(Image: leaf.tv)

Penulis: Graminda

Padatnya waktu bikin banyak orang malas sarapan. Alasannya tidak sempat buat dan ribet. Padahal, efek tidak sarapan bisa bikin ngantuk dan lemas. Makanya, biar sarapan tetap jalan tapi hemat waktu, pakai sandwich maker!

Sandwich maker adalah salah satu jenis pemanggang roti. Nilai tambahnya, alat ini mampu mematangkan isian roti sekaligus. Waktu pun terpakai dengan efisien, kan. Penasaran? Baca dulu tips memilih sandwich maker berikut ini.

 Baca juga: Mengenal Toaster: Kegunaan, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Tips Memilih

1. Tentukan Jumlah dan Bentuk Slot Panggangan

Rata-rata jumlah panggangan sandwich maker adalah 2-4 slot. Tentunya semakin banyak slot, semakin banyak pula harganya. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Jika hanya untuk keluarga kecil (2-4 orang), sandwich maker dengan 2 slot sudah cukup. Namun bila lebih dari itu, anda sebaiknya pilih yang 4 slot. Jangan lupa sesuaikan dengan anggaran yang ada, ya.

Selanjutnya, tentukan bentuk slot panggangan yang anda inginkan. Ada 3 bentuk slot pada sandwich maker, yaitu segitiga, kotak, dan persegi panjang. Sandwich maker berbentuk persegi panjang lebih muat banyak, namun mahal. Jadi, kembali lagi pada selera masing-masing.

2. Cari yang Berdaya Listrik Hemat

Karena akan dipakai setiap hari, cari sandwich maker yang berdaya rendah. Standar daya listrik sandwich maker adalah 400-500 watt. Tapi bisa jadi daya tersebut lebih rendah atau tinggi sesuai fitur yang ada. Biasanya semakin banyak fitur, maka daya listrik akan lebih tinggi.

3. Cek Fitur yang Ditawarkan

Banyak merk dan jenis sandwich maker yang berlomba menghadirkan fitur terbaru. Pastikan anda paham dan tahu cara menggunakan fitur tersebut. Jangan sampai malah menyulitkan anda.

Fitur standar yang perlu ada di sandwich maker adalah pelapis anti lengket, lampu indikator masak, pegangan yang nyaman, dan mampu memanggang dengan cepat. Sedangkan fitur tambahan lain seperti kemampuan seal atau overheating security system, bisa disesuaikan dengan selera anda.

Waktunya pilih sandwich maker rekomendasi terbaik, nih. Cek sandwich maker kesukaan anda!

7 Sandwich Maker Terbaik

7. Heles HSM 020

Sandwich Maker Ekonomis yang Memanggang dengan Cepat

(Image: Lazada)

Harga sandwich maker dari heles tergolong murah dan berkualitas. Bahan plat slot terbuat dilapisi teflon anti karat, sehingga mudah dibersihkan. Bentuknya simpel dan mudah digunakan. Hanya 4 menit, roti isi panggang anda pun siap disantap!

Kekurangannya sandwich maker heles punya daya listrik yang cukup tinggi, yaitu 600 watt. Namun daya ini pula yang bikin sandwich maker memanggang dengan cepat

Harga: Rp 179.000

Beli di Lazada: Sandwich Maker Toaster Heles HSM 020

6. Turbo EHL-1028

Desain Cantik dan Serbaguna

(Image: Lazada)

Desain yang cantik tidak kurangi kemampuan sandwich maker Turbo. Dan selain memanggang roti, alat ini juga bisa dipakai untuk bikin telur dadar atau kue. Cocok bagi anda yang ingin mempercantik dapur sekaligus masak dengan praktis.

Plat slot sandwich maker Turbo dilapisi lapisan anti lengket, jadi mudah dibersihkan. Daya listriknya pun hanya 400 watt. Supaya lebih kuat, terdapat kunci pada pegangan. Ada buku resep juga, lho!

