulu itu saja. Nah, Anda bisa mencoba membuat sup berbahan dasar jagung dan kepiting ini. Selain berbeda rasanya pun enak dan mudah untuk dibuat lho. Yuk simak cara membuatnya.

Pertama tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan jagung wortel, lada bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit. Aduk lagi hingga mendidih. Tambahkan toman, daging kepiting dan kocokan telur. Bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk rata lalu koreksi rasanya. Masukkan daun bawang dan seledri. Tuang larutan maizena. Aduk hingga mendidih dan meletup-letup. Angkat.

Nah, sup jagung kepiting siap disajikan untuk keluarga Anda tercinta.

Baca Juga : Resep Sup Kepiting Jagung

Sup Jagung

Sajian sup jagung yang gurih berpadu bersama kocokan telur membuat siapapun yang melihatnya akan tergoda. Sup sayur dengan dominan isian jagung ini paling cocok disantap dengan nasi putih hangat.  Untuk membuat sup jagung ini Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu lho.

Cukup dengan menumis bawang putih, bawang merah dan merica hingga harum, sisihkan. Masukkan air kaldu, lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis dan wortel. Masak hingga setengah matang. Tambahkan jagung manis, buncis, gula dan garam. Masak lagi, ketika hampir matang tuang kocokan telur. Aduk-aduk hingga berserabut. Masak hingga matang dan angkat.

Sup Jagung sudah siap Anda nikmati.

Baca Juga : Resep Sup Jagung

Bubur Manado

Bubur Manado merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Makanan ini banyak disukai orang karena memiliki cira rasa yang gurih dan sedikit manis dari jagung dan labu kuning. Bubur khas Manado ini paling enak disajikan dengan sambal dan ikan cakalang. Daripada membeli, lebih baik buat sendiri saja selain lebih hemat, Anda pun tahu akan kebersihannya.

Langkah pertama didihkan air dalam panci, masukkan beras, jahe dan serai. Masak hingga mendidih dan biarkan setengah jadi bubur. Kemudian masukkan labu kuning, singkong, jagung. Aduk rata. Bumbui dengan gula, garam lada, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Masak sampai labu kuning dan singkong menjadi empuk. Tambahkan bayam, kangkung dan daun kemangi. Aduk sampai sayuran matang. Angkat.

Bubur khas Manado siap disajikan dengan sambal, ikan asik dan lauk lainnya, mudah kan?

Baca Juga Resep Bubur Manado

Sayur Asem

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas dan asam segar. Makanan berkuah ini cocok disantap bersama nasi putih dan tempe goreng.

Untuk membuatnya sangat sederhana rebus kaldu ayam atau sapi hingga mendidih. Masukkan nangka muda, jagung, labu, timun krai dan kacang panjang. Tambahkan bawang merah, bawang utih, cabai merah, terasi, garam, daun salam, lengkuas dan asam muda. Aduk rata. Masak hingga sayuran setengah matang.

Terakhir masukkan kangkung dan kecambah. Aduk rata dan angkat. Sayur Asem ala Jawa Timur siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Sayur Asem Ala Jawa Timur