Penulis: Graminda

Bagi beberapa orang, kopi sudah jadi gaya hidup tersendiri.  Bukan hanya sekedar pelepas dahaga, tapi juga hobi yang mendarah daging. Sebelum bisa diseruput, biji kopi harus digiling terlebih dulu. Biji kopi pun berubah jadi kopi bubuk yang siap diseduh kapan saja!

Kini sudah banyak mesin penyeduh kopi sesuai kebutuhan pengguna. Jenis dan desainnya beragam mulai dari model klasik hingga tumblr. Bahkan harganya pun kurang dari Rp 500.000, lho. Agar tidak salah pilih, simak tips berikut ini!

Baca Juga: 6 Tips Menyeduh Kopi Supaya Lebih Enak

1. Volume Kopi yang Dibuat

Mesin penyeduh kopi dijual dengan berbagai jenis dan volume yang berbeda. Mulai dari 0.2 L hingga lebih dari 2L. Jika kopi diseduh untuk diri sendiri, maka cukup yang bervolume 0.2 L atau 0.5 L. Namun, bila ingin dipakai untuk banyak orang, pilihlah yang bervolume diatas 1 L. Jadi, sesuaikan dengan kebiasaan anda, ya!

2. Pertimbangkan Bahan Filter

Ada 3 bahan filter yang biasa digunakan pada mesin pembuat kopi. Yaitu stainless steel, kertas, dan kain. Ketiganya punya kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Stainless steel terkenal karena tahan lama dan mudah dibersihkan. Sayangnya, harganya cukup mahal dan bisa menggores bahan lain.

Lain hal dengan filter kertas yang hanya sekali pakai. Tidak perlu dibersihkan dan hasil kopi pun lebih jernih. Kekurangannya, anda akan kesulitan bila sewaktu-waktu filter habis. Selain itu, limbah kertas tidak ramah lingkungan.

Sedangkan filter kain punya kelebihan bikin kopi lebih jernih dan oily. Sayangnya, aroma kopi akan menempel di kain sehingga filter pun berbau. Filter kain juga agak sulit dibersihkan.

3. Desain Mesin

Bagi pecinta traveling atau hiking tentunya lebih pilih mesin kopi portabel yang simpel. Ada juga mesin kopi yang berbentuk tumblr dari stainless steel. Sehingga, nyaman untuk dibawa kemana saja.

Beberapa mesin juga menyatukan antara penggiling dan penyeduh kopi. Atau mungkin anda lebih suka mesin kopi klasik yang terbuat dari kayu. Jadi, desain mesin lebih disesuaikan dengan selera serta gaya hidup anda.

6 Mesin Penyeduh Kopi Terbaik

Terdapat 6 rekomendasi mesin penyeduh kopi terbaik di Indonesia. Untuk menyeduh kopi dengan alat berikut, gunakan kopi yang sudah digiling/bubuk, ya! Kecuali jika mesin tersebut disertasi penggiling kopi (coffee grinder)

6. Fiorenza French Press Coffee Maker

(Image: Lazada)

Gaya seduh kopi yang satu ini disebut sebagai teknik menyeduh kopi tertua. Caranya, anda cukup campur kopi dengan air. Setelah beberapa menit, tekan plunger untuk saring ampas kopi. Untungnya, plunger dari Fiorenza sangat halus. sehingga ampas kopi tersaring dengan baik.

Kapasitasnya beragam, bisa 3-6 cangkir kopi. Bahannya juga terbuat dari kaca dan stainless steel food grade. Jadi, sangat aman untuk digunakan sehari-hari. Setiap bagiannya bisa dicopot, lho. Anda pun tidak kerepotan saat mencuci.

Harga: Rp 107.000

Lihat di Lazada DISKON: Fiorenza French Press Coffee Maker

5. Edelmann Vietnam Drip Coffee

(Image: Lazada)

Vietnam punya gaya seduh kopi tersendiri yang khas. Air kopi akan mengalir perlahan dari saringan silinder dalam cangkir. Baik cangkir maupun saringannya terbuat dari stainless steel anti karat. Bentuknya pas untuk dibawa traveling dan mudah dibersihkan. Untuk menggunakan otten ini, anda cukup menuang kopi bubuk dan air.

Sayang sekali coffee maker ini hanya bervolume 265 mL. Sehingga hanya cukup untuk diminum satu orang saja. Selain itu, anda harus sabar menunggu air kopi menetes. Namun setimpal dengan hasil kopi yang harum dan nikmat.

Harga: Rp 195.000

Lihat di Lazada DISKON: Edelmann Vietnam Drip Coffee Maker

4. Black & Decker One Cup DCM25-B1 

(Image: Lazada)

Desain mesin kopi ini ramping dan tidak makan tempat. Badannya terbuat dari plastik food grade dengan volume untuk 1 cangkir (180ml). Karena bentuknya yang kecil, sangat pas untuk di bawa travelling.

Mesin kopi dari Black & Decker ini berdaya 330 watt. Coffe emaker ini punya fitur auto off brewing system yang otomatis mati saat kopi sudah siap. Bonusnya, gelas keramik yag siap temani anda minum kopi!

Harga: Rp 199.000

Lihat di Lazada DISKON: Black & Decker DCM25-B1 Coffee Maker

3. Hario V60 Ice Coffee Maker Fretta VIC-02B

(Image: Lazada)

Bila mesin kopi umumnya didesain untuk tahan panas, Hario hadirkan mesin untuk buat es kopi. Silinder plastik di tengah khusus untuk masukan es batu, sehingga hasilkan kopi dengan sensasi dingin. Kapasitas tabungnya bisa capai 0,7 L yang cukup bagi 4 orang.

Tabung terbuat dari kaca tahan panas food grade. Namun, anda butuh saringan kertas untuk menyeduh kopi.  Saat masukan kopi bubuk dan mengaduknya harus perlahan agar kertas tidak sobek. Namun, rasa es kopinya dijamin buat ketagihan!

Harga: Rp 445.000

Lihat di Lazada DISKON: Hario VIC-02B V60 Ice Coffee Maker

2. Cosmos CCM 307 Coffee Maker

(Image: Lazada)

Cosmos CCM 307 hadirkan desain elegan dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 0.65 L (6 cangkir). Sehingga, cocok bila dipakai keluarga atau saat acara besar. Tinggal tuang kopi bubuk dan beri air sesuai indikator. Lalu tunggu selama 5-10 menit. Kopi anda pun siap diseruput!

Cosmos CCM 307 bisa dipakai untuk rebus air, seduh kopi, dan teh. Gagang wadahnya anti panas dan filternya pun mudah di copot untuk dibersihkan. Plus disertai garansi resmi 1 tahun, lho! Hanya saja mesin kopi ini berdaya cukup besar, yaitu 600 watt.

Harga: Rp 460.000

1. Cafflano Classic All in One

(Image: Lazada)

Berbeda dari penyeduh kopi lain, cafflano berikan desain mesin kopi yang komplit dan praktis. Sebab, anda bisa giling biji kopi secara manual sebelum diseduh. Jadi, tidak perlu penggiling kopi tambahan, deh!

Mesin kopi ini terdiri dari bagian atas, penggiling manual, filter, dan tumblr. Bagian atas mesin berfungsi sebagai wadah air panas dengan maksimal volume 270 mL. Sementara tumblr bawah bervolume 250-300 mL. Bahan mesin kopi ini terbuat dari stainless steel food grade anti karat. Stainless steel juga mampu menahan panas lebih lama. Sedangkan filternya terbuat dari kain micro fiber yang rapat sehingga tidak akan ada ampas.

Cafflano Classic All in One cocok bagi anda yang suka travelling karena desainnya yang elegan dan praktis. Sayangnya, penggiling kurang konsisten menghaluskan biji kopi. Jika kurang suka dengan hasilnya, anda bisa langsung gunakan bubuk kopi.

Harga: Rp 1.652.000

Lihat di Lazada DISKON: Cafflano Classic All in One

Sangat beragam bukan? Daripada bingung, tentukan saja sesuai kebutuhan dan kebiasaan anda. Jangan salah pilih, ya! Sebab, kopi terbaik hadir dari proses penyeduhan yang sempurna.

Baca Juga: 6 Aneka Kopi Nusantara yang Paling Sering Dikonsumsi

 

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi