Penulis: Graminda

Tren membawa bekal makan semakin marak belakangan ini. Saya adalah salah satu orang yang setia bawa bekal dari jaman sekolah hingga bekerja. Selain hemat, tentunya lebih kepada aspek kesehatan dan keamanan.

Nah, pastinya butuh kotak makan untuk bawa bekal, kan. Memang, banyak yang jual dan haganya murah. Tapi, harga ‘miring’ jangan jadi patokan dengan korbankan keamanan diri sendiri. Perhatikan hal berikut ini saat pilih kotak makan!

1. Cek Bahan Pembuatannya

Kotak makan terbuat dari beragam bahan, yaitu stainless steel, kayu, plastik, dan alumunium. Diantara bahan tersebut,  stainless steel dan plastik lebih sering dipilih karena dirasa awet dan praktis.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah label ‘food grade’ dan BPA free. Food grade artinya kotak makan dibuat dari bahan yang layak dan aman dipakai. Sedangkan BPA merupakan zat kimia sintetik yang bisa merusak tubuh. Jadi, pilih kotak makan yang mencantumkan kedua label tersebut.

Selain itu, jika kotak makan berbahan plastik, pastikan adanya simbol ‘PP’ atau ‘Polyproylene’ di bagian dasar kotak. Hindari yang bertanda PS (Polystyrene) dan PC (Polycarbonate) karena tidak tahan panas. Sebab, zat kimia dalam bahan tersebut bisa bercampur dengan makanan saat panas.

Baca Juga: 4 Tips Aman Menggunakan Wadah Plastik ke Microwave

2. Tentukan Ukuran dan Desain Sesuai Kebutuhan

Tentunya ukuran yang dibutuhkan harus sesuai dengan tujuan penggunaan. Misalnya untuk bekal anak sekolah dasar, cukup yang kecil saja. Tapi, untuk piknik keluarga, pastinya butuh  kotak makan yang lebih besar.

Selain ukuran, pertimbangkan juga jumlah sekat. Nah, itu bisa ditentukan dari kebiasaan makan. Kalau suka makan dengan banyak lauk, pastinya pilih yang banyak sekat. Atau bagi penggemar sup, pilih kotak makan dengan sekat yang cekung.

Baca Juga: Tips Mengepak Bekal agar Tetap Enak dan Tidak Basi

3. Kemudahan Dibersihkan

Setiap bahan punya cara merawat yang berbeda. Seperti kotak makan kayu yang harus segera dikeringkan setelah dicuci. Sebab, kotak makan kayu yang lembab gampang ditumbuhi jamur. Lain halnya dengan kotak makan plastik yang harus dicuci dengan air hangat. Tujuannya, agar noda lemak mudah hilang.

Baca Juga: Tips Membersihkan Wadah Plastik

7 Rekomendasi Kotak Makan Terbaik

7. Yooyee Sup Box

(Image: Lazada)

Kotak makan mini ini terdiri dari 4 sekat, yaitu 3 sekat kecil dan satu sekat sup. Pada penutupnya, ada karet yang menjaga agar makanan tidak tumpah. Sehingga, aman untuk sup atau makanan berkuah.

Yooyee mini lunch box berukuran 23.5 x 17.5 x 6.5 cm dan sangat cocok untuk segala usia. Anda tidak perlu khawatir, karena terjamin aman dan bisa tahan panas hingga 120°c.

Harga: Rp 55.900

Lihat di Lazada DISKON: Yooyee Box Sup 4 Sekat Bento

6. StarHome Rantang Stainless Steel

(Image: Lazada)

StarHome rantang susun 3 terbuat dari stainless steel yang terjamin food grade. Bentuknya minimalis dan elegan dengan warna yang glossy. Metode safety lock, buat rantang ini aman untuk makanan berkuah karena anti tumpah.

Rantang ini punya kapasitas hingga 2,1 L. Sangat tepat untuk ukuran bekal keluarga. Selain itu, bahan stainless steel-nya mampu mempertahankan panas masakan selama 4 jam.

Harga: Rp 79.900

Lihat di Lazada DISKON: StarHome Rantang 3 Susun Stainless Steel

5. Electric Lunch Box

(Image: Lazada)

Kotak bekal yang satu ini sangat cocok bagi anda yang tidak suka makanan dingin. Tinggal colok ke listrik, bekal anda pun bisa hangat kembali. Namun, jangan dipanaskan lebih dari 25 menit, ya!

Rangkanya terbuat dari aluminium alloy PTC Heater design yang dijamin food grade dan bebas BPA. Kapasitasnya 0.6 L, cocok sebagai wadah bekal untuk individu. Selain itu, rantang ini punya seal karet pada penutupnya sehingga tidak mudah tumpah

Harga: Rp 86.700

Lihat di Lazada DISKON: Luch Box Electric

4. Tedemei Lunch Box 

(Image: Lazada)

Kotak makan berbentuk persegi dari Tedemei ini terbuat dari stainless steel dan plastik. Tapi, dijamin food grade dan anti karat. Tedemei lunch box bisa disimpan atau panaskan pada suhu -20°c hingga 100°c.

Terdiri dari 3 sekat, lunch box ini berkapasitas total 1.2 L. Dijamin tidak tumpah dan aman dicuci dengan dishwasher. Kotak makan ini sangat pas bagi anda yang suka makan dengan lauk terpisah. Bisa digunakan bagi anak sekolah maupun dewasa.

Harga: Rp 180.000

Lihat di Lazada DISKON: Tedemei Lunch Box Stainless Steel Grid

3. Lock n Lock Lunch Box

(Image: Lazada)

Banyak pilihan warna (merah, biru, hitam) jadikan kotak makan dari Lock n Lock ini bisa digunakan semua kalangan. Terdiri dari 3 wadah kompartemen dengan volume yang sama, yaitu 350 ml.

Terbuat dari plastik dengan label BPA free dan mudah dibersihkan. Feature lainnya adalah anti tumpah, aman untuk microwave, freezer, dan mesin dishwasher. Paket yang benar-benar lengkap karena sudah termasuk sumpit dan tas jinjing.

Harga: Rp 225.000

Lihat di Lazada DISKON: Lock n Lock HPL754 Lunch Box

2. Tupperware Crystalwave

(Image: Lazada)

Merk yang satu ini tidak perlu diragukan lagi keamanannya karena sudah berlabel BPA free. Berbahan polypropylene (PP), buat kotak makan dari tupperware tahan panas dan aman digunakan dalam microwave.

Tupperware crystalwave terdiri dari 3 sekat dengan kapasitas total 950 ml. Bahannya tebal, tidak mudah pecah, dan anti tumpah. Sudah bonus tas jinjing serta alat makannya, lho!

Harga: Rp 235.000

Lihat di Lazada DISKON: Tupperware Crystalwave

1. Zojirushi Lunch Box

(Image: Lazada)

Zojirushi lunch box adalah tempat makan yang terdiri dari 3 wadah berbeda ukuran. Terbuat dari stainless steel thermal yang terjamin food grade dan anti karat. Kotak makan ini aman dalam microwave, freezer, dan dishwasher. 

Shuma lunch box juga dilengkapi safety lock, sehingga masakan tidak akan tumpah. Cocok bagi pasangan atau keluarga yang senang travelling.  Sebab, kotak makan ini mampu menjaga masakan tetap hangat selama 6 jam!

Harga: Rp 572.000

Lihat di Lazada DISKON: Zojirushi Lunch Box

Itulah deretan kotak makan terbaik sebagai referensi anda.  Sebagai tips, pilih kotak makan yang awet agar bisa digunakan lebih lama. Kotak makan yang tepat, dapat jaga kelezatan dan gizi masakan. Selamat memilih!