Penulis: Graminda

Bagi saya, kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang wajib punya. Tanpa kulkas, makanan akan cepat basi dan mubazir. Karena fungsinya yang penting itu, tidak ada salahnya pilih kulkas yang berkualitas dan tahan lama.

Sebelum pilih kulkas, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Jangan sampai anda tertipu atau menyesal. Sebab, harga kulkas tidak murah, lho!  Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Sesuaikan Ukuran Kulkas

Sesuaikan ukuran kulkas dengan kapasitas tempat dan gaya hidup masing-masing. Pastikan juga untuk ukur  tempat kulkas akan diletakkan. Jangan sampai mepet, karena kulkas perlu sedikit ventilasi.

Selain itu, sesuaikan kapasitas kulkas dengan jumlah pemakainya. Jika hanya berdua, kulkas berukuran 300-400 L sudah cukup. Lain hal dengan kulkas untuk ukuran keluarga, bisa jadi butuh 500 L atau lebih.

2. Pilih Tipe/Desain Kulkas sesuai Kebutuhan

Ada banyak sekali tipe kulkas, seperti mini refrigerator, top freezer, bottom freezer, dan side by side refrigerator. Pilih tipe kulkas sesuai kebutuhan, bukan hanya kesukaan.

Misalnya, pilih kulkas portable bila anda seorang traveller. Atau mungkin tipe side by side yang ramping tapi punya banyak rak dan berkapasitas besar. Bila puas dengan tipe top freezer yang banyak di pasaran pun tidak masalah.

Baca Juga: 3 Jenis Kulkas sesuai Kebutuhan dan Budget

3. Perhatikan Pemakaian Energinya

Konsumsi energi kulkas dipengaruhi kapasitas dan fiturnya. Pilih kulkas yang lebih hemat energi agar kurangi biaya listrik anda. Sebab, hampir 8% penggunaan kulkas pengaruhi pengeluaran listrik, lho.

Perhatikan juga rekomendasi dan review kulkas dari profesional. Contoh rekomendasinya ada di bawah ini, ya!

5 Rekomendasi kulkas Terbaik

5. GEA RS-06DR Kulkas Portable

(Image: Lazada)

Bagi yang suka travelling atau tinggal seorang diri, kulkas portable dari GEA ini sangat cocok untuk anda. Bagian luarnya terbuat dari stainless steel yang bikin desainnya makin elegan. Kulkas mini GEA RS-06 RS ini sudah lulus uji SNI, jadi aman digunakan.

Kapasitas totalnya adalah 46 L dengan daya  82 watt. Suhunya standar, yaitu 0°c hingga 8°c. Kulkas ini juga sudah menerapkan CFC free yang berarti ramah lingkungan.

Harga: Rp 1.247.000

Lihat di Lazada PROMO: Kulkas Portable GEA RS-06DR Cabinet

4. Sharp Kirey II 166 ND

(Image: Lazada)

Kulkas bermotif bunga ini adalah model kulkas keluaran Sharp Kirey II 166 ND. Karena kapasitasnya yang cukup kecil  133 L, jadi lebih cocok digunakan untuk pemakaian individu.

Sharp Kirey II hadir dengan fitur direct cooling system yang buat kulkas dingin lebih cepat. Raknya terbuat dari tempered glass tray yang bisa nahan beban lebih berat. Ukuran freezer pun lebih besar, sehingga bisa muat frozen food lebih banyak. Daya listriknya hanya 130 V- 240 V!

Harga: Rp 1.960.000

Lihat di Lazada PROMO: Kulkas Sharp Kirey II 166 ND

3. Sanyo Aqua AQR-D190S

nrb
(Image: Lazada)

Sanyo Aqua AQR D190S adalah kulkas satu pintu yang elegan dan berdaya listrik rendah (80 watt). Bagian paling bawah dari kulkas ini merupakan dry cabinet. Fungsinya untuk simpan stok makanan kering.

Rak kulkas terbuat dari thempered glass yang lebih kuat dan tidak mudah pecah. Dengan kapasitas 162.5 L, kulkas ini pas untuk pasangan atau pun individu. Ada garansi kulkas 1 tahun dan kompresor 7 tahun, lho!

Harga:  Rp 1.990.000

Lihat di Lazada PROMO: Kulkas Sanyo Aqua AQR-D190s

2. Panasonic NRB-209

(Image: Lazada)

Kulkas 2 pintu panasonic NRB-209 punya rak yang tebal dan lebih tahan beban. Ditambah lagi dengan fitur crack free door interior yang menjaga material bagian dalam kulkas supaya tidak cepat rusak. Tidak hanya itu, panasonic juga hadirkan teknologi anti bakteri untuk menjaga kehigienisan makanan anda.

Kulkas ini  berkapasitas 151 L dengan daya 80 watt. Makanya, bisa hemat listrik sampai 25%. Teknologi manual defrost-nya buat bunga es cepat mencair. Selain itu, kulkas panasonic ini dijamin bikin nyaman karena dilengkapi DFC Compressor yang meredam suara bising.

Harga: 2.250.000

Lihat di Lazada PROMO: Kulkas Panasonic NRB-209

1. LG Smart Inverter GN-B200SQBB

(Image: Lazada)

Kulkas LG Smart Inventer GN-B200SQBB punya fitur smart inverter compressor yang anti bising dan bisa hemat pemakaian listrik sampai 32%. Ada juga fitur penjaga keseimbangan kelembapan (moist balance crisper).  Rak pada kulkas ini juga bisa diatur tingginya.

Berkapasitas 225 L, kulkas yang satu ini punya daya listrik sebesar 70 watt. Rak sayuran pada LG GN-B200SQ juga cukup besar, cocok bagi anda pecinta sayuran. Desain kulkasnya yang menawan, dijamin akan memperindah dapur anda.

Harga: 3.779.000

Lihat di Lazada PROMO: Kulkas LG Smart Inventer GN-B200SQBB

Beragamnya jenis kulkas tidak lepas dari kebutuhan manusia yang juga semakin beragam. Sesuaikan pilihan anda dengan kebutuhan dan budget. Jangan sampai adanya kulkas malah menambah beban pengeluaran anda. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Kulkas Terbaik & Panduan Memilihnya
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 2 votes