Penulis: Graminda

Spatula adalah alat dapur yang wajib dimiliki. Sebab, semua masakan pasti dimasak pakai spatula. Kini ada spatula yang dijual sudah dalam bentuk satu set. Biasanya, spatula satu set lebih murah dibanding beli satuan. Lantas bagaimana cara pilih spatula yang benar?

1. Pilih Jenis spatula Sesuai Kebutuhan

Spatula punya banyak jenis, ada yang berlubang, cekung, dan tipis. Jadi, pilih spatula yang sesuai dengan kebutuhan anda. Contoh, jika sering masak pasta tentu lebih baik beli spatula pasta.

Spatula wajan adalah jenis yang paling sering digunakan. Fungsinya untuk menumis, menggoreng dan meniriskan makanan. Kemudian ada sendok sayur yang bulat dan cekung. Sendok tersebut berguna untuk ambil makanan berkuah.

Sementara jenis lainnya mungkin jarang dipakai. Seperti strainer (peniris), sendok salad, dan sendok nasi.

Baca Juga: 9 Jenis Sendok Masak Penting Anda Miliki di Dapur

2. Bahan Pembuatan

Spatula kayu dan nylon tidak akan menggores wajan teflon. Sebaliknya, spatula stainless steel dapat tinggalkan goresan pada wajan teflon. Oleh karena itu, sesuaikan bahan spatula dengan jenis wajan dan panci yang anda punya.

Spatula Stainless Steel

Kelebihannya mudah dibersihkan, tidak menyerap bau makanan, dan awet. Tapi, cenderung tipis sehingga mudah bengkok atau patah.

Spatula Kayu

Layaknya isolator, spatula kayu bisa menahan panas dengan baik. Namun, kayu punya pori jadi bisa serap bau makanan. Kecuali, bila spatula tersebut dilapisi bahan lain. Sayangnya, spatula kayu yang tebal tidak cocok untuk membalikan makanan tipis seperti crepes.

Spatula Nylon

Spatula nylon tahan suhu hingga >200° C. Rasa panas dari wajan pun tidak akan terasa hingga tangan. Desainnya  lentur serta tidak mudah patah. Spatula ini mudah dibersihkan, awet, dan tidak menyerap bau. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal.

7 Rekomendasi Spatula Terbaik

7. IKEA SPECIELL Sudip

(Image: Lazada)

Sudip dari IKEA ini berbahan poliamida food grade yang tidak merusak wajan anda. Kokoh saat digunakan dan tidak letoy.

Panjang sudip adalah 32 cm, sehingga anda tidak perlu terlalu dekat dekat wajan yang panas. Selain itu, tahan suhu hingga 220° C. Mudah dibersihkan, awet, dan bermanfaat

Harga: Rp 25.400

Lihat di Lazada PROMO: IKEA SPECIELL Sudip Hitam

6. IKEA GNARP Kitchen Utensil Set

(Image: Lazada)

Produk IKEA ini terdiri dari spatula wajan (31 cm), sendok masak (28 cm), dan service tong (29 cm). Terbuat dari nylon yang terjamin bebas BPA. Selain itu, aman dicuci dalam mesin dishwasher dan tahan hingga suhu 220° C

Harga: Rp 52.900

Lihat di Lazada PROMO:  IKEA GNARP Kitchen Utensil Set

5Oxone OX-953 Spatula Set

(Image: Lazada)

Seri spatula set Oxone ini terbuat dari nylon. Nylon buat sudip lebih tahan panas dan mudah dicuci. Selain itu, bahan nylon tidak berbahaya bagi makanan. Satu set oxone ox-953 berisi sendok sup, ballon wisk, sudip wajan, 2 stainer, dan sendok masak

Ujung gagang sudip tidak akan terasa panas karena terbuat dari nylon. Selain itu, desain gagangnya pun ikuti bentuk tangan. Sehingga, nyaman digunakan. Pastinya sudip ini tidak akan menggores wajan anda.

Harga: Rp 107.000

Lihat di Lazada PROMO: Oxone OX-953 Spatula Set

4. Oxone OX-963 Spatula Stainless Steel

(Image: Lazada)

Sudip Oxone OX-963 berbahan stainless steel food grade dan anti karat. Ada stainer, sendok masak, 2 spatula wajan, sendok sup, dan sendok nasi dalam kotak set ini. Plus, gantungan dinding untuk spatula.

Gagang spatula juga terbuat dari stainless steel. Spatula ini tidak mudah patah dan awet karena sambungannya kuat. Hanya saja bila terlalu lama dekat wajan, panas akan terasa ke bagian gagang.

Harga: Rp 157.000

Lihat di Lazada PROMO: Oxone OX-963 Spatula Stainless Steel

3. Vicenza Spatula Set Stainless Steel

(Image: Lazada)

Berbahan stainless steel, set spatula dari Vicenza terjamin anti karat. Produk ini terdiri dari spatula wajan, sendok masak, sendok nasi, sendok sop, dan 2 stainer. Bonus pula gantungan dinding yang hemat tempat.

Gagang spatula terbuat dari plastik yang tahan panas sehingga nyaman untuk dipegang. Selain itu, tidak mudah bengkok dan patah. Hanya saja, ujungnya yang tajam kurang ramah untuk wajan teflon.

Harga: Rp 145.000

Lihat di Lazada PROMO: Vicenza Spatula Set

2. Maxim Tools Spatula Set

(Image: Lazada)

Spatula set dari Maxim ini seluruh bagiannya terbuat dari nylon berkualitas. Bisa tahan panas hingga 200° C dan aman digunakan. Desainnya elegan dan sangat kokoh. Bahannya yang tebal tidak bikin letoy saat dipakai.

Spatula maxim ini dijamin tidak akan menggores wajan dan mudah dibersihkan. Gagangnya pun dilapisi silikon anti slip, sehingga tidak licin di tangan. Satu set spatula ini terdiri dari sudip wajan, sendok masak, 2 stainer, dan sendok sup.

Harga: Rp 229.000

Lihat di Lazada PROMO: Maxim Tools Flex Grip Spatula Set

1. Tupperware Kitchen Duo Set

(Image: Lazada)

Spatula set tupperware seluruh bagiannya terbuat dari nylon. Terdiri dari spatula pastry, spatula wajan, spatula garpu (spatula ikan), dan sendok sup. Bonus wadah tempat peletakannya.

Desainnya unik, sebab antar spatula bisa direkatkan. Sehingga, bisa dipakai beberapa spatula sekaligus. Ujung spatula pun tipis, tapi tidak tajam dna aman untuk wajan teflon. Terpenting, tupperware kitchen duo set bergaransi seumur hidup!

Harga: Rp 297.000

Lihat di Lazada PROMO: Tupperware Kitchen Duo Set

Bagaimana pun, kembali lagi pilihannya pada anda. Tidak hanya pas dengan selera, tapi juga cocok dengan kebutuhan dan budget. Selamat memilih!

7 Rekomendasi Sudip/Spatula Set Terbaik &  Cara Tepat Memilihnya
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote