Penulis : Atsa

Ikan kembung kaya protein dan omega 3, bahkan harganya cukup murah dan mudah ditemukan di pasar. Tak heran ikan kembung banyak dicari masyarakat karena kekayaan gizinya. Apalagi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Supaya tidak bingung untuk mengolahnya, kami sajikan beberapa ide untuk membuat ikan kembung sendiri di rumah yang lezat. Simak pembahasannya.

1. Ikan Kembung Goreng Bumbu

Sajian ikan kembung goreng bumbu banyak digemari karena rasa bumbu-bumbu rempah yang gurih dan tekstur yang garing. Ikan kembung goreng akan sangat enak jika dinikmati bersama sepiring nasi panas dan sambal favorit Anda.

Bersihkan ikan kembung dan buat guratan di badannya, lumuri dengan perasan jeruk nipis. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan sedikit garam. Lumurkan bumbu halus secara merata ke ikan. Diamkan selama 30 menit agar bumbunya meresap. Siapkan minyak panas lalu goreng ikan sampai matang. Sajikan dengan nasi panas dan sambal.

Baca Juga : Resep Ikan Kembung Goreng Bali

2. Balado Ikan Kembung

Balado ikan kembung pedas

Sajian ikan kembung bumbu balado sangat cocok dijadikan menu makan siang. Rasanya yang gurih pedas membuatnya begitu sempurna. Pertama-tama, Anda perlu menggoreng ikan kembung terlebih dahulu hingga matang.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kunyit. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai hingga harum. Tambahkan garam, gula, dan air asam jawa. Aduk rata.

Tuang air pada tumisan bumbu, masak hingga mendidih. Masukkan ikan kembung,  lalu masak hingga kuah mengental dan hampir habis. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Balado Ikan Kembung

3. Ikan Kembung Bakar Padang

Ikan kembung asli minang

Resep khas minang yang satu ini juga begitu lezat. Kalau punya teflon panggang sendiri di rumah, coba buat ikan kembung bakar padang sendiri di rumah.

Bersihkan ikan kembung lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit merah, jahe dan kunyit bakar. Beri garam dan gula, ratakan kembali bumbu halus.

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk dan asam kandis. Aduk rata dan masak hingga bumbu matang. Tambahkan santan dan air lalu aduk rata kembali. Masak hingga mendidih dan mengental.

Masukkan ikan kembung, balik balik perlahan hingga bumbu meresap merata. Masak hingga bumbu menyusut, angkat. Bakar ikan di atas bara api atau teflon panggang yang sudah dialasi daun pisang. Olesi ikan dengan sisa bumbu. Bakar ikan di kedua sisi hingga merata. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ikan Kembung Bakar Padang

4. Pepes Ikan Kembung

Berbeda daerah, berbeda pula ciri khas dari setiap hidangan masakannya. Di Jawa Timur ikan kembung sering diolah menjadi pepes yang begitu lezat.

Cara membuatnya, Haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit , kemiri sangrai, kunyit, lengkuas, garam dan gula. Lumuri ikan kembung dengan bumbu halus tersebut, dan diamkan 15 menit di kulkas.

Ambil daun pisang, beri bumbu halus, belimbing wuluh, sereh dan tutup dengan ikan.Lumuri kembali bagian atas ikan dengan bumbu dan kemangi serta belimbing wuluh. Bungkus pepes, kukus 30 menit sampai matang.

Baca Juga : Resep Pepes Ikan Kembung

5. Asem – Asem Kembung

Kalau ingin olahan ikan kembung berkuah yang sehar, resep ini bisa Anda coba. Cuci bersih ikan kembung, potong menjadi 2 – 3 bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan. Iris bawang merah dan bawang putih. Haluskan kunyit dengan merica dan garam. Geprek serai, jahe, dan lengkuas.

Tumis bawang merah dan bawang putih iris. Setelah harum, masukkan bumbu halus. Aduk, kemudian masukkan serai, jahe, dan lengkuas. Masak hingga bumbu harum, sisihkan.

Didihkan air dalam panci, kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis. Tambahkan daun salam, daun jeruk, cabai rawit kecil utuh, cabai merah besar yang telah diiris, dan tomat yang telah dipotong. Masukkan kaldu bubuk, garam dan gula, koreksi rasanya. Masukkan ikan kembung, masak dengan api kecil. Biarkan hingga matang, namun jangan sampai terlalu lama.

Setelah ikan matang, masukkan belimbing wuluh, daun bawang, dan kemangi. Masak sebentar kurang lebih 1 menit, matikan api. Sajikan hangat-hangat dengan nasi putih. Selamat mencoba!!

 Baca Juga : Kenali Perbedaan Penting Ikan Air Tawar dan Ikan Laut

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi