Penulis: Nia Happy

Pasti pada suka dong sama jamur yang satu ini? Sesuai sama namanya, jamur kancing tuh bentuknya memang mirip kancing. Jamur kancing ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan lho. Nah berikut ini beberapa resep masakan olahan jamur kancing yang bisa Anda coba!

1. Fettucini Creamy Mushroom

Tekstur creamy dan rasanya yang gurih membuat creamy sauce disukai banyak orang. Ikuti cara membuatnya berikut ini. Anda pasti akan memilih membuatnya sendiri di rumah dari pada beli di cafe.

Rebus fettucini selama 5-7 menit dengan air yang diberi garam. Angkat dan tiriskan. Tumis jamur kancing yang sudah diiris bersama butter. Masukkan bawang putih, bawang bombay dan tumis hingga kecokelatan. Tambahkan whipped cream dan keju. Beri garam, lada hitam, oregano dan gula. Aduk saus hingga mengental dan berubah warna.  Angkat dan tuang saus di atas fettucini. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Fettucini Carbonara

2. Tumis Jamur

Bahan makanan yang biasa dimasak tumis yaitu jamur kancing. Selain lebih cepat matang, jamur kancing juga mempunyai rasa gurih tersendiri yang khas. Jamur kancing juga sering dipakai sebagai bahan pengganti daging sebab teksturnya yang sangat mirip.

Panaskan wajan dan beri minyak secukupnya. Tumis bawang merah dan teri hingga berubah warna. Masukkan cabe rawit, lengkuas dan daun salam. Tumis kembali. Masukkan jagung muda dan jamur. Tambahkan garam, gula, merica dan penyedap. Koreksi rasanya. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Jamur

3. Jamur Kancing Saus Tiram

Jamur kancing dengan bumbu saus tiram masakan yang sangat gurih dan lezat. Untuk membuat sajian ini tak perlu banyak bumbu lain, cukup bumbu dasar dan pelengkap saja seperti bawang putih dan irisan cabe jadilah masakan lezat.

Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan wortel, beri air masak sampai wortel setengah empuk. Masukkan brokoli, jamur kancing. Aduk rata. Beri gula, garam, saus tiram dan kaldu bubuk, koreksi rasa. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat, hmm makin nikmat.

Baca Juga: Resep Kangkung Saus Tiram

4. Orak-arik Jamur

Untuk saat-saat darurat, memang sajian telur tidak pernah mengecewakan seperti telur goreng mata sapi, telur orak-arik dan telur dadar. Namun buat kamu yang memiliki waktu lebih dan ingin menghidangkan sajian yang lebih istimewa coba buat orak-arik telur jamur dijamin nagih!

Pertama tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabe rawitt, masak sampai layu. Tambahkan jagung muda, tumis sampai layu. Masukkan jamur kancing dan daun bawang, beri garam, kaldu bubuk, merica, dan gula. Aduk rata sampai berair. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan telur, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Orak-arik Telur Sayuran

5. Mie Ayam Jamur

mie ayam jamur special

Tekstur mie yang lembut dan kenyal berpadu dengan gurihnya ayam dan jamur tentu dapat menggugah selera. Meskipun menjadi makanan favorit, Anda tidak harus selalu membeli mie ayam jamur di luar. Apalagi, ada faktor kebersihan yang harus Anda pertimbangkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat hidangan ini di rumah? Yuk coba buat!

Panaskan minyak tumis bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan ayam. Aduk hingga berubah warna. Tuangkan air, aduk rata. Masukkan kecap manis, saus tiram, garam, gula, dan merica. Aduk rata dan biarkan masak hingga ayam matang. Masukkan jamur dan daun bawang. Aduk rata lalu koreksi rasanya. Sisihkan. Siapkan mangkuk, tata mie dan sawi hijau. Beri topping jamur. Siram dengan kuah dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Mie Ayam Jamur





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi