(Image: Pinterest)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Sendok lebih identik dengan alat makan. Pasangan garpu ini pasti dipakai untuk jenis makanan yang sulit diambil dengan tangan seperti sup, gulai, dan bubur. Jenis sendok untuk makan pun sangat beragam. Saya yakin, dari sendok makan biasa hingga sendok bebek pasti ada di rumah anda. Tapi, apakah sendok masak berikut juga lengkap tersedia? Sendok memang tak hanya untuk makan saja, tapi ada yang didesain khusus untuk memasak. Ukurannya pasti jauh lebih besar karena jangkauannya pun lebih besar dari piring makan. Daripada bingung saat belanja, yuk cek daftar ini!

1. Spatula

Sering orang bingung dengan perbedaan spatula, sodet, dan sutil. Padahal, ketiga sendok masak ini sama saja, lho. Istilah spatula memang lebih umum, sedangkan sodet dan sutil biasa dipakai di pulau Jawa dan Sumatera. Nah, spatula adalah sendok masak yang paling sering dipakai. Secara umum, spatula memiliki ujung yang ceper dan lebar serta gagang yang panjang.

Fungsi utamanya untuk mengaduk, meratakan, dan menuang masakan ke atas piring saji. Karena beragam jenis makanan yang dimasak, dari yang kering hingga basah, desain spatula untuk masak pun tak hanya satu, nih.

a. Spatula Wajan

Image: Chef Remi

Sesuai namanya, spatula ini digunakan untuk masak dengan wajan. Jenisnya pun sangat beragam, berikut material bahannya. Dari bentuk, ada spatula yang berlubang dan yang tidak.

Spatula berlubang dipakai untuk menggoreng ikan dan daging berukuran besar. Lubang ini berfungsi supaya minyaknya tiris dan tidak ikut masuk ke dalam piring saji. Ujung cepernya lebih tipis sehingga memudahkan kita untuk mengangkat daging/ikan dan membaliknya. Sedangkan spatula tidak berlubang atau “sodet kipas” dipakai untuk tumisan dan jenis masakan yang nyemek. Ujung cepernya lebih lebar dari spatula ikan.

Material spatula juga beragam, mulai dari aluminium, stainless steel, kayu, silikon, hingga nylon. Spatula aluminium dan stainless steel memang jauh lebih awet. Namun kalau masak dengan wajan teflon, pakai jenis spatula kayu, silikon, atau nylon agar tidak tergores dan merusak wajan.

b. Spatula Teppanyaki

Image: Amazon.com

Spatula satu ini juga punya ujung ceper dan lebar. Namun, gagangnya pendek seperti pisau. Dari namanya, kita bisa menebak bahwa spatula ini khusus untuk teppanyaki dan masakan sejenisnya. Bagian cepernya setipis spatula ikan dengan bentuk trapesium atau persegi panjang. Biasanya, teppanyaki pun dimasak dengan dua spatula. Selain untuk mengaduk dan meratakan bahan, spatula ini juga dipakai untuk memotong, mencacah, hingga mencampur bahan dan bumbu.

c. Spatula Karet

Image: Amazon UK

Bagi anda yang hobi baking, spatula ini pastinya tak asing ya. Spatula karet dipakai untuk mengaduk adonan dan meratakannya dalam loyang. Selain itu, spatula karet juga membersihkan adonan di bagian dalam mangkuk pengadon. Bahannya yang elastis juga membuat teknik aduk-balik lebih maksimal. Spatula ini paling baik untuk mengaduk adonan kering dan basah jadi satu.

d. Spatula Frosting

Image: cooksillustrated.com

Kalau ingin menghias kue dengan whipped cream atau frosting, pakai saja spatula khusus ini. Bentuk ujungnya panjang, tipis, dan ramping, sehingga krim atau frosting bisa menyelimuti kue hingga rata dan rapi. Spatula dengan gagang pendek ini hanya dibuat dengan bahan aluminium dan stainless steel.

2. Sendok Sayur

Image: Tokopedia

Sendok ini punya gagang panjang dan ujung yang bulat cembung. Karena sayur yang dimaksud adalah sup, sendok ini bisa dipakai untuk masakan berkuah lainnya seperti gulai, kari, dan bakso. Ujung yang bulat cembung berfungsi untuk mengambil bahan beserta kuahnya, terutama untuk mempermudah bahan lunak dan lembut seperti sayuran hijau. Sendok ini dibuat dengan bahan logam, silikon, kayu, dan melamin.

3. Sendok Pasta

Image: Ikea

Yup, sendok masak berbentuk unik memang dipakai untuk masak pasta. Lebih tepatnya, untuk mengambil pasta dari air rebusan tanpa menyaringnya terlebih dulu. Sendok pasta memiliki ujung yang bulat bergerigi dan berlubang. Gerigi ini berfungsi untuk menahan semua pasta sekaligus agar tidak jatuh ke air rebusan. Lubangnya pun digunakan untuk meniriskan air sehingga pasta bisa langsung dituang ke atas piring atau wajan tumisan. Praktis, kan? Anda bisa pilih dari bahan logam atau silikon.  

4. Sendok Saring

Image: Walmart

Sesuai namanya, sendok saring digunakan untuk meniriskan cairan dari masakan. Entah kuah atau minyak, sendok saring pasti memiliki banyak lubang di ujung cepernya. Namun berbeda dengan spatula, ujung ceper sendok saring justru berbentuk bulat. Tak heran, sendok bergagang panjang ini lebih sering dipakai untuk meniriskan gorengan saja. Padahal, sendok saring juga bisa dipakai untuk menggoreng deep fry lho. Ada jenis makanan yang perlu dibolak-balik selama proses menggoreng seperti tahu bulat, bola ubi, dan sebagainya. Jadi kalau sudah matang, gorengan bisa lepas dari minyak dan langsung dituang ke piring saji. Oh ya, sendok ini banyak tersedia dengan bahan logam, nylon, dan silikon.

5. Sendok Salad

Image: Ikea

Sendok yang satu ini selalu dipasangkan dengan garpu khusus. Bentuk ujungnya bulat agak cembung seperti sendok makan pada umumnya. Gagangnya pun cukup panjang. Saat membuat salad, semua bahan dimasukkan dalam sebuah mangkuk besar. Sendok dan garpu salad ini berguna untuk mencampurkan bahan dan saus salad hingga merata. Selain mencampurkan, sendok salad juga berfungsi sebagai sendok saji.

6. Sendok Nasi

Image: glorimelamine.com

Sendok yang juga sering disebut “centong” ini punya ujung lonjong dan agak cembung seperti sendok makan. Tapi, gagangnya justru pendek. Inilah sendok nasi yang biasa dipakai untuk menuang nasi dari wadah saji atau rice cooker. Materialnya sangat beragam, mulai dari melamin, kayu, plastik, hingga logam. Uniknya, ada jenis sendok nasi yang dibuat dari batok kelapa. Bentuknya benar-benar bulat dan berceruk dalam. Sendok ini biasa ditemukan di rumah makan Padang dan warung Tegal yang biasa menyediakan nasi dalam wadah super besar.

Selain sendok nasi, ada jenis sendok serupa dengan gagang lebih panjang. Sendok ini juga dipakai sebagai sendok saji untuk lauk prasmanan. Dalam dunia catering, sendok ini lebih dikenal sebagai serving spoon

Nah, banyak sekali kan? Oleh karena itu, jangan sampai terbalik atau salah beli ya. Selain sendok masak, kenali juga berbagai jenis sendok untuk makan ini. Apalagi kalau harus menghidangkan untuk tamu, pastinya tak ingin malu karena salah sendok ya?