Penulis: Graminda

Sebagai pekerja, pastinya butuh waktu cepat untuk siapkan sarapan. Alhasil karena terburu-buru, jadi suka skip sarapan dan kerja dengan perut keroncongan. Padahal, sarapan itu sebenarnya tidak ribet, lho!

Cukup dengan toaster, si pemanggang roti, urusan sarapan bisa teratasi dengan cepat. Tinggal klik satu tombol, roti panggang siap santap pun jadi! Buat anda yang ingin pilih toaster terbaik, cek disini tipsnya.

Baca Juga: Mengenal Toaster: Jenis, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

1. Ukuran & Jumlah Slot

Ukuran toaster yang dipilih tergantung pada jenis roti yang biasa panggang. Jika suka roti yang berukuran besar seperti bagel atau croissant, maka pilih slot yang lebar. Namun, sesuaikan juga dengan ukuran dapur anda, ya.

Selanjutnya pertimbangkan juga jumlah slot. Kalau untuk sendiri atau berdua, toaster dengan 2 slot sudah cukup. Tapi, untuk ukuran keluarga sebaiknya pilih yang 4-6 slot supaya lebih hemat waktu.

2. Fitur yang Ditawarkan

Fitur standar yang ada pada toaster adalah pilihan tingkat kematangan, sistem pop-up (menyembul saat matang), dan baki remah. Ketiga fitur ini wajib ada di toaster pilihan anda. Jika tidak, toaster tidak akan terlalu bermanfaat.

Fitur lain yang biasa ditawarkan adalah tombol cancel, tombol defrost (memanggang roti beku), tombol reheat (menghangatkan), kontrol kecoklatan roti, dan timer. Sesuaikan fitur tambahan dengan kebiasaan anda. Bila tidak suka memanggang roti beku, tidak perlu pilih toaster dengan fitur defrost.

3. Kemudahan Dibersihkan

Membersihkan toaster bisa jadi sangat sulit. Soalnya, terdapat remah hasil sisa panggangan. Toaster yang punya baki remah akan lebih simpel dibersihkan. Begitu juga dengan toaster yang rangkanya bisa dilepas satu per satu.

4. Daya Listrik

Daya listrik yang dipakai toaster juga perlu diperhatikan. Biasanya semakin banyak fitur, semakin tinggi pula daya listrik yang digunakan. Pilih toaster dengan daya di bawah 1000 watt agar lebih hemat. Kecuali, jika anda tidak keberatan dan mampu dari segi biaya.

Sekarang, cek rekomendasi toaster pilihan terbaik di bawah ini!

7 Rekomendasi Toaster Terbaik

7. Denpoo DT-022D

Toaster Ekonomis untuk Sarapan Sehat

(Image: Lazada)

Harganya yang kurang dari Rp 200.000, jadikan Denpoo sebagai merk toaster pop-up termurah dengan kualitas standar. Apalagi daya listriknya hanya 450 watt, bisa sekaligus hemat biaya listrik.

Toaster Denpoo dilengkapi tombol 7 kontrol pembakaran untuk atur tingkat panas dan kecoklatan roti. Ada juga tombol cancel, bila anda ingin hentikan proses pemanggangan. Plus, baki remah yang bisa dicopot untuk dibersihkan. Sayang, garansi yang diberikan hanya 1 bulan saja.

Harga:  Tp 228.000

Lihat di Lazada DISKON: Denpoo DR-022 D Toaster

6. Black & Decker ET122-B5

Toaster Elegan yang Punya Banyak Fitur

(Image: Lazada)

Black & Decker ET122-B5 termasuk toaster yang hemat dengan banyak fitur. Contohnya tombol 7 kontrol pembakaran, tombol cancel, defrosting (memanggang roti beku), serta bisa hangatkan kembali roti. Ada juga sistem otomatis off saat roti macet, sehingga tidak takut roti gosong.

Toaster ini juga dilengkapi baki remah agar mudah dibersihkan. Dayanya standar, yaitu 800 watt. Cocok bagi anda yang sedang cari toaster murah meriah.

