Penulis: Nia

Diolah jadi masakan apapun, daging ayam tetap terasa enak. Apalagi ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Dagingnya memang sedikit alot, tapi terasa manis-gurih. Ini yang buat ayam kampung jadi primadona. Bikin ngiler pokoknya! Nah berikut ini aneka resep masakan ayam kampung enak yang bisa Anda coba!

Ayam Kampung Goreng Lengkuas 

Ayam goreng memang menjadi salah satu menu hidangan favorit, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tidak heran, daging ayam yang kenyal dan nikmat itu memang paling enak disajikan saat masih panas, apalagi kalau ada bumbu kremesannya yang menambah cita rasa. Selain dibuat dari tepung, anda juga bisa membuat kremesan ini dari bumbu lengkuas lho.

Cuci bersih dada ayam. Tiriskan. Beri sedikit garam dan perasan air jeruk nipis. Aduk. Tiriskan. Uleg bawang putih, kunyit, lengkuas, dan jahe yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci hingga halus. Masukkan dada ayam ke dalam panci, beri air kelapa hingga setengah panci, tambahkan bumbu halus, dan air asam jawa (buang bijinya) aduk sebentar. Masak dengan api kecil hingga setengah matang, buang air rebusannya. Saring bumbu halusnya. Tiriskan.

Siapkan penggorengan, tuang sedikit minyak. Goreng ayam yang sudah diungkep dengan bumbu halus hingga kuning keemasan. Tiriskan. Setelah itu goreng bumbu halus hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Letakkan ayam yang sudah digoreng di piring, beri taburan bumbu halus yang sudah digoreng di atasnya. Siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Lengkuas

Kare Ayam Kampung

Sajian ayam berkuah kental dan berbumbu pekat rempah-rempah ini memang cocok dimakan saat hari-hari spesial seperti khitanan, arisan, hingga idul fitri.

Potong ayam cuci bersih lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri goreng, kunyit, cabe merah besar, cabe merah keriting, daun salam, dan sereh. Setelah itu, tumis bumbu sampai harum bersama serai yang sudah digeprek sampai harum.

Masukkan santan yang sudah ditambah air secukupnya. Setelah santan mendidih masukkan ayam. Masak sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah. Tambahkan air asam jawa yang sudah diseduh dengan air mendidih. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasanya. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga : Resep Opor Ayam Kuning

Pecel Ayam Kampung

pecel ayam sambel pedas

Pecel ayam dapat dengan mudah ditemukan di tenda-tenda pinggir jalan. Meski dijual di pinggir jalan, kuliner yang berasal dari Jawa ini memiliki rasa yang nikmat. Biasanya, akan disajikan juga lalapan berupa mentimun, kemangi, kol, serta sambal sebagai pelengkapnya. Makanan murah meriah ini sangat cocok menjadi pendamping nasi hangat.

Cuci ayam hingga bersih lalu tiriskan. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, dan garam. Balurkan bumbu halus ke seluruh permukaan ayam hingga rata. Dalam panci, taruh ayam bersama serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Tuang air lalu masak dengan api sedang (sambil panci ditutup) hingga mendidih dan air menyusut. Balik ayam secara perlahan lalu tuang air asam. Lanjutkan masak hingga air benar-benar habis. Matikan api.

Dalam wajan, panaskan banyak minyak goreng ayam hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama bawang goreng, lalapan, sambal dan nasi putih hangat.

Baca Juga : Resep Pecel Ayam

Soto Ayam Lamongan

soto lamongan praktis

Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak. Meskipun demikian, rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah. Untuk membuatnya terasa lebih gurih, disarankan untuk menggunakan daging ayam kampung.

Cuci bersih ayam kampung lalu rebus dalam air mendidih selama 5 menit atau hingga semua kotoran dan busanya  keluar mengapung. Buang air rebusan lalu bilas kembali ayam hingga bersih. Dalam panci, tuang 2 liter air. Masukkan ayam, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Rebus dan masak hingga ayam empuk. Angkat ayam dan tiriskan. Lanjutkan merebus.

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat lalu tuang ke dalam rebusan kuah. Aduk rata. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata dan biarkan mendidih kembali. Koreksi rasanya. Matikan api dan sisihkan.

Panaskan banyak minyak. Goreng ayam hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Suwir-suwir ayam. Sisihkan. Bubuk Koya: Goreng bawang putih hingga kering dan berwarna kuning keemasan. Angkat kemudian haluskan bersama kerupuk udang. Beri garam lalu aduk rata. Siap digunakan.

Tata soun dan irisan kol dalam mangkok saji. Beri suwiran ayam kampung, potongan telur, daun bawang, seledri, bawang goreng, dan bubuk koya. Siram dengan kuah kaldu.

Soto ayam siap disajikan dengan perasan jeruk nipis dan nasi hangat. Selamat menikmati.

Baca Juga : Resep Soto Ayam Lamongan

Resep Sop Ayam Kampung

sop ayam kampung

Salah satu kuliner yang populer dan tersebar luas di Indonesia yaitu Sop Ayam Pak Min Klaten. Ya, menu yang ditawarkan memang hanya ada satu, yaitu sop ayam kampung. Untuk membuatnya teryata tidak sulit lho. Daripada Anda harus mengantri untuk membelinya, lebih baik coba bikin sendiri yuk! Selain enak menu makanan inijuga bisa menghangatkan tubuh Anda di saat hujan datang.

Pertama potong satu ekor ayam kampung jadii 16 bagian. Cuci bersih ayam, buang lemak dan kotorannya. Lumuri ayam dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan.

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga wangi. Angkat. Ulek bumbu tumis hingga halus. Sisihkan. Siapkan air. Masukkan ayam, bumbu halus, ebi bubuk, seledri, daun salam, daun jeruk, pala bubuk, cengkeh, merica, garam, gula, kaldu bubuk, dan sedikit minyak. Rebus hingga ayam matang dan empuk koreksi rasanya.

Sajikan bersama jeruk nipis, irisan daun seledri, bawang goreng, sambal, dan nasi hangat.

Baca Juga : Resep Sop Ayam Kampung