Penulis: Graminda

Saat menikah, banyak sekali teman yang kasih saya kado alat masak. Mungkin mereka tahu saya suka masak dan butuh peralatan masak yang bagus. Dari semuanya, satu set cookware berlapis teflon adalah kado yang paling saya sukai.

Semua orang yang suka masak, pastinya setuju kalau wajan dan panci adalah alat yang wajib ada di dapur. Supaya tidak repot, beli saja langsung satu set. Selain lebih murah, desain dan warnanya pun seragam. Bikin dapur lebih cantik!

Tips Memilih

1. Pilih Jenis Panci/Wajan Sesuai Kebutuhan

Namanya satu set, pasti isinya beragam. Supaya tidak mubazir, pilih yang berisi alat paling sering digunakan. Misalnya kalau baru pemula, pasti lebih sering pakai panci (stock pot) dan wajan datar (frying pan) saja, kan.

Baca Juga: Jenis Wajan dan Panci yang Harus Diketahui

2. Cek Bahan Pembuatan

Bahan pembuatan cookware yang bagus bisa hantarkan panas dengan cepat serta merata. Logam penghantar panas terbaik adalah tembaga. Walaupun stainless steel juga mampu hantarkan panas, tapi kualitasnya tidak sebaik termbaga.

Hanya saja, stainless steel lebih awet dan aman untuk makanan. Makanya, beberapa alat masak ada yang berbahan tembaga lalu dilapisi stainless steel.

3. Perhatikan Ukuran

Saat pilih alat masak, pastikan alat tersebut punya ukuran yang pas. Artinya, mampu memasak sesuai kebiasaan anda. Ukuran wajan standar adalah 24 cm yang cukup untuk 2-3 orang. Jika anda masak untuk keluarga besar, bisa jadi butuh wajan yang lebih besar pula.

Baca Juga: 5 Wajan Datar Anti Lengket Rekomendasi Terbaik

4. Kemudahan Dibersihkan

Karena dipakai setiap hari, pastinya wajan sering kotor, kan. Kalau sisa kotorannya terus menumpuk, tentu tidak baik bagi kesehatan. Makanya, pilih wajan yang mudah dibersihkan. Wajan berbahan keramik, teflon, tembaga, dan stainless steel biasanya mudah dibersihkan.

7 Panci Set (Cookware) Terbaik 

Sudah paham cara memilihnya? Sekarang saatnya beli!

7. AH Cookware Set

(Image: Lazada)

Bagi pemula, AH cookware set sangat pas di kantong. Tidak sampai Rp 100.000, sudah bisa dapatkan frying pan, wok pan, dan deep pan dengan ukuran standar. Belum lagi bahan berupa carbon steel food grade anti lengket, bikin urusan masak lebih mudah.

AH Cookware mudah dibersihkan dan aman dicuci dengan dishwasher. Kekurangannya, tempelan gagang kurang kokoh untuk pemakaian berjangka waktu lama.

Harga: Rp 83.900

Beli di Lazada: AH Cookware Set

6. DineMate Panci Set

(Image: Lazada)

Jika anda hanya butuh panci (stock pot), pilih satu set panci stainless steel DineMate ini. Ukurannya beragam dari 16-24 inci. Bahannya anti karat dan terjamin food grade. Disertai gagang yang berdesain ergonomis, sehingga nyaman digenggam

Harga: Rp 147.000

Beli di Lazada: DineMate Panci Set

5. Maxim Wajan Set

(Image: Lazada)

Untuk masak sendiri atau berdua, wajan dari Maxim ini terbilang cukup. Dengan harga kurang dari Rp 200.000, anda bisa dapatkan sauce pan dan frying pan berlapis teflon yang anti karat dan food grade. Keduanya mudah dibersihkan, bahkan lemak sekali pun.

Pakai wajan maxim, makanan jadi matang merata. Plus, bonus spatula, spons, dan penjepit gorengan!

Harga: Rp 172.700

Beli di Lazada: Maxim Wajan Set

4. Bettio Panci Set

(Image: Lazada)

Cookware set ini berlapis marble yang anti lengket, tidak terkelupas, dan mudah dibersihkan. Satu set Bettio cookware terdiri dari 2 stock pot, frying pan, dan deep pan ukuran standar. Sambungan gagangnya sangat kokoh dan tahan panas.

Desain khas Italia dengan warna yang cantik ini bisa memperindah dapur anda, lho. Canggihnya, Bettio cookware dapat dipakai di kompor listrik maupun gas.

Harga:  Rp 460.000

Beli di Lazada: Bettio Panci Set

3. Supra Rosemary

(Image: Lazada)

 Cookware favorit saya di rumah adalah Supra Rosemary ini. Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Ukurannya juga standar untuk keluarga.

Walaupun masak yang berminyak, wajan bisa langsung bersih dan kinclong. Pegangannya juga kokoh, tidak mudah patah, dan tidak panas. Dipakai bertahun-tahun pun tetap awet, lho!

Harga: Rp 466.000

Beli di Lazada: Supra Rosemary Cookware

2. Vicenza V-612

(Image: Lazada)

Kalau anda ingin punya keluarga besar, saya sarankan pilih Vicenza panci set ini. Vicenza V-612 terdiri dari 4 stock pot, deep pan, dan sauce pan berbahan stainless steel tanpa lapisan. Setiap alat dilengkapi tutup kaca tahan panas.

Cookware ini bisa dipakai di kompor listrik, keramik, maupun gas. Selain itu, gagang tutup maupun panci sangat lah kokoh.

Harga: Rp 480.000

Beli di Lazada:  Vicenza Panci Set V612

1. Oxone OX 933

(Image: Lazada)

Oxone OX-933 cocok bagi yang ingin memiliki alat masak lengkap.  Sebab, dalam satu set sudah termasuk 3 stock pot, sauce pan, sudip, teko, saringan, dan deep pan berlapis teflon.

Berbahan stainless steel, pastinya cookware ini anti karat dan food grade. Desain kayu pada gagangnya buat dapur anda semakin indah. Setiap alat juga punya tutup kaca tahan panas berwarna coklat yang cantik.

Harga: Rp 521.000

Beli di Lazada: Oxone Panci Set OX-933

Ayo, ingat-ingat lagi cara memilih cookware yang tepat. Lalu tinggal cari merk yang sesuai, deh. Selamat berbelanja!

7 Panci Set (Cookware) Terbaik & Tips Memilihnya
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)