Harga: Rp 275.000

Lihat di Lazada DISKON: Black & Decker Toaster ET122-B5

5. Sharp KZ90L

Toaster Auto Pop-Up Mudah Digunakan

(Image: Lazada)

Anda pemula yang sedang cari toaster? Cukup pilih toaster dari Sharp ini. Bentuknya cantik, rangka kokoh, serta mudah digunakan.

Memang tidak banyak fitur yang disajikan Sharp KZ90L. Namun, toaster bedaya 700 watt ini punya kelebihan auto pop-up (roti otomatis keluar dari panggangan). Fitur lainnya adalah tersedia 5 kontrol pembakaran dan baki remah yang mudah dibersihkan.

Harga: Rp 289.900

Lihat di Lazada DISKON: Sharp Pop-Up Toaster KZ90L

4. Philips HD 4825

Mampu Memanggang Berbagai Jenis Roti

(Image: Lazada)

Anda yang suka memanggang berbagai jenis roti bisa pilih toaster dari Philips. Desai extra wide slot, ketebalan roti tidak akan jadi masalah. Selain itu, alat ini mudah digunakan dan terbuat dari paduan stainless steel serta plastik yang kokoh.

Philips HD 4825 punya fitur defrosting, yaitu mampu memanggang roti beku. Toaster ini juga bisa hangatkan kembali roti anda. Dengan baki remah, pastinya mudah dibersihkan. Ada garansi juga, lho!

Harga: Rp 343.000

Lihat di Lazada DISKON: Philips HD 4825 Toaster

3. Oxone OX-222

Fitur Lengkap dengan Watt Rendah

(Image: Lazada)

Rangkanya yang full stainless steel berikan kesan mewah yang modern pada toaster ini. Pop-up roti panggang cukup tinggi, sehingga anda tidak akan kesulitan mengambil roti yang kecil. Disertai daya yang hanya 500 watt, toaster ini adalah pilihan terbaik untuk dapur anda.

Fitur yang dimiliki Oxone OX-222 termasuk lengkap. Terdapat tombol defrost, reheat, cancel, 7 tingkatan pemanggang, dan baki remah. Hanya toaster Oxone OX-222 yang punya daya rendah dengan fitur lengkap, lho!

Harga: Rp 399.000

Lihat di Lazada DISKON: Oxone OX-222 Bread Toaster

2. Electrolux ETS3505

Perpaduan Desain dan Fitur yang Sempurna

(Image: Lazada)

Desain mewah, rangka kokoh, dan fitur lengkap adalah deskripsi tepat untuk produk ini. Rangkanya anti panas dan mudah dibersihkan. Ditambah lebar slot yang cocok untuk berbagai ketebalan roti.

Fiturnya sangat komplit, ada pilihan 7 tingkatan kematangan, fungsi defrost dan reheat, serta baki remah yang bisa dicopot. Plus, fitur self centering supaya posisi roti pas pada slot. Sehingga, roti matang merata dan tidak tersangkut di toaster.

Harga: Rp 440.000

Lihat di Lazada DISKON: Electrolux Toaster ETS3505

1. Tefal Toaster & Egg TT5500

Toaster Serbaguna untuk Hidup Lebih Mudah

(Image: Lazada)

Bagi anda yang super sibuk, Tefal TT5500 adalah pilihan paling tepat. Selain menghemat waktu, kebutuhan gizi pun tetap terpenuhi.

Hanya perlu satu kali tekan untuk memanggang roti, telur, atau bahkan keduanya! Disertai juga pengaturan tingkat kematangan serta tombol cancel. Tidak perlu khawatir rusak, karena disertai garansi resmi 1 tahun. Tefal TT50o adalah solusi untuk hidup yang lebih mudah.

Harga: Rp 1.169.000

Lihat di Lazada DISKON: Tefal Toaster & Egg TT5500

Nah, lihat-lihatnya sudah. Jadi, sudah tahu mau pilih yang mana? Ingat kembali tips memilih toaster diatas. Jangan sampai salah pilih, ya!