Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Dulu waktu zamannya ayam kampung sedang tren, ibu saya ketagihan bukan main. Entah digoreng atau dibuat soto, semuanya pakai ayam kampung. Memang sih, ayam kampung lebih rendah lemak dari ayam boiler. Namun di sisi lain, ayam kampung lebih “tipis” dagingnya dan terasa lebih keras. Wah kalau salah masak bagaimana, ya? Masa mau melepaskan daging dari tulangnya saja harus bersusah payah. Nah tak perlu khawatir, simak beberapa cara berikut agar daging ayam kampung terasa empuk saat digigit.

1. Rebus ayam dalam panci

Merebus adalah salah satu cara mengempukkan daging. Minusnya, sari daging pasti berkurang dan rasa daging akan cenderung hambar. Namun tidak masalah jika ayam kampungnya akan dibuat soto, sop ayam, atau kaldu, asal perhatikan lama merebusnya, ya. Kalau terlalu lama, daging ayam malah jadi hancur. Masukkan air dalam panci dan didihkan. Rendam ayam kampung yang sudah dipotong lebih kecil. Rebus hingga warnanya pucat dan dagingnya empuk.

Oh ya, konon merebus dengan air kelapa akan lebih cepat empuk, lho. Saya pribadi belum pernah mempraktikan, tapi yang pasti air kelapa akan menambahkan rasa gurih pada ayam kampung anda.

2. Ungkep dengan bumbu

Ayam pop bisa terasa empuk karena sebelumnya diungkep dulu. Mengungkep atau memasak dalam bumbu adalah cara mengempukkan yang bisa dapat dua keuntungan sekaligus: daging yang empuk dan resapan bumbu yang maksimal. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan dalam wajan. Masak dengan api kecil sambil sesekali dioseng. Tunggu hingga meletup letup, lalu masukkan ayam kampung. Masak hingga dagingnya terasa empuk.

Selain ayam pop, cara ini cocok untuk masakan ayam kampung yang digoreng seperti ayam geprek, ayam tulang lunak, atau pecel ayam. Atau, bisa juga untuk yang dibakar seperti ayam taliwang dan ayam bekakak. Pastikan bumbu ungkepnya sudah kering ketika akan digoreng atau dibakar, ya.

Baca juga: 7 Cara Mengungkep Ayam

3. Gunakan panci presto atau pressure cooker

(Image: Lazada)

Cuma punya sedikit waktu? Pakailah panci presto Vicenza Pressure Cooker VP 308/8L (lihat di Lazada DISKON) yang dijamin membuat daging ayam kampung jauh lebih cepat empuk. Caranya sama seperti kedua poin di atas, yakni bisa dengan air saja atau diungkep dalam bumbu. Paling tidak merebus dengan pressure cooker dilakukan selama 10 menit setelah terdengar bunyi mendesis dari panci. Jangan terlalu lama membiarkannya dalam pressure cooker agar dagingnya tidak hancur.

Mudah, kan? Mau jenis ayam apapun pasti bisa dibuat empuk dengan cara yang tepat. Oh ya ketahui juga bedanya ayam kampung dan ayam broiler, supaya tidak salah beli nantinya. Selamat mencoba!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi