Penulis: Nia Happy

Jika diolah dengan tepat, hati ampela ayam bisa tersaji jadi hidangan yang nikmat, tidak bau, dan empuk. Kuncinya yaitu merebus hati ampela dengan rempah-rempah aromatik. Karena hati ampela bisa mengeras bila dimasak terlalu lama, Anda harus pastikan untuk menumis racikan bumbu halus sampai benar-benar matang dan tidak berbau langu. Baru setelahnya, hati ampela bisa dimasukkan dan lanjutkan masak hingga kuahnya menyusut.

1. Semur Hati Ampela

semur hati ayam ampela istimewa

Rasa semur yang manis dan gurih akan membuat Anda makan dan lupa kalau sedang diet. Apalagi kalau membuat semur hati ampela sendiri, mudah lho.

Dalam panci, masukkan hati ampela, serai, jahe, daun salam, daun jeruk, garam, dan air. Rebus selama 10 menit hingga hati ampela matang. Angkat dan tiriskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan hati ampela. Aduk rata. Tuangkan sedikit air. Aduk rata. Masukkan kecap manis. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Koreksi rasanya. Angkat siap disajikan.

Baca Juga: Resep Semur Hati Ampela

2. Opor Hati Ampela

Potong hati ampela sesuai selera. Cuci bersih. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit garam, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, kemiris, dan jinten. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan pala. Masak lagi hingga harum dan matang.

Masukkan hati ampela lalu aduk hingga berubah warna. Tuang santan encer. Aduk sesekali agar santan tidak pecah lalu masak hingga mendidih dan ayam lunak. Tuang santan kental dan biarkan mendidih kembali. Masukkan garam, gula, lada, air asam jawa, dan telur rebus. Aduk rata dan koreksi rasanya. Biarkan masak hingga santan benar-benar matang. Angkat. Beri taburan bawang goreng. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Kuning

3. Hati Ampela Goreng Balado

Cuci bersih hati ampela. Rendam dengan air perasan jeruk nipis selama 15 menit. Sisihkan. Didihkan air secukupnya, tambahkan daun jeruk, jahe, dan daun salam. Lalu rebus hati ampela. Rebus selama 5 menit, tiriskan.

Potong hati ampela menjadi 2 bagian agar kering saat digoreng. Goreng hati ampela sampai garing. Tumis cabe merah besar, cabe rawit, daun jeruk, bawang putih, bawang merah, dan garam yang sudah dihaluskan hingga harum. Tuang air kelapa sedikit demi sedikit. Masukkan air perasan jeruk nipis, kaldu jamur, dan gula. Aduk rata. Masukkan hati ampela. Aduk lagi hingga bumbu dan hati ampela tercampur rata. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat.

Baca Juga: Resep Jengkol Balado

4. Nasi Goreng Hati Ampela

Lapar melanda tapi kulkas kosong tanpa ada bahan makanan? Hanya ada hati ampela goreng sisa kemarin? Nggak usah khawatir kamu masih bisa makan enak kok! Coba buat nasi goreng hati ampela dijamin enak!

Pertama goreng kering hati ampela, tiriskan. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah besar, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cabe hijau, jahe, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Masukkan hati ampela yang sudah digoreng kering. Bumbui dengan garam, lada, gula serta penyedap, aduk hingga merata.

Masukkan orak arik telur dan nasi. Aduk sampa benar-benar merata. Beri kecap manis, aduk rata. Koreksi rasanya. Angkat. Sajikan nasi goreng bersama bawang goreng di atasnya dan kerupuk agar semakin nikmat.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Gila

5. Hati Ampela Goreng Laos

Lengkuas goreng tak pernah salah jika ada di menu masakan karena akan memberikan rasa lebih gurih apalagi kalau dicampur dengan nasi putih panas. Selain rasanya yang nikmat, aroma lengkuas yang khas pun bisa Anda dapatkan. Nah hati ampela ternyata enak lho digoreng dengan bumbu lengkuas.

Pertama cuci bersih hati ampela lalu potong sesuai selera. Rebus air hingga setengah mendidih. Masukkan parutan lengkuas, bawang putih, serai, daun salam, dan garam. Masukkan hati ampela. Rebus sampai airnya habis.

Panaskan minyak. Goreng hati ampela hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Goreng sisa bumbu ungkep ayam hingga kering. Angkat dan tiriskan. Tata hati ampela di piring saji, taburi dengan bumbu kering. Sajikan.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Lengkuas

6. Hati Ampela Cabe Ijo

Sajian ini termasuk simpel, murah, dan sangat enak. Tak salah jika banyak yang melabelinya sebagai menu warteg, alias menu yang selalu siap sedia kapan pun di warteg atau rumah makan sederhana. Sesimpel apa sajian ini? Coba yuk, membuatnya dengan resep ini.

Cuci bersih hati ampela, beri perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Tiriskan. Panaskan sedikit minyak, goreng sebentar hati ampela hingga berubah warna, sisihkan. Haluskan bawang putih, cabe besar hijau, dan cabe rawit hijau. Sisihkan.

Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk, serai, dan jahe. Aduk rata. Masukkan hati ampela gorek. Aduk rata. Tuang air secukupnya, beri garam dan gula. Masak hingga matang dan air menyusut. Koreksi rasanya. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Ayam Cabe Ijo