Harga: Rp 186.000

Beli di Lazada: Turbo Sandwich Maker EHL-1028

5. Sharp KZS-80LP

Handle Kuat yang Anti Panas

(Image: Lazada)

Handle (pegangan) pada sandwich maker ini dilapisi isolator penahan panas. Sehingga, tidak akan panas saat akan membukanya. Sayang daya yang dimiliki cukup besar, yaitu 700 watt.

Rangka Sharp sandwich toaster sangat kokoh dan awet. Permukaan slot anti lengket dan mudah dibersihkan. Ada tambahan tempat gantungan dan gulungan kabel sehingga bisa ditata lebih rapi.

Harga: Rp 220.500

Beli di Lazada: Sharp KZS-80LP Pemanggang Sandwich

4. Miyako TSK-258

Slot Lebih Lebar untuk Berbagai Ketebalan Roti

(Image: Lazada)

Jika beberapa sandwich maker bikin roti panggang jadi pipih, maka tidak berlaku untuk Miyako TSK-258. Slot lebih lebar sehingga bisa dipakai memanggang roti jenis apapun tanpa takut roti jadi pipih.

Dilengkapi klip pengunci sehingga pegangan lebih aman. Tersedia juga tempat gulungan kabel serta bisa disusun tegak. Sehingga menghemat ruang penyimpanan di dapur. Daya listrik yang dimiliki cukup standar, yaitu 450 watt.

Harga: Rp 235.300

Beli di Lazada: Miyako TSK 258 Sandwich Toaster

3. Kirin KST-365

Paket Lengkap dengan Daya Hemat

(Image: Lazada)

Memiliki fitur standar, tidak lantas bikin Kirin KST-365 jadi tinggi konsumsi listrik. Bahkan alat ini hanya berdaya 350 watt saja! Pastinya lebih hemat waktu sekaligus ongkos listrik, kan.

Sandwich maker Kirin ini anti lengket serta mudah dibersihkan. Lampu indikator pemasakan mudahkan anda tahu kapan roti sudah matang. Selain itu, rangkanya terbuat dari plastik phonelix yang tahan panas dan awet.

Harga: Rp 277.000

Beli di Lazada: Kirin Sandwich Toaster KST-365

2. Oxone OX-835

Safety Overheat Protection untuk Memanggang Lebih Aman

(Image: Lazada)

Fitur tambahan pada sandwich maker Oxone OX-835 adalah adanya safety overheat protection. Dengan fitur ini, anda tidak perlu khawatir roti gosong. Sebab, alat otomatis hentikan arus listrik saat panas suhu sudah maksimal.

Slot panggangan sudah pasti anti lengket dan mudah dibersihkan. Berdaya 450 watt, alat ini bisa memanggang lebih cepat. Selain itu, pegangannya dilengkapi magnet kuat serta kunci. Sehingga lebih aman digunakan, terutama yang bagi yang punya anak kecil.

Harga: Rp 329.900

Beli di Lazada: Oxone OX-835 Sandwich Toaster

1. Philips HD 2393

Teknologi Seal Plate agar Isian Roti Tidak Tumpah

(Image: Lazada)

Teknologi seal plate pada Philips HD 2393 buat pinggiran roti menempel satu sama lain, sehingga isi roti tidak akan tumpah. Roti isi anda pun lebih lezat dan tidak berantakan.

Terdapat kunci pada handle yang bikin suhu panas stabil. Selain itu, handle tidak akan panas saat dipegang. Desain sandwich maker ini minimalis serta ramping, cocok untuk hemat ruang penyimpanan di dapur. Namun, daya yang dimiliki cukup besar, yaitu 680 watt.

Harga: Rp 358.000

Beli di lazada: Philips Sandwich Maker HD 2393

Lihat-lihat sudah, tinggal dibeli, nih! Jadi pilih yang mana? Jangan lupa cek lagi tips memilih sandwich maker. sesuaikan dengan budget juga, ya.

7 Pemanggang Sandwich (Sandwich Maker) Terbaik & Tips Memilihnya
